Inspirasi Kesehatan

10 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan, Bagus Buat Diet lho!

@ cosmopolitan.co.id

Memang beras merah kini mulai jadi primadona sebagai beras sehat. Bahkan keberadaannya sering jadi pilihan menggantikan beras putih. Tapi sebenarnya tak hanya beras merah saja yang punya gizi tinggi, ada manfaat beras hitam yang mungkin sebagian orang tak mengetahuinya.

Padahal si beras hitam ini bisa dijadikan menu pengganti nasi putih. Meski belum sepopuler beras merah, tapi manfaat beras hitam tak lagi bisa diremehkan. Jenis beras ini memiliki kualitas bagus. Terlebih bila Anda membelinya di RegoPantes. Pasalnya beras merah yang disediakan bermutu baik langsung dari sang petani.

Melalui artikel ini, Anda akan diajak lebih mengenal lebih dekat apa saja manfaat beras hitam bagi kesehatan sekaligus untuk menunjang diet.

1. Kaya Antioksidan

@ doktersehat.com

Perlu diketahui bahwa beras hitam ini memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah dari beras merah. Tapi kandungan protein dan seratnya justru tinggi. Sekitar 100 gram beras hitam mampu memenuhi kebutuhan protein harian sebesar 17 persen. Melihat kandungannya ini, maka manfaat beras hitam ini tak bisa lagi diabaikan.

Selain memiliki kadar protein dan serat tinggi, ada juga kandungan antioksidan dan vitamin E yang pastinya bagus buah kesehatan. Menurut penelitian yang telah dikembangkan, antosianin memiliki kemampuan mencegah penyakit seperti asma, arthritis, jantung, serta kanker. Beras hitam akan membantu menurunkan kadar LDL (lemak jahat) dalam darah.

2. Melancarkan Pencernaan

@ youtube.com

Beras hitam akan membantu meningkatkan aktivitas usus dan mencegah sembelit. Dengan begitu proses pencernaan bisa berjalan lancar. Tentu saja semua itu diperoleh dari kandungan serat pada beras hitam. Selain itu, kadar serat tinggi akan mencegah masuknya zat beracun yang masuk bersamaan dengan makanan atau asupan lain ke tubuh. Sehingga ini baik untuk dimanfaatkan sebagai menu diet.

3. Meningkatkan Ketajaman Fungsi Otak

@ sastrawacana.id

Beras merah memiliki kandungan anthocyanin mampu tingkatkan fungsi otak termasuk ketajaman memori. Dengan mengonsumsinya secara teratur maka akan bantu menangkal stress oksidatif tubuh sebagai salah satu pemicu penurunan memori otak.

4. Melindungi Jantung

@ hellosehat.com

Jantung sebagai salah satu organ tubuh vital dalam proses hidup manusia. Sehingga tak heran bila ada permasalahan pada organ satu maka bisa merambah ke bagian organ lain. Beras hitam akan membantu menngantisipasi adanya peningkatan tekanan darah serta pembentukan plak pada pembuluh darah jantung. Dengan konsumsi beras merah maka kesehatan jantung terjaga karena stabilitas kolesterol jahat (LDL) menurun.

5. Mencegah Diabetes

@ kompasiana.com

Diabetes merupakan penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah menjadi ancaman bagi penderita DM (Diabetes Melitus). Sehingga tak heran bila menu penderita diabet sangatlah diperhatikan. Mengingat takaran gula sangat dibatasi dikonsumsi.

Nah, manfaat beras hitam akan memberi dampak positif bagi tubuh. Serat yang ada pada beras hitam ini diketahui 3,5 kali lipat dari beras putih. Tingginya kadar serat ini akan memperlama proses pencernaan sehingga akan menjaga konsistensi kadar gula darah dalam tubuh. Rendahnya kadar gula pada beras hitam akan mencegah kemungkinan diabetes tipe 2 serta penyakit lain seperti jantung.

Baca Juga : Hemat dan Lengkap, Yuk Intip Manfaat Isi Paket RegoPantes Untuk Ibu

Selain manfaat sehat di atas, ada juga manfaat beras hitam bagi program diet. Antara lain sebagai berikut.

1. Awet Kenyang Lebih Lama

@ halodoc.com

Adanya kadar karbohidrat lebih sedikit beras hitam akan membuat rasa lebih cepat kenyang lebih cepat. Sehingga akan sangat bermanfaat dalam membantu program diet. Sehingga Anda lebih mudah kontrol asupan makanan lain demi menjaga berat badan ideal.

2. Tak Gampang Lapar

@ kizlarsoruyor.com

Selain konsumsi buah dan sayur saat diet, tentu butuh asupan lain seperti halnya beras. Beras hitam ini bagus bagi sistem pencernaan yang pastinya mendukung program diet. Selain itu, kandungan seratnya akan membantu perut terasa kenyang lebih lama ketimbang nasi putih. Dampak baiknya, pelaku diet akan lebih tahan lapar lama dan tak sembarangan makan cemilan yang justru akan menaikkan berat tubuh.

3. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

@ giahyab.com

Zat besi atau zinc ini termasuk zat yang dibutuhkan tubuh. Terutama saat menjalani diet. Sebab saat diet memang dibutuhkan kekuatan tubuh untuk lebih menjaga pola makan dan tak asal makan camilan tak sehat. Maka dari itu, zinc yang terkandung pada beras hitam akan memberikan nutrisi serta jaga kesehatan tubuh. Diet pun akan berjalan lancar.

4. Melancarkan BAB

@ thesun.co.uk

Manfaat beras hitam yang berhubungan dengan diet ini salah satunya memperlancar BAB. Dengan rutin BAB tentu akan melancarkan sistem pencernaan. Bila tak lancar BAB itu menandakan ada masalah pada pencernaan. Salah satu yang tampak adalah perut terlihat lebih besar, pasalnya tak lancar buang air besar.

5. Mempunyai Kandungan Mangan

@ bersosial.com

Salah satu kandungan beras hitam yang turut membantu program diet berhasil adalah kadar mangan di dalamnya. Mangan memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas, menjaga tubuh dengan baik, serta begitu efektif dalam menunjang perencanaan program diet.

Jadi, masih hanya yakin pada satu jenis beras saja dalam program diet dan menu makanan sehat sehari-hari? Ingat ya, ada banyak sekalimanfaat beras hitam yang tak kalah dari varietas beras lainnya. Sehingga sangat baik dikonsumsi. Pastikan saja beras hitam yang Anda beli memiliki mutu terjamin, fresh dan tak berkutu. Karena masalah inilah yang seringkali dirasakan konsumen.

Makanya percayakan saja pembelian beras hitam pada RegoPantes. Apalagi saat ini pembelian secara online tak hanya bisa dilakukan melalui website. Ada aplikasi RegoPantes yang bisa diakses dengan mudah melalui ponsel. Aplikasinya bisa diunduh dengan mudah dan gratis lewat Google Play Store.

Aneka macam beras bisa dibeli dengan harga pantas dan pastinya berkualitas, karena diambil dan dikirim langsung oleh petani. Tapi RegoPantes tak hanya menjual beras ya, ada juga bahan kebutuhan lain yang fresh seperti buah, sayur dan bumbu dapur yang biasa dibutuhkan di rumah. Selain itu, untuk menikmati manfaat beras hitam beserta jenis beras lainnya dalam satu paket maka bisa langsung ambil Paket Beras Organik dari RegoPantes. Dijamin benar-benar harga pantas!

You Might Also Like