Kesehatan Tips

COVID-19 Dapat Menular Melalui Udara, Bagaimana Cara Agar Kita Tetap Aman?

Setelah beberapa waktu yang lalu informasi mengenai COVID-19 dapat menular melalui udara mulai simpang siur. Akhirnya, pada 9 Juli kemarin, World Health Organization (WHO) resmi mengeluarkan pernyataan bahwa COVID-19 dapat menular melalui udara.

Pernyataan resmi ini dipublikasikan di situs resmi WHO, who.int. Dalam scientific brief yang berjudul Transmission of SARS-CoV-2: implications for infection prevention precautions. Poin mengenai penularan COVID-19 melalui udara terdapat pada bagian yang berjudul Airborne Transmission.

Di dalamnya, WHO menyatakan, virus corona yang menjadi penyebab COVID-19 dapat menular di dalam ruangan tertutup yang dipadati oleh orang. Penularan tersebut terjadi melalui aerosol atau partikel udara yang terkontaminasi oleh virus.

Virus tersebut dapat masuk ke dalam aerosol melalui percikan pernapasan orang yang sudah terinfeksi virus, termasuk orang tanpa gejala atau non-reaktif. Meskipun persentase penularan melalui udara ini masih kecil, namun ini perlu diperhatikan. Aerosol yang terkontaminasi virus dapat bertahan di udara selama beberapa jam.

Menghindari kerumunan di dalam ruangan tertutup adalah salah satu cara paling ampuh untuk menjaga diri tetap aman dari paparan virus. WHO juga menyarankan untuk selalu menggunakan masker, agar aerosol yang terkontaminasi tidak terhirup dan menginfeksi pernapasan kita.

Lantas, apa saja cara lain yang harus kita perhatikan agar kita tetap aman meskipun penularan virus semakin cepat terjadi? Berikut caranya agar kita tetap aman saat menjalani aktivitas sehari-hari.

 1. Selalu pakai masker 

Menggunakan masker adalah hal wajib yang harus kita lakukan di kondisi seperti sekarang ini. Masker dapat menyaring udara yang keluar ataupun masuk ke dalam saluran pernapasan.

Saat berada di dalam ruangan tertutup, yang di dalamnya terdapat banyak orang, selain harus menjaga jarak, kamu harus memastikan masker yang kamu gunakan terpasang dengan baik. Apalagi jika ruangan tempat kamu berada memiliki sirkulasi udara yang tidak cukup baik.

Penyebaran virus melalui udara ini berasal dari percikan pernapasan dari orang-orang dan bertahan lebih lama jika sirkulasi udara di dalam ruangan tidak baik. Sehingga risiko penularannya akan lebih tinggi.

Sebisa mungkin, ketika mengunjungi tempat umum, seperti restoran misalnya, pilihlah ruangan terbuka yang memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Jangan pernah melepas masker kecuali saat makan dan minum. Selalu gunakan masker, terutama ketika mengobrol.

 2. Hindari ruangan tertutup dan berisi banyak orang

Jika kamu tidak bisa menghindari pertemuan di dalam ruangan tertutup, pastikan ruangan yang kamu pilih tidak padat pengunjung. Karena jumlah kontaminasi virus di udara di dalam ruangan tersebut akan semakin tinggi, sehingga akan meningkatkan risiko penularan.

Saat datang ke sebuah tempat dan ruangan yang akan kamu datangi sudah terlihat mulai padat, sebaiknya kamu berpindah ke tempat lain yang lebih sepi agar lebih aman.

 3. Jaga kebersihan tangan

Selalu perhatikan kebersihan tanganmu. Hindari berjabat tangan dan selalu cuci tangan menggunakan sabun. Tangan merupakan salah satu media tempat menempelnya virus terbanyak, sehingga perlu perhatian penuh terhadap kebersihannya.

Pastikan tanganmu sudah bersih ketika melepas dan menggunakan masker. Jangan terlalu sering memegang masker, karena bakteri atau virus yang terdapat di tangan akan menempel pada masker dan ini akan membahayakanmu.

 4. Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang

Selain menjaga kebersihan, tubuh juga perlu diperkuat dari dalam agar mampu menangkal virus yang masuk. Salah satunya adalah dengan makan makanan bernutrisi. Nutrisi tubuh yang terpenuhi akan memberikan kekuatan untuk melindungi tubuh dari paparan virus berbahaya.

Makan sayur-sayuran dan buah segar setiap hari. Penuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

5. Istirahat yang cukup

Perhatikan jadwal istirahat yang dibutuhkan setiap harinya. Tidur cukup di malam hari adalah salah satunya. Saat tidurmu cukup, tubuh akan lebih maksimal menjalankan tugasnya untuk meregenerasi sel sehingga tubuh lebih kuat.

Kondisi saat ini masih akan terus berkembang, penelitian mengenai antisipasi penularan COVID-19 masih terus dilakukan. Selain memperhatikan kebersihan dari luar tubuh, serta perlindungan dari luar seperti menggunakan masker, memperkuat daya tahan tubuh adalah salah satu cara ampuh untuk menjaga diri kita untuk tetap aman.

You Might Also Like