Inspirasi Kesehatan

7 Buah Sumber Vitamin C Terbaik

Tubuh membutuhkan vitamin C atau Ascorbic acid dalam proses pembentukan kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan sejenis protein yang menghubungkan jaringan serabut yang terdapat di kulit, urat, tulang rawan, dan berbagai jaringan lain di dalam tubuh.

Tak hanya itu, vitamin C juga merupakan zat yang dapat membantu tubuh dalam proses penyerapan zat besi. Ia juga merupakan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian memperlihatkan, vitamin C juga dapat memerangi ion nitrit di dalam tubuh yang dapat memicu kanker.

Manfaat vitamin C untuk tubuh sangatlah besar pengaruhnya. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit. Namun tenang, sumber vitamin C sendiri sangat banyak dan mudah ditemui. Sumber vitamin C terbaik bisa kamu peroleh di dalam buah atau sayur.

Berikut adalah beberapa buah yang merupakan sumber vitamin C terbaik, berdasarkan besaran kandungan vitamin C yang dilansir oleh Self Nutrition Data.

 1. Jambu biji

Jambu biji dinobatkan sebagai buah dengan sumber vitamin C tertinggi yang mudah kita temui. Dalam 100 gram jambu biji utuh, terdapat 228 mg Vitamin C. Angka ini dapat memenuhi hingga 381% rata-rata kebutuhan vitamin C harian, dengan ukuran kebutuhan energi rata-rata 2000 per hari. Angka ini yang membuat jambu biji menjadi salah satu sumber vitamin C terbaik.

Selain vitamin C, jambu biji juga memiliki banyak kandungan baik lainnya yang sangat berguna untuk tubuh.

2. Jeruk

Buah berikutnya yang menjadi sumber vitamin C terbaik adalah jeruk. Jeruk paling baik dikonsumsi langsung setelah sebelumnya dikupas. Dalam 100 gram jeruk, vitamin C yang terkandung di dalamnya adalah sebanyak 136 mg. Dengan sumber vitamin C sebanyak ini, kamu sudah memenuhi hingga 227% rata-rata kebutuhan vitamin C harian.

3. Lemon

Lemon juga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Ia paling baik dikonsumsi langsung airnya, atau tanpa dimasak. Kamu bisa campurkan air lemon dengan air putih biasa. Mencampurkannya dengan air dinilai tidak akan mengurangi sumber vitamin C di dalamnya. Karena vitamin C adalah jenis vitamin yang dapat larut di dalam air.

Kandungan vitamin C di dalam 100 gram lemon adalah sebanyak 129 mg, atau dapat memenuhi hingga 215% rata-rata kebutuhan vitamin C harian.

4. Kiwi

Buah kiwi punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain rasanya yang nikmat, kiwi juga merupakan salah satu buah sumber vitamin C terbaik. Sama seperti buah lain di atas, cara mengkonsumsi kiwi terbaik adalah dengan memakannya langsung setelah sebelumnya dikupas.

Dalam 100 gram buah kiwi, terdapat 92,7 mg vitamin C, nilai ini dapat memenuhi rata-rata kebutuhan vitamin C harian hingga 155%. Nilai ini yang membuat kiwi menjadi salah satu buah sumber vitamin C terbaik.

5. Leci

Kandungan vitamin C di dalam buah leci tak kalah banyak. Dalam 100 gram buah leci, terdapat sebanyak 71,5 mg vitamin C. Angka ini sudah memenuhi rata-rata kebutuhan vitamin C harian hingga 119%. Cara mengkonsumsi leci terbaik adalah saat kondisi segar atau belum diolah. Sebaiknya kamu mengurangi buah leci kalengan, karena kandungan gula di dalamnya yang cukup banyak.

6. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang paling mudah ditemui. Buah ini tetap akan nikmat meskipun tanpa diolah terlebih dahulu. Ia juga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Dalam 100 gram buah pepaya terdapat sebanyak 61,8 mg vitamin C, angka ini sudah memenuhi 103% rata-rata kebutuhan harian vitamin C kamu.

7. Strawberry

Buah terakhir dengan kandungan vitamin C terbanyak adalah strawberry. Dalam 100 gram buah strawberry, terdapat 58,8 mg vitamin C. Dengan mengkonsumsi sebanyak itu, kamu sudah memenuhi 98% rata-rata kebutuhan harian vitamin C.

Jenis-jenis buah di atas sangat mudah kita temui. Buah-buah tersebut adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Mengkonsumsi buah langsung atau mentah, dapat memberikan nutrisi yang sempurna untuk diserap tubuh. Perhatikan kualitas dan kebersihan buah sebelum dikonsumsi, ya.

Setelah mengetahui berbagai jenis buah sumber vitamin C terbaik, maka jangan ragu lagi untuk mencoba buah-buah ini . Kamu bisa membelinya dengan kualitas terbaik di RegoPantes.com. Buah dikirim langsung oleh petani yang membudidayakannya. Buah dipanen h-1 pengiriman sehingga dijamin segar. Yuk, buka RegoPantes sekarang.

 

You Might Also Like