Kesehatan Tips

Ingin Makan di Restoran Saat New Normal? Lakukan 7 Hal Berikut Agar Terhindar dari Covid-19

Setelah masa New Normal mulai diberlakukan, beberapa tempat umum mulai dibuka, salah satunya adalah restoran. Pembukaan fasilitas umum ini menerapkan berbagai protokol pelaksanaan untuk tetap menjaga dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Restoran menjadi salah satu fasilitas umum yang banyak dikunjungi ketika masa New Normal mulai diterapkan. Masyarakat membutuhkan kegiatan bersosialisasi setelah berbulan tetap di rumah tanpa bertemu dengan kerabat lain. Restoran, menjadi salah satu tempat untuk memenuhi kebutuhan sosialisasi ini.

Sebagai salah satu fasilitas yang dibutuhkan, protokol kesehatan yang diberlakukan di restoran cukup ketat. Seperti kebersihan, atribut kesehatan bagi pramusaji dan pekerja restoran, hingga pembatasan jumlah pengunjung restoran.

Meskipun protokol yang ketat sudah diberlakukan, sebagai pengunjung, kamu tetap harus memperhatikan penerapannya. Tak hanya itu, kamu juga harus mematuhinya. Berikut ada beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan saat mengunjungi restoran di masa new normal  ini.

 1. Selalu gunakan masker

Masker sudah menjadi hal wajib untuk dikenakan saat masa new normal ini. Tak hanya saat menggunakan transportasi umum, orang yang tidak memakai masker biasanya juga akan dilarang saat memasuki restoran.

Berdasarkan anjuran yang diberikan oleh World Health Organization (WHO) di situsnya who.int , masker wajah terbukti dapat menurunkan risiko penyebaran virus corona. Sehingga baik orang dengan tubuh yang sehat ataupun yang sudah terpapar virus tetap wajib menggunakan masker.

Ketika di restoran, sebaiknya kamu tetap menggunakan masker saat berbincang setelah makan. Hal ini berguna agar partikel halus yang keluar dari rongga mulut lawan bicaramu tidak terhirup ke saluran pernapasan, sehingga kamu terhindar dari paparan virus.

2. Pilih tempat duduk outdoor

Saat makan di restoran, sebaiknya kamu memilih posisi duduk di ruangan terbuka. Hal ini karena ruangan terbuka memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan sirkulasi udara yang baik, kemungkinan kamu akan terpapar virus yang terdapat di udara, akan semakin kecil.

3. Jaga jarak tempat duduk

Pilihlah tempat duduk yang mejanya sedikit lebih luas, agar kamu leluasa untuk menjaga jarak dengan teman makanmu. Atau, jika kamu kebagian meja dengan ukuran kecil, tetap pastikan meja tidak terisi penuh. Saat duduk dan mengobrol, tetap jaga jarak dari lawan bicaramu, minimal 1 meter.

4. Pilih restoran yang sepi

Di kondisi new normal ini, restoran dihimbau untuk membatasi jumlah pengunjungnya hingga 50%. Hal ini bertujuan agar pengunjung memiliki ruang untuk menjaga jarak satu sama lain. Protokol satu ini dapat menambah rasa aman saat menggunakan fasilitas restoran.

Salah satu pertanda bahwa restoran yang kamu kunjungi sudah mematuhi protokol kesehatan tersebut adalah dengan jumlah orang yang ada di restoran tersebut. Karena itu, pilihlah restoran yang kondisinya tidak ramai.

5. Bawa alat makan sendiri

Meskipun saat makan di restoran peralatan makan disediakan, untuk di masa seperti sekarang ini, membawa peralatan makan sendiri akan lebih baik. Hal ini agar alat makan yang kamu gunakan tidak berpindah banyak tangan.

Contoh alat makan yang bisa kamu bawa sendiri adalah sendok dan garpu, sedotan, tempat minum sampai dengan kotak makanan. Dengan ini, kamu bisa memastikan langsung apakah peralatan makan yang kamu makan sudah bersih sempurna atau tidak.

6. Tutup penutup toilet saat menekan tombol penyiram

Toilet di restoran biasanya hanya tersedia satu untuk seluruh pengunjung dan stafnya. Oleh karena itu, penggunaan toilet di restoran yang kamu kunjungi perlu kamu perhatikan.

Menutup penutup toilet saat menekan tombol penyiram adalah salah satu cara agar virus tidak menyebar dan menyatu dengan udara di dalam toilet. Sebuah penelitian di jurnal Physics of Fluid (bisa diakses di AIP Publishing) menyebutkan, percikan air toilet yang digunakan seseorang berpotensi menyebarkan virus corona.

Percikan air tersebut akan menyatu dengan partikel udara dan berpotensi terhirup dan masuk ke dalam pernapasan manusia. Untuk meminimalisirnya, setiap kali menggunakan toilet, kita dihimbau untuk menutup penutup toilet sebelum menekan tombol penyiram. Penutup toilet akan menghalangi percikan air untuk terbang ke udara.

6. Perhatikan penerapan protokol new normal pada restoran yang didatangi

Seluruh restoran sebelum kembali dibuka di masa new normal, telah mendapatkan himbauan untuk menerapkan protokol keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini bertujuan untuk melindungi pengunjungnya.

Kamu sebagai pengunjung, harus mengetahui apa saja protokol yang dibuat dan apa tujuan dari setiap protokol tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu memahami mengapa kamu harus menjalankan peraturan tersebut.

Setelah kamu mengetahui apa saja protokolnya, saat datang di restoran, perhatikan bagaimana restorannya menerapkan protokol yang sudah disusun tersebut. Jika restoran tersebut menjalani protokol tersebut dengan serius, maka kamu akan aman ketika berkunjung ke sana. Namun jika tidak, kamu disarankan untuk pindah ke restoran lain yang telaten menerapkan protokol ini.

You Might Also Like