Inspirasi Kesehatan

5 Daun Lalapan Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan sebuah molekul yang mampu menghambat proses oksidasi molekul lain di dalam tubuh. Oksidasi merupakan proses yang dapat menyebabkan terbentuknya radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh, sehingga kadarnya harus seminimal mungkin.

Asupan antioksidan dapat diperoleh tubuh melalui makanan yang mengandung beberapa nutrisi, diantaranya adalah vitamin E, vitamin C, karotenoid dan beberapa mineral lainnya yang memiliki sifat antioksidan. Nutrisi-nutrisi tersebut menghasilkan molekul antioksidan di dalam tubuh dan menghentikan proses oksidasi hingga radikal bebas tidak terbentuk.

Selain dengan mengkonsumsi buah-buahan, antioksidan juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayur. Terutama dengan menjadikannya lalapan, karena nutrisi di dalam sayur masih utuh dan tidak berkurang selama proses memasak.

Berikut beberapa jenis daun lalap kaya antioksidan dan berbagai nutrisi baik lainnya

 1. Daun Kenikir

Daun kenikir merupakan daun dari tanaman kenikir atau yang juga dikenal dengan sebutan ulam raja. Daun kenikir yang memiliki nama latin Cosmos caudatus  ini merupakan keluarga tanaman kenikir-kenikiran atau Asteraceae.

Daun ini kaya akan kandungan antioksidan karena terdapat asam fenolat, asam klorogenat dan senyawa aktif quercetin yang cukup tinggi. Biasanya daun kenikir dikonsumsi dengan cara dijadikan lalapan. Daun ini memiliki wangi yang khas dengan sedikit rasa pahit.

Tak hanya kaya akan antioksidan, kandungan kalsium dan potasium di dalamnya juga tak kalah tinggi. Ia juga memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, beta karoten, fosfor, magnesium, zat besi, tembaga dan berbagai nutrisi lainnya. 

Karena nutrisi di dalamnya yang sangat banyak, daun kenikir dinilai dapat mencegah perkembangan sel kanker, mencegah diabetes, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah osteoporosis.

 2. Siomak

Siomak juga dikenal sebagai selada wangi. Hal ini karena ia memiliki wangi yang khas, hampir mirip seperti wangi pandan. Teksturnya mirip selada dan sering dijadikan lalapan. Siomak awalnya banyak tumbuh di negeri Cina dan kemudian ikut populer dikonsumsi oleh masyarakat negara lain di sekitarnya, termasuk Indonesia.

Selain kandungan serat yang tinggi, siomak juga kaya akan vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi hingga kalsium. Karena nutrisinya in, beberapa penelitian menunjukkan siomak dapat menurunkan risiko anemia, menurunkan kolesterol, hingga mengobati sembelit.

 3. Pucuk Labu

Pucuk labu familiar dijadikan sebagai lalapan rebus oleh masyarakat Indonesia. Ia merupakan daun bagian atas tanaman labu siam. Daunnya memiliki sulur-sulur panjang dan berbatang lunak. Daun satu ini tidak memiliki rasa pahit saat dikonsumsi, sehingga nyaman di lidah.

Pucuk labu kaya akan nutrisi, ia mengandung protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C. Khasiat utamanya adalah mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol yang bersifat antioksidan.

 4. Tespong

Tespong dikenal juga dengan sebutan seladren, ia memiliki nama latin Oenanthe javanica. Daun satu ini memiliki bentuk yang mirip seledri. Daunnya bergerigi, namun daunnya lebih tebal dan kaku dari daun seledri. Tespong biasanya dijadikan salah satu daun lalapan oleh masyarakat sunda. 

Tespong juga merupakan salah satu daun lalapan yang kaya akan antioksidan. Tak hanya itu, tespong juga memiliki manfaat meredakan berbagai macam penyakit, seperti nyeri pinggang, demam, flu, juga sering dijadikan sebagai obat gigitan serangga berbisa.

 5. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu daun lalapan yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Di daerah sunda, kemangi sering dijadikan lalapan serta sebagai bumbu dalam masakan pepes. Ia memiliki aroma yang khas dan segar seperti limau.

Di daerah Sumatera Barat, daun kemangi lebih dikenal dengan sebutan dan ruku-ruku, sedangkan di Thailand ia memiliki nama bai kra pao. Di dua tempat ini, daun kemangi lebih sering dijadikan sebagai bumbu dalam sajian gulai ataupun masakan berkuah lain.

Daun kemangi memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Ia memiliki antioksidan, sehingga dapat bermanfaat sebagai penguat daya tahan tubuh. Selain itu ia juga kaya akan vitamin A, B, C dan K. Di dalamnya juga ada kalsium, fosfor, kalium, folat, zat besi, dan berbagai mineral penting lainnya.

Daun lalapan yang beragam ini ternyata sangat kaya akan nutrisi. Mengkonsumsinya akan sangat baik untuk tubuh. Terutama kandungan antioksidannya dapat membantu tubuh terhindar dari serangan penyakit dan radikal bebas.

Nah, untuk mendapatkan daun lalap yang segar dan pastinya berkualitas, Anda bisa langsung membelinya di RegoPantes. Semua daun lalap yang tersedia dijamin segar dan langsung dari petani. Tak hanya itu, ada banyak buah dan sayur lokal lainnya tersedia lengkap di RegoPantes.

 

You Might Also Like