Inspirasi Kesehatan

13 Kebaikan Apel Manalagi yang Tak Boleh Lagi Diremehkan

@ picssr.com

Terdapat 3 varietas apel yang dikembangkan di kota Malang yaitu  apel manalagi, apel Anna dan apel rome. Di antara ketiga apel tersebut, apel malang manalagi adalah jenis apel yang paling populer. Selain karena rasanya yang enak, apel ini juga memiliki banyak kandungan baik yang menyehatkan bagi tubuh. Apel manalagi bisa dijadikan sebagai penstabil gula darah, menurunkan kadar kolesterol hingga menurunkan tekanan darah.

Ciri-ciri Apel Manalagi

Tertarik untuk mencoba apel manalgi? Tentu anda harus tahu ciri-cirinya terlebih dahulu. Apel manalagi memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan apel anna dan apel rome beauty. Apel ini memiliki bentuk yang bulat simetris dengan bagian pucuk yang berlekuk dangkal serta kulitnya yang tebal dan agak kasar.

Buah ini memiliki diameter berkisar 5-7 dengan dagingnya yang berwarna putih halus. Ketika musim panen, setiap pohon dari apel manalagi bisa menghasilkan kurang lebih 7,5 kilo gram buah.

Apel manalagi memiliki kulit apel berwarna hijau kekuning-kuningan. Kulitnya juga mengandung flavonoid yang disebut dengan quercitin. Quercitin ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Fungsinya adalah untuk mencegah serangan dari radikal bebas sehingga membuat tubuh menjadi lebih terlindungi dari serangan kanker.

Dari segi teksturnya, apel manalagi memiliki tekstur yang lebih renyah dibandingkan dengan apel anna dan apel rome beauty. Rasa buahnya juga lebih manis jika dibandingkan kedua apel tersebut. Meski belum matang, namun apel manalagi memiliki aroma yang khas, sehingga tidak heran jika rasanya merajai pasaran dari apel lokal.

Apel manalagi diolah banyak diolah dalam suatu industri yang besar dan menjadi produk awetan seperti keripik, cuka apel, jus dan selai. Namun umur simpanan dari jenis apel ini cenderung lebih pendek dibandingkan dengan jenis apel yang lain. Hal ini dikarenakan buahnya yang mudah busuk jika permukaan kulit dari apel terkena goresan.

Manfaat Apel Manalagi yang Jarang Diketahui

Tertarik mengonsumsi apel manalagi, simak dulu manfaatnya berikut ini.

1. Mengecilkan berat badan

@ hellosehat.com

Berat badan yang tidak ideal dan cenderung berlebih membuat banyak orang panik. Berat badan berlebih dapat mengurangi rasa percaya diri hingga meningkatkan resiko terkena penyakit. Apel manalagi sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan berlebih asal dikonsumsi secara teratur. Jenis apel ini juga baik untuk melancarkan sistem metabolisme serta menyehatkan usus kecil anda.

2. Menguatkan tulang

Di zaman sekarang, penyakit tulang bukan hanya dialami oleh mereka yang sudah tua namun juga bisa menyerang siapa saja. Inilah kenapa, ada baiknya jika anda selalu waspada. Konsumsi apel manalagi mampu membantu memperbaiki tulang dan sangat cocok untuk anak-anak mengingat pertumbuhan tulang mereka yang masih sangat aktif.

Baca juga : 20 Manfaat Apel Malang yang Tak Disangka-sangka, Tak Kalah dari Varian Lain

3. Untuk mencegah dan mengobati asma

Manfaat apel manalagi selanjutnya adalah untuk mencegah serta mengobati asma. Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Dengan mengonsumsi apel manalagi, anda bisa mendapatkan penyembuhan asma yang lebih cepat hingga anda mampu bernapas secara normal kembali.

4. Mencegah penyakit kanker

@ pinterest.com

Kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Konsumsi apel manalagi sebagai salah satu bentuk pencegahannya. Jenis apel ini sangat aktif mencegah datangnya kanker termasuk juga jenis kanker paru-paru.

5. Untuk mengobati rematik

Apel manalagi juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit rematik. Bagi penderita rematik, anda bisa mengonsumsi apel ini hingga sembuh. Setelah sembuh pun, anda masih disarankan untuk mengonsumsi apel manalagi agar kesehatan tulang senantiasa terjaga.

6. Membuat sehat jantung

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Konsumsi apel manalagi dapat menyehatkan jantung dan membuatnya bisa bekerja secara normal. Apalagi jika anda merupakan salah seorang perokok atau bahkan tipe orang yang gemar begadang, maka konsumsi apel manalagi dapat melindungi jantung anda agar tetap sehat.

7. Bagus untuk gigi

@ okezone.com

Manfaat apel manalagi yang selanjutnya adalah bagus untuk gigi. Tidak heran jika jenis apel ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak apalagi mereka yang gemar makan makanan manis dan mengandung gula. Apel manalagi memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan gigi.

8. Sebagai sumber energi

Selain dijadikan sebagai obat-obatan sekaligus untuk mencegah datangnya berbagai penyakit, apel manalagi juga bisa dijadikan sebagai sumber energi. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengonsumsinya setelah makan. Konsumsi apel ini juga membuat pencernaan menjadi lebih baik.

9. Bagus untuk kesehatan kulit

Bagi wanita, manfaat apel manalagi satu ini tentu sangat menyenangkan yaitu mampu menyehatkan kulit. Apel manalagi bisa diandalkan untuk pemakaian luar ataupun pemakaian dari dalam. Apel manalagi juga bisa dijadikan sebagai pelembab wajah setelah diolah dulu menjadi cuka apel.

10. Obat untuk jerawat

@ idntimes.com

Jerawat memang sangat mengganggu serta bisa membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Untuk mengatasinya anda bisa mengoleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat. Apel manalagi terbukti mampu menyembuhkan jerawat membandel di wajah.

11. Membuat mata lebih sehat

Anda juga bisa mengonsumsi apel manalagi untuk membuat mata lebih sehat. Jenis apel ini memiliki kandungan sehat berupa vitamin A yang bagus untuk kesehatanorgan vital satu ini. Jika ingin terhindar dari rabun jauh ataupun rabun dekat, maka konsumsi apel secara rutin adalah solusinya.

12. Membuat payudara menjadi lebih sehat

Manfaat apel manalagi yang selanjutnya adalah bagus untuk menyehatkan payudara. Semua wanita sudah pasti ingin terhindar dari kanker payudara bukan? Konsumsi apel malang manalagi membuat payudara lebih terjaga dengan kandungan antioksidannya.

13. Bagus untuk kecerdasan otak

@ okezone.com

Jika anda tengah mencari makanan yang mampu membuat otak menjadi lebih cerdas, anda bisa mengonsumsi apel manalagi. Apel dengan warna hijau ini mampu menambah kecerdasan dengan meningkatkan performa kerja otak sehingga kemampuan dalam menalar sesuatu menjadi lebih meningkat.

Ada banyak sekali manfaat apel manalagi yang bagus bagi kesehatan tubuh. Selain apel manalagi, ragam apel lainnya juga sama baiknya bagi kesehatan. Hal ini tidak lepas dari ragam kandungan sehat yang terdapat pada daging ataupun kulit apel. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, anda bisa mengosumsi apel manalagi ataupun jenis apel yang lain secara teratur.

RegoPantes menjual apel malang manalagi dengan harga terjangkau serta sistem pemesanan yang mudah. Anda cukup melakukan pemesanan di nomor pemesanan yang telah tersedia. Dengan adanya sistem online membuat anda bisa berbelanja dengan mudah tanpa harus keluar rumah dan habiskan biaya transportasi. Pasalnya di RegoPantes bisa bebas biaya pengiriman dengan minimal order.

RegoPantes tidak hanya menyediakan aneka buah segar, tetapi juga sayur, bumbu dapur, hingga beragam beras yang langsung diambil dari petani. Anda bisa mendapatkan beragam kebutuhan pangan termasuk apel manalagi hanya dari satu tempat. Selain itu, RegoPantes juga memberikan pilihan beragam paket buah dan sayur yang pastinya sangat membantu para konsumen.

0 Shares

You Might Also Like