Inspirasi

4 Manfaat Buah Matoa yang Belum Banyak Diketahui

Buah matoa merupakan buah khas Papua yang kini mulai banyak digemari. Buah matoa yang memiliki nama latin Pometia pinnata ini dapat dijadikan sebagai salah satu jenis buah untuk camilan sehat kamu.

Buah yang dapat hidup di daerah tropis ini, kini tak hanya dibudidayakan di daerah Papua saja. Buah matoa kini mulai banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya di Kabupaten Pati, yang buah matoanya mulai dipasarkan di RegoPantes sejak 2018 lalu.

Dilansir dari Spciality Produce, buah ini biasanya panen sebanyak dua kali dalam satu tahun, yakni sekitar bulan September dan Maret. Buah ini punya tekstur daging mirip kelengkeng, rasa manis seperti rambutan dan sedikit aroma durian.

Selain rasanya yang unik, buah matoa ternyata kaya akan manfaat. Berikut adal manfaat buah matoa yang belum banyak diketahui.

1. Mencegah kanker

Dilansir dalam jurnal berjudul Extraction of Fruit Peels of Pometiapinnata and Its Antioxidant and Antimicrobial Activities, yang diterbitkan pada 2014, melampirkan bahwa, buah matoa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini sendiri merupakan salah satu zat yang dapat menangkal radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam jurnal yang sama, ditemukan bahwa buah matoa memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, mineral dan tanin yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk terhindar dari serangan penyakit.

Mengkonsumsi buah matoa secara rutin, dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral kamu, sehingga tubuh dapat lebih sehat dan sulit terkena penyakit.

3. Sebagai asupan saat diet

Jika kamu dalam masa diet, buah matoa adalah pilihan terbaik sebagai pengganti camilan di saat lapar melanda. Hal ini dikarenakan matoa memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Satu buah matoa hanya mengandung 5 kalori.

4. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam matoa sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini akan membantu dalam proses peremajaan kulit sehingga kulitmu akan lebih sehat. Regenerasi kulit juga akan semakin maksimal dengan adanya kandungan antioksidan dalam buah matoa.

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah matoa yang baik bagi tubuh, maka jangan ragu lagi untuk mencoba buah ini. Kamu bisa membeli buah matoa dengan kualitas terbaik di RegoPantes.com. Buah matoa dikirim langsung oleh petani yang membudidayakannya. Buah dipanen h-1 pengiriman sehingga dijamin segar. Yuk, buka RegoPantes sekarang.

You Might Also Like