Inspirasi Kesehatan

5 Manfaat dan Nutrisi Jeruk Pamelo yang Jarang Diketahui

Jeruk pamelo yang juga dikenal dengan nama jeruk bali, merupakan jenis jeruk yang punya ukuran buah paling besar. Satu buahnya, bisa mencapai berat satu kilogram lebih.

Jeruk yang punya nama latin Citrus grandis ini, dulunya memiliki nama jeruk bali, namun disarankan untuk diganti menjadi jeruk pamelo oleh Departemen Pertanian. Hal ini karena jeruk pamelo tidak memiliki hubungan dan tidak terbatas pertumbuhannya di Provinsi Bali saja.

Meskipun jeruk pamelo punya kulit yang tebal, namun ia juga punya bulir yang besar dan kaya air. Bulirnya memiliki warna kuning atau kadang pink segar dan rasa yang manis. Keunggulan yang dimilikinya tidak cuma pada rasa dan tampilan saja, namun jeruk pamelo memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh karena nutrisi yang dikandungnya.

 1. Memperkuat daya tahan tubuh

Jeruk pamelo memiliki manfaat sebagai buah yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini karena jeruk pamelo memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Jenis vitamin C yang dimiliki jeruk pamelo dapat mengoptimalkan fungsi sel tubuh dalam melakukan regenerasi.

Dilansir melalui Dr.Axe, kandungan vitamin di dalam jeruk pamelo, jika dijadikan asupan yang seimbang dalam konsumsi sehari-hari, dapat mengurangi gejala dan durasi infeksi demam atau flu. Di dalam data Self Nutrition Data, kandungan vitamin C di dalam 1 cup jeruk pamelo adalah sebanyak 116 mg. Angka ini dinilai dapat memenuhi kebutuhan rata-rata harian vitamin C hingga 193%.

 2. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat di dalam jeruk pamelo termasuk salah satu yang tertinggi di dalam buah. Jumlah serat yang dimiliki jeruk pamelo di dalam 1 cup adalah sebanyak hampir 2 gram. Nilai ini sudah memenuhi kebutuhan serat rata-rata harian hingga 9%.

Angka ini menunjukkan manfaat jeruk pamelo untuk menjaga kesehatan pencernaan, karena kebutuhan serat yang terpenuhi dapat melancarkan fungsi pencernaan dan mengurangi risiko berbagai penyakit yang menyerang fungsi pencernaan.

 3. Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Karena jeruk pamelo memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, membuatnya memiliki manfaat untuk menangkal berbagai jenis penyakit kronis yang dapat menyerang tubuh. Jenis antioksidan yang dimiliki jeruk pamelo adalah flavonoid, naringin dan naringenin. Nutrisi ini biasa ditemukan di berbagai jenis jeruk, seperti lemon, jeruk manis serta anggur.

Antioksidan merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh, tak hanya menangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel tubuh, namun antioksidan juga dinilai dapat mencegah berbagai jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

 4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Dilansir di dalam situs Dr.Axe, banyak penelitian yang menunjukkan, kandungan antioksidan dan polifenol yang dimiliki jeruk pamelo, menyebabkan jeruk ini bermanfaat sebagai salah satu asupan yang dapat mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Tak hanya memperkuat sistem imun, dua kandungan nutrisi di dalam jeruk pamelo ini dapat melawan pertumbuhan sel kanker dan bahkan dalam beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak jeruk pamelo yang rutin dikonsumsi dapat mengurangi volume tumor yang ada di dalam tubuh.

 5. Mencegah penuaan dini

Karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi di dalam jeruk pamelo, membuat jeruk pamelo memiliki manfaat sebagai salah satu buah yang dapat menghambat penuaan dini. Hal ini dikarenakan sifat kedua kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk menjaga sel dari dampak radikal bebas.

Manfaat jeruk pamelo sangat banyak dan bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena nutrisi yang dimiliki jeruk pamelo juga tidak kalah banyak jika dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya. Manfaat dan nutrisi yang kaya ini bisa kamu dapatkan tanpa rasa yang menyiksa, karena jeruk ini rasanya sangat segar dan nikmat.

Kunjungi RegoPantes untuk temukan jeruk pamelo dengan kualitas terbaik. Jeruk dikirim langsung oleh petani yang membudidayakan sehingga kualitasnya terjamin.

 

You Might Also Like