Inspirasi Kesehatan

Selain Kurma, Berikut 5 Buah Terbaik Selama Ramadan

Selama Ramadan, jadwal makan kita sedikit berubah karena adanya ibadah puasa yang dijalankan di siang hari. Meskipun pola makan berubah, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap harus terpenuhi agar tubuh tidak gampang sakit dan aktivitas tetap lancar meskipun sedang puasa.

Buah merupakan salah satu pilihan makanan terbaik untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Buah-buahan yang kamu konsumsi saat buka puasa dan sahur tak hanya berguna untuk memenuhi cadangan energi namun juga untuk kelancaran pencernaan dan proses penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Buah yang populer untuk dikonsumsi selama Ramadan salah satunya adalah kurma. Dilansir melalui situs Self Nutrition Data, setiap 28 gram  atau sekitar tiga butir kurma, dapat memenuhi 7% kebutuhan karbohidrat harian dan 9% kebutuhan serat harian. Karena kandungannya ini, kurma menjadi salah satu makanan sumber energi terbaik.

Selain kurma, ada beberapa jenis buah terbaik lainnya, untuk menemani sajianmu selama Ramadan. 

 1. Pisang

Jika bicara soal buah terbaik selama Ramadan selain kurma, pisang adalah buah pertama yang sering disebut. Hal ini karena kandungan potasium tertinggi dalam buah, terdapat di dalam pisang. Potasium ini sendiri merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh dalam melakukan aktivitasnya.

Salah satu kegunaan potasium adalah untuk menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Kandungan elektrilot pada cairan tubuh dipengaruhi oleh potasium yang masuk ke dalam tubuh. Semakin baik asupan potasium, maka kandungan elektrolit dalam cairan tubuh juga semakin baik.

Karena inilah banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi pisang saat sahur ataupun buka puasa.

 2. Semangka

Selain menjadi buah favorit untuk dijadikan sebagai buah saat buka puasa, ternyata buah semangka memang memiliki banyak nutrisi, sehingga ia menjadi salah satu buah terbaik selama Ramadan.

Tak hanya mengandung banyak air dan memberikan kesegaran saat berbuka puasa, buah semangka juga memiliki jumlah kalori yang rendah. Menurut Self Nutrition Data, di dalam 100 gram buah semangka kalori yang dikandungnya hanya sebanyak 30 kalori saja.

Selain itu, semangka juga kaya akan serat, berbagai jenis vitamin seperti vitamin A dan vitamin C, serta kandungan antioksidan yang juga sangat baik untuk tubuh.

 3. Apel

Buah terbaik selama Ramadan lainnya adalah apel. Meskipun kandungan air di dalam apel tidak sebanyak semangka, namun serat yang terkandung dalam apel cukup tinggi. Sehingga jika apel dikonsumsi saat buka puasa, dapat membuat pencernaan perlahan-lahan bersiap untuk kembali mencerna setelah sebelumnya puasa selama beberapa jam.

Tak hanya kaya serat, apel juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, potasium dan lain-lain. Karena nutrisi inilah mengapa apel disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, termasuk saat Ramadan, baik dijadikan buah untuk buka puasa ataupun saat sahur.

 4. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah terbaik selama Ramadan lainnya. Kandungan vitamin C di dalam pepaya, termasuk yang paling tinggi di dalam buah. Selain itu, ia juga disebut sebagai salah satu sumber antioksidan.

Serat yang dimiliki pepaya juga tidak kalah banyak. Ini membuatnya sangat baik untuk pencernaan. Kandungan potasium yang dimilikinya juga bagus untuk mengontrol cairan di dalam tubuh.

Tak hanya kaya manfaat, pepaya juga memiliki kandungan air yang cukup banyak dan rasanya manis, sehingga sangat cocok dijadikan buah untuk buka puasa. Kamu juga bisa jadikan pepaya sebagai buah penutup setelah makan sahur.

 5. Melon

Buah terakhir yang menjadi pilihian terbaik selama Ramadan adalah melon. Sama seperti buah lainnya yang sudah disebut di atas, melon cocok dimakan saat sahur dan buka puasa. Selain kaya akan vitamin, mineral tertinggi yang dimiliki melon ada potasium.

Vitamin C yang terdalam di dalam 100 gram melon dapat memenuhi 30% kebutuhan rata-rata harian. Karena itu, mengkonsumsi melon setiap hari selama Ramadan akan memberikan manfaat yang besar untuk tubuh. 

Selama menjalankan puasa di Ramadan, pastikan buah dan sayur selalu ada di sajian sahur dan buka puasa. Sayur dan buah tak hanya kaya akan vitamin, namun juga serat yang sangat dibutuhkan pencernaanmu.

Selama Ramadan, sebaiknya kamu menghindari buah-buahan yang terlalu asam karena akan membebani kerja pencernaan. Buah-buahan yang dianjurkan adalah yang memiliki kandungan air yang banyak dan rasa yang manis. RegoPantes siap bantu penuhi kebutuhan sayur dan buah selama Ramadan. Buah dan sayur dikirim langsung oleh petani dan pesanan akan di antar ke alamat.

You Might Also Like