Kesehatan Tips

7 Makanan Terbaik Jaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh terpenting. Seperti halnya organ-organ penting lainnya, tubuh memiliki upaya alami untuk menjaga kesehatan paru-paru, seperti menjaganya dari kotoran dan bakteri.

Namun, di kondisi udara yang semakin tidak baik ini, serta banyaknya virus dan penyakit yang dapat menyerang dan merusak paru-paru, seperti COVID-19, menjadi alasan kita untuk lebih memperhatikan kesehatan paru-paru.

Tak banyak yang tahu bahwa, makanan dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru. Diet yang tepat, dengan menu penuh nutrisi, dapat meringankan pekerjaan paru-paru dan membuat pernapasan menjadi ringan.

Bagaimana makanan dapat berhubungan dengan kesehatan paru-paru?

Makanan yang masuk ke dalam tubuh, akan melalui proses metabolisme untuk memperoleh nutrisi yang dikandungnya. Dalam proses metabolisme ini, oksigen merupakan salah satu komponen terpenting. Proses ini nantinya akan menghasilkan energi dan karbondioksida yang dikeluarkan melalui pernapasan.

Setiap jenis makanan yang kita konsumsi, membutuhkan jumlah oksigen yang berbeda-beda ketika melalui proses metabolisme di dalam tubuh. Berdasarkan informasi yang dilansir oleh American Lung Association, proses metabolisme yang dilalui oleh makanan yang mengandung karbohidrat, membutuhkan oksigen yang lebih banyak daripada makanan yang mengandung lemak. Semakin sedikit karbondioksidan yang dihasilkan pada proses metabolisme, semakin baik untuk paru-paru.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru, selain makanan dengan kandungan nutrisi terbaik. Diet yang tepat dapat membuat jalannya pernapasan lebih ringan.

Lalu, apa saja makanan terbaik untuk menjaga kehatan paru-paru?

 1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Tak hanya lebih kaya nutrisi, karbohidrat kompleks juga sangat baik untuk proses metabolisme tubuh. Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang biasa kita temui pada makanan olahan, gula pasir, madu, gula jawa dan lain-lain, karbohidrat kompleks dapat menjaga kadar gula menjadi lebih stabil.

Karbohidrat komplek membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, energi yang dihasilkan juga lebih stabil dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula di dalam darah. Hal ini berpengaruh pada jalannya metabolisme di dalam tubuh serta asupan oksigen yang dibutuhkan. Stabilnya kadar gula darah dan proses pencernaan karbohidrat kompleks, dapat meringankan pekerjaan paru-paru, sehingga menjadikannya lebih sehat.

2. Brokoli

Brokoli memiliki julukan superfood karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya (Baca 11 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan). Brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran dengan kandungan antioksidan terbanyak. Antioksidan ini sendiri memiliki peran sebagai penangkal berbagai zat jahat yang dapat merusak tubuh. 

Antioksidan ini juga berperan dalam menjaga paru-paru dan saluran pernafasan dari terpaan zat berbahaya, sehingga kesehatan paru-paru dapat terjaga.

3. Pisang

Pisang terkenal dengan kandungan potassium yang kaya di dalamnya. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Keck School of Medicine, yang dipublikasikan dalam portal USC University of Southern California, dengan mengkonsumsi jumlah pottasium yang cukup terutama pada masa pertumbuhan, dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan kapasitasnya.

Meningkatnya fungsi paru-paru juga akan diiringi dengan paru-paru yang kuat dan lebih sehat.

4. Tomat

Kandungan vitamin C-nya yang kaya, menjadikan tomat sebagai salah satu makanan terbaik untuk jaga kesehatan paru-paru. Vitamin C sangat berguna bagi tubuh untuk membantu dalam proses regenerasi sel tubuh yang rusak, termasuk pada paru-paru.

5. Ubi Manis

Tak hanya mengandung karbohidrat kompleks, ubi manis juga mengandung banyak nutrisi baik lainnya. Seperti potassium, antioksidan serta vitamin A. Vitamin A juga merupakan salah satu nutrisi yang membantu tubuh untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan. Mengkonsumsi vitamin A yang cukup, dapat menurunkan risiko infeksi paru-paru.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan lemak baik di dalamnya. Ketika kita mengkonsumsi lemak baik, proses metabolisme yang dijalankan tubuh akan menghasilkan karbondioksida yang lebih rendah. Hal ini dapat meringankan kerja dan dapat menjaga kesehatan paru-paru.

Selain itu, omega-3 yang terdapat di dalam ikan salmon dapat menurunkan risiko infeksi pada paru-paru. Ia juga memiliki efek anti inflamasi yang dapat melawan penyakit yang menyerang paru-paru.

7. Telur

Kandungan protein di dalam telur, dapat meningkatkan kekuatan otot, termasuk menjaga kesehatan otot pernafasan. Saat pernafasan terasa lebih berat, hal ini dapat disebabkan oleh kemampuan otot pernapasan yang menurun. Sehingga, saat otot pernapasan dalam kondisi yang baik, kesehatan paru-paru dapat terjaga dengan baik.

Selain makanan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tips lainnya untuk menjaga kesehatan paru-paru;

  • Jangan merokok
  • Istirahat sebentar sebelum makan
  • Hindari makanan yang membuat kembung. Perut yang kembung akan mempersulit pernafasan
  • Olahraga teratur
  • Minum cukup air putih
  • Cegah infeksi dengan rajin mencuci tangan, jaga kebersihan mulut dan gigi, serta jauhi tempat ramai saat musim flu
  • Cek kesehatan secara berkala

 

You Might Also Like