Inspirasi Kesehatan Tips

11 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Ternyata Ampuh Mengatasi Anemia

@ cellcode.us

Manfaat brokoli tak perlu diragukan lagi. Ada banyak sekali kandungan gizi yang mampu menyehatkan pengonsumsinya apalagi jika dimakan secara rutin. Sayangnya, masih banyak yang tidak suka dengan brokoli lantaran rasanya yang dirasa kurang nikmat. Padahal jika dilihat dari segi nutrisi, sayuran ini memiliki banyak sekali khasiat.

Cara Menjaga Kandungan Nutrisi dalam Brokoli

Cara penyajian atau memasak brokoli memiliki pengaruh terhadap asupan nutrisi dari sayuran yang satu ini. Jika memang ingin mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, ada baiknya anda menjaga sebaik mungkin kandungannya dengan memasak secara benar. Untuk penyajian brokoli agar tetap terjaga kandungan sehatnya, anda bisa mengikuti beberapa langkah yang berikut ini:

  • Tips menjaga manfaat brokoli agar tetap optimal adalah dengan membersihkan dan mencelupkan bagian atas brokoli dengan air garam selama kurang lebih 30 menit lalu cuci kembali menggunakan air dingin untuk memastikan sayuran ini terbebas dari pestisida
  • Makan brokoli dalam keadaan mentah dan disajikan dengan bentuk sajian hidangan salad
  • Masak dengan cara direbus ataupun menggunakan oven dengan suhu tinggi bisa menimbulkan kerusakan pada kandungan nutrisi brokoli
  • Konsumsi brokoli dalam keadaan segar dan simpan di kulkas untuk menjaga kesegaran dari brokoli
  • Hindari memasak sayuran ini dalam waktu yang lama. Batas waktu untuk memasak brokoli adalah berkisar 20 menit saja atau dengan microwave sekitar 5 menit

Lakukan langkah-langkah di atas, supaya kandungan sehat dari brokoli tetap terjaga secara optimal hingga dikosumsi nantinya.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat brokoli bagi kesehatan yang sebaiknya tidak dilewatkan. Beberapa manfaat brokoli antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bagus untuk kesehatan kulit

@ biutiva.com

Manfaat brokoli yang pertama adalah bagus untuk kesehatan kulit. Sayur sehat yang satu ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B kompleks serta vitamin E yang bagus dalam mengganti jaringan kulit yang rusak. Sedangkan vitamin A serta K juga folat yang terkandung di dalam brokoli berguna untuk pencerah kulit.

Sayur sehat yang satu ini juga memiliki berbagai fito-nutrien yang bagus untuk mencegah kerusakan kulit karena paparan sinar matahari.

2. Detoksifikasi tubuh

Manfaat selanjutnya adalah bagus untuk detoksifikasi tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalam brokoli cukup tinggi dipadu dengan kandungan sulfur yang mengurangi racun dalam darah.

3. Bagus untuk kesehatan mata

Manfaat brokoli juga bagus untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan beta karoten, fosfor serta vitamin A, B, C, dan E yang berperan dalam mencegah kerusakan sel mata dan terjadinya katarak. Kandungan ini juga bagus dalam memperbaiki kerusakan mata karena efek radiasi.

4. Bagus untuk pencernaan

@ orami.co.id

Brokoli mengandung serat yang bagus untuk mencegah serta mengobati sembelit. Sayuran ini juga mengandung magnesium serta berbagai kandungan vitamin yang dapat mengurangi keasaman lambung serta meningkatkan fungsi penyerapan nutrisi dan mencegah inflamasi dalam saluran pencernaan.

5. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli memiliki kandungan vitamin C dan berbagai mineral serta fito-nutrien yang bagus untuk membangun sistem imunitas tubuh serta mencegah terjadinya berbagai infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang baik berguna untuk menjaga tubuh dari serangan beragam jenis penyakit akibat radikal bebas.

6. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli memiliki kandungan kalsium serta mineral yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Kandungan dalam brokoli ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang anak-anak serta mereka yang memiliki tulang rentan terkena osteoporosis.

7. Bagus untuk ibu hamil

@ minok.hu

Manfaat brokoli yang selanjutnya adalah bagus untuk kehamilan. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki kandungan yang terdiri dari berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu yang tengah hamil. Brokoli juga mengandung asam folat yang bagus untuk mencegah kecacatan pada bayi yang baru lahir.

8. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Brokoli mengandung mineral yang bagus untuk memperlancar aliran darah sehingga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Bukan hanya itu, kandungan sehat brokoli juga bagus digunakan untuk membantu kinerja insulin guna menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Beragam kandungan vitamin B dalam brokoli juga bagus untuk menurunkan resiko ateroskrlerosis dengan cara mencegah produksi homosistein berlebih dalam pembuluh darah.

Baca juga : Cegah Resiko Anemia! Ini Deretan Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

9. Mencegah anemia

@ doctissimo.com

Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu memenuhi kecukupan zat besi serta omega-3 guna mencegah anemia. Bukan hanya itu, kandungan brokoli yang berupa tembaga berguna untuk membantu fungsi zat besi dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

10. Bagus untuk diet

Mengonsumsi jenis sayuran yang kaya akan kandungan serat mempermudah anda dalam mendapatkan penurunan berat badan secara lebih cepat. Serat berguna untuk meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh juga menjaga kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol hingga mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat serat lainnya juga berfungsi untuk menahan masuknya lemak sekaligus untuk mencegah terjadinya pengendapan lemak jahat yang menempel di dinding pembuluh darah.

11. Untuk mencegah depresi

Mencegah depresi merupakan manfaat brokoli yang selanjutnya. Solusi bagi anda yang ingin menjaga diri dan terhindar dari depresi adalah dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung asam folat serta vitamin B yang terkandung dalam brokoli.

Brokoli memiliki banyak manfaat  yang terkandung di dalamnya. Brokoli cocok untuk dijadikan sebagai menu andalan ketika diet lantaran memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Brokoli juga bisa disajikan dengan cara dijadikan lalapan tanpa harus dimasak terlebih dahulu atau bisa pula ditumis ataupun dijadikan bahan campuran di dalam sup.

Untuk mencukupi kebutuhan anda akan brokoli, anda bisa segera berkunjung di RegoPantes. RegoPantes menyediakan brokoli dengan harga terjangkau dan pastinya ramah di kantong. Situs ini menjual brokoli yang masih segar dan dipasok langsung dari para petani.

Selain brokoli, tersedia pula beragam sayuran lain yang masih segar. Anda juga bisa mencukupi kebutuhan akan buah-buahan, madu hingga beras di sini. Tidak perlu khawatir dengan harga semua bahan pangan yang tersedia, karena situs belanja online Regopantes memberikan penawaran ramah di kantong.

You Might Also Like