Inspirasi Kesehatan

5 Ide Ganti Menu Makan untuk Jalani New Normal

Akhir Mei lalu, pemerintah Indonesia mulai mengampanyekan istilah ‘New Normal’. New Normal sendiri merupakan pola hidup baru yang bertujuan agar masyarakat tidak terserang virus Corona atau Covid-19 yang statusnya sudah menjadi pandemi dunia.

Pola hidup tersebut menerapkan berbagai protokol, baik untuk individu maupun kelompok, untuk ruang pribadi maupun pada fasilitas umum yang diakses banyak orang. Misalnya adalah kewajiban memakai masker dan menjaga jarak.

Di dalam Portal Informasi Indonesia dijelaskan juga mengenai himbauan untuk masyarakat agar tetap terus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup Empat Sehat, yang terdiri atas; memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan dan istirahat yang cukup serta tidak panik.

Selain Empat Sehat, pemerintah juga menyarankan untuk menjaga asupan nutrisi agar daya tahan tubuh kuat. Beberapa yang disarankan adalah mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari serta menjaga pola makan dengan nutrisi yang seimbang.

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan, untuk mengganti menu makanan agar nutrisi yang kamu peroleh lebih maksimal sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dengan baik.

 1. Ganti Beras Putih Biasa dengan Beras Merah atau Hitam

Beras merah dan beras hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang ditandai oleh warna butirannya yang gelap. Kandungan antioksidan di dalam beras putih biasa yang kita konsumsi, nilainya tidaklah terlalu tinggi.

Jenis antioksidan yang terdapat di dalam beras merah dan hitam adalah jenis proantosianidin dan antosianin. Kedua jenis antioksidan ini dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan komplikasi diabetes. Oleh karena itu, mengkonsumsi beras berwarna seperti merah dan hitam akan membuat tubuhmu lebih sehat dan tidak gampang sakit.

 2. Ganti Camilan Kemasan dengan Buah Potong

Mengganti camila kemasan yang biasa kamu makan dengan buah potong akan memberikan efek yang sangat besar bagi kesehatan. Selain kamu akan mendapatkan nutrisi yang banyak dari buah-buahan, kamu juga dapat menghindari kandungan berbahaya yang dimiliki camilan kemasan.

Camilan kemasan umumnya memiliki kandungan garam yang tinggi dan berbagai zat tambahan yang sebenarnya tidak memiliki nutrisi dan kadang tidak baik untuk tubuh. Buah potong, memiliki rasa manis yang alami dan nutrisi dari alam yang justru sangat dibutuhkan tubuh. Karena itu, saat kamu mengganti camilan dengan buah potong, akan memberikan efek besar pada tubuh. Kebutuhan nutrisi tubuh dapat terpenuhi dan tubuh tidak akan mengalami ancaman dari bahan-bahan tambahan yang tidak sehat.

3. Ganti Beberapa Gelas Air Putih dengan Infused Water

Agar kebutuhan cairan dapat terpenuhi, kita disarankan untuk meminum air sebanyak 8 gelas sehari. Menambahkan beberapa iris buah ke dalam air putih atau yang biasa dikenal dengan infused water akan menjadikan air putih yang kamu minum memiliki kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah.

Meminum infused water akan memberikan manfaat yang lebih untuk asupan nutrisi di dalam tubuh. Kebutuhan cairan yang tercukupi dapat meringankan tugas tubuh dalam menjalankan proses penyerapan nutrisi, sehingga hasilnya lebih maksimal. 

 4. Ganti Minuman Soda dengan Jus Buah

Minuman soda memiliki kandungan gula yang tinggi di dalam setiap sajiannya. Tak hanya gula, kandungan Natrium benzoate di dalamnya dinilai sangat berbahaya bagi tubuh, ia dapat mempersulit kerja hati dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan DNA jika konsumsinya tidak dikendalikan.

Orang yang meminum minuman bersoda dalam jumlah yang berlebihan, memiliki risiko terserang penyakit diabetes hingga 80%. Selain itu, minuman bersoda juga memiliki kandungan asam fosfat yang dapat menghambat penyerapan kalsium sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

Minuman terbaik untuk tubuh tetaplah air putih. Namun, jika ingin meminum minuman yang menyegarkan, kamu bisa beralih dari minuman soda ke jus buah alami. Selain mendapatkan nutrisi baik dari buah yang dijus, kamu juga mendapatkan rasa manis yang menyegarkan.

5. Ganti Roti Biasa dengan Roti Gandum

Roti biasa yang familiar dikonsumsi oleh masyarakat adalah roti tawar putih. Namun, jumlah konsumsi roti tawar ini harus dibatasi setiap harinya. Hal ini karena nutrisi yang dimilikinya tidak lengkap.

Roti biasa, umumnya dibuat dari tepung terigu yang berasal dari gandum. Namun, gandum yang digunakan sudah melewati beberapa kali pengelupasan kulit, inilah yang menyebabkan kandungan nutrisi yang dimiliki roti biasa jadi tidak lengkap.

Jenis roti yang dapat mengganti roti biasa ini adalah roti gandum. Roti gandum yang cenderung berwarna coklat ini memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih baik karena tepung gandum yang digunakan sebagai bahan utama pembuatannya, tidak melewati proses pengupasan, sehingga nutrisinya terjaga dengan baik.

Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari punya berbagai banyak pilihan sebagai penggantinya. Mengganti makanan yang nutrisinya sedikit atau bahkan tidak bagus sama sekali menjadi salah satu langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan badan di saat seperti ini. Nutrisi tubuh yang terpenuhi secara sempurna dapat memberikan pertahanan yang lebih bagus, sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit.

You Might Also Like