Inspirasi Kesehatan

Manfaat Jambu Kristal, Baik untuk Daya Tahan Tubuh dan Kaya Nutrisi

Jambu kristal merupakan salah satu jenis jambu biji (Psidium guajava) yang belakangan mulai populer di Indonesia. Jambu kristal memiliki daging berwarna putih dan biji yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan jambu biji biasanya. Hal inilah yang membuatnya disukai banyak orang, karena mudah untuk dimakan langsung.

Jambu kristal yang nikmat ini ternyata sangat kaya akan nutrisi. Nutrisi yang dimilikinya tak hanya baik untuk memperkuat daya tahan tubuh, namun juga masih banyak lagi. Berbagai vitamin dan mineral terdapat di dalamnya.

Dilansir melalui Self Nutrition Data, Kandungan vitamin C di dalam jambu kristal sangat tinggi, yakni 377 mg dalam satu cup jambu kristal. Inilah yang jambu kristal sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, jambu kristal juga kaya nutrisi lainnya. Berikut beberapa di antaranya.

 

 1. Kaya vitamin C

Dalam setiap satu cup buah jambu kristal atau sekitar 165 gram jambu kristal, vitamin C yang terdapat di dalamnya ada sebanyak 377 mg. Ini merupakan salah satu kandungan vitamin C terbanyak di dalam buah. Vitamin C sendiri sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh serta sebagai antioksidan yang dapat menangkal berbagai macam penyakit yang mencoba masuk ke dalam tubuh

2. Kaya kandungan Folat

mengatasi pusing dan mual, mual dan pusing saat hamil

@orami.co.id

Jambu kristal merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kaya akan kandungan folat. Dalam satu cup buah jambu kristal, terdapat sekitar 80 mcg folat. Jumlah ini dapat memenuhi 20% rata-rata kebutuhan folat harian.

Selain sangat baik untuk ibu hamil, asam folat juga baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Asam folat akan berkolaborasi dengan vitamin C dan vitamin B12 untuk memaksimalkan kerja sel-sel di dalam tubuh, sehingga lebih kuat menjaga kesehatan tubuh kita.

3. Tinggi serat

@ tokopedia.com

Jambu kristal merupakan salah satu pilihan buah yang pas jika kamu ingin memperbaiki kondisi pencernaan kamu. Kandungan serat di dalamnya akan memperlancar pencernaan dan membersihkannya. Dalam satu cup jambu kristal, terdapat 8,9 gram serat. Nilai ini dapat memenuhi 36% rata-rata kebutuhan serat harian. Termasuk buah yang memiliki kandungan serat terbanyak.

4. Kaya kandungan potassium

Potassium merupakan salah satu jenis elektrolit yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesimbangan cairan di dalam tubuh. Potassium juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam satu cup buah jambu kristal, terdapat 668 mg potassium yang telah memenuhi 20% kebutuhan rata-rata harian. 

5. Kaya vitamin A

Selain vitamin C, salah satu jenis vitamin lain yang dapat memperkuat daya tahan tubuh adalah vitamin A. Vitamin A bekerja langsung untuk meningkatkan kinerja sel darah putih yang berperan sebagai tentara yang melawan penyakit atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Satu cup buah jambu kristal dapat memenuhi 21% rata-rata kebutuhan vitamin A harian. Kandungan ini juga membuat jambu kristal sangat baik untuk daya tahan tubuh.

Di kondisi seperti sekarang ini, kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memperkuat daya tahan tubuh, serta kaya nutrisi. Jambu kristal adalah salah satu yang dapat kamu pilih.

Setelah mengetahui berbagai manfaat jambu kristal yang baik bagi tubuh, maka jangan ragu lagi untuk mencoba buah ini. Kamu bisa membeli jambu kristal dengan kualitas terbaik di RegoPantes.com. Buah dikirim langsung oleh petani yang membudidayakannya. Buah dipanen h-1 pengiriman sehingga dijamin segar. Yuk, buka RegoPantes sekarang.

 

You Might Also Like