Inspirasi Motherhood Resep Untuk Bunda

8 Menu MPASI 9 Bulan Ini Akan Digemari Bayi, Yuk Berkreasi Bunda!

@ pinterest.com

Pertumbuhan buah hati memang jadi satu prioritas bagi setiap bunda. Terlebih saat si kecil sudah berusia 6 bulan, maka akan butuh asupan makanan pendamping selain ASI. Mungkin bunda akan butuh lebih banyak variasi menu untuk Mix MPASI 9 bulan ketimbang saat umur 6 bulan bayi. Bunda juga pastinya akan mulai kenalkan makanan sehat berupa sayur dan buah-buahan pada buah hati.

Pasalnya, tubuh bayi juga makin berkembang. Kebutuhan tubuhnya akan nutrisi juga semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Jadi sudah pasti bunda akan mulai memikirkan dengan deretan variasi bahan dasar untuk membuatkan menu MPASI 9 bulan buat si kecil.

Tapi tenang saja bun, ada paket Mix MPASI yang sengaja disediakan RegoPantes untuk para bunda. Pada paket ini ada pilihan buah dan sayur segar yang memang bagus buat menu MPASI 9 bulan bayi. Bunda tak perlu repot lagi deh menentukan buah dan sayur apa yang akan diberikan untuk si kecil dan tak lagi ragu soal kualitas.

Kali ini bunda diajak membuat aneka kreasi olahan menu MPASI 9 bulan buat si kecil, biar tak monoton itu-itu saja. Kalau tak diganti-ganti menunya, bayi juga pasti akan merasakan bosan bun. Berikut ini 8 resep menu yang bisa bunda coba buat sendiri di rumah. Tak hanya makanan berat, tapi juga ada snack sehat yang bisa diberikan.

1. Bubur Daging Hati

@ agromedia.net

Bahan-bahan :

Sesuai namanya ya bun, yang bunda butuhkan adalah, hati ayam kampung, daging sapi giling, wortel, keju, buncis, bawang putih dan daun salam secukupnya.

Baca juga : Pasti Disukai Bayi, Inilah Ragam Menu MPASI 6 Bulan

Cara membuat :

  • Rebus dulu hati ayam kampung dengan daun salam dan bawang putih yang kemudian saring kasar. Ini bertujuan untuk menghilangkan amis hati ayam.
  • Lanjutkan dengan memasak nasi dengan ditambah daun salam dan bawang putih.
  • Masukkan daging sapi giling beku yang sudah diparut.
  • Tambahkan juga potongan wortel dan buncis dan biarkan hingga air menyusut.
  • Sajikan selagi hangat bersama dengan hati ayam dan tambahan keju dan nutritional yeast.

2. Bubur Tahu Kentang

@ thedailymeal.com

Bahan-bahan :

Siapkan daging ayam seberat 40 gram yang sudah dipotong kecil-kecil, 1 ons tahu yang dipotong kecil-kecil, kentang yang dipotong kecil seberat 200 gram, serta potongan brokoli 25 gram. Tambah air matang sesuai kebutuhan.

Cara membuat :

  • Masak daging ayam, wortel, kentang dalam satu panci hingga mendidih. Kemudian masukkan tahu. Jika sudah matang matikan api dan diamkan selama setengah jam.
  • Tambahkan brokoli yang kemudian masak lagi hingga lunak. Jika sudah segera angkat dan dinginkan.
  • Blender sampai benar-benar halus sebelum disajikan buat si kecil.

3. Tim Nasi Jamur

@ cookpad.com

Bahan-bahan :

Menu MPASI 9 bulan selanjutnya ada tim nasi jamur dengan bahan beras 20 gram, daging ayam cincang 30 gram, tahu cincang 20 gram, keju parut, jamur dipotong kecil seberat 20 gram, dan 25 gram tomat yang dicincang. Jangan lupa siapkan juga 650 mL air.

Cara membuat :

  • Masak beras bersamaan dengan daging ayam serta tahu hingga mengental.
  • Tambahkan potongan jamur dan tomat hingga matang.
  • Masukkan keju parut dan terus aduk sampai rata.
  • Sajikan pada buah hati saat sudah didinginkan.

4. Finger Food Sayur dan Tahu

@ tambui.me

Bahan-bahan :

Bunda siapkan sepotong tahu, satu jagung manis, 3 buah buncis yang nanti dipotong-potong, 1/3 bagian wortel, serta kentang ambil ½ bagian saja.

Cara membuat :

Pastikan semua bahan telah dicuci bersih sebelum dimasak. Kemudian masukkan semua bahan sayuran pada alat kukusan. Kukus hingga semua bahan matang. Angkat dan diamkan hingga dingin. Berikan pada bayi saat sudah didinginkan.

Bunda bisa berikan menu sayuran kukus ini kepada si kecil berselang seling dengan MPASI 9 bulan lain seperti bubur, ikan ataupun daging. Mudah kan bunda? Apalagi semua bahan yang bunda butuhkan pada menu ini ada semua di RegoPantes.

5. Pepes Tahu dan Salmon

@ cookpad.com

Dengar namanya, bunda jangan bayangkan makanan pedas ya. Ini beda bun, kreasi pepes buat si kecil deh pokoknya dan dijamin buah hati suka.

Bahan-bahan :

Ikan salmon cincang secukupnya, 2 buah tahu putih dihancurkan, sebuah wortel yang diparut, dan 1 cube keju.

Bahan bumbu :

Daun salam 1 lembar, daun jeruk 2 lembar, serai 1 batang, ½ ruas lengkuas digeprek, daun seledri, bawang merah dua siung dihaluskan, bawang putih satu siung, kemiri sangrai satu buah, bawang Bombay cincang halus.

Cara membuat :

  • Campurkan tahu yang sudah dihancurkan dengan wortel, salmon, seledri, bawang bombai cincang, keju, dan bumbu halus. Aduk semuanya hingga tercampur rata.
  • Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas.
  • Setelah semua tercampur rata, bungkus dengan daun pisang agar ada rasa gurih. Bila tak ada bisa gunakan mangkuk berbahan kaca. Kukus selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah matang angkat dan dinginkan. Berikan kepada bayi pepes tahu salmon ini bersama bubur tim.

Baca Juga : 10 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan, Bagus Buat Diet lho!

6. Ayam Ubi Tumbuk

@ mama24.bg

Bahan-bahan :

Persiapkan ubi secukupnya, ayam kampung, telur, serta mentega. Bunda bisa mengkreasikan olahan ini jadi dua versi berikut.

  • Rebus ayam kampung sampai lunak, kemudian cincang atau giling sampai lebih halus. Tambahkan ubi yang sudah dikukus dan dihaluskan. Berikan dua bahan tersebut untuk si kecil.
  • Kreasi kedua bisa dengan menjadikan sebagai finger food. Buat adonan jadi berbentuk lonjong, kemudian dicelupkan pada kocokan telur. Lalu goreng dengan sedikit mentega.

7. Muffin Brokoli

@ resepkoki.id

Bahan-bahan :

Brokoli, telur, potongan keju, yoghurt, minyak, tepung self-raising, serta garam secukupnya.

Cara membuat :

  • Kukus brokoli hingga empuk. Kemudian campur yoghurt, telur, minyak dan brokoli yang sudah dikukus dan dicacah halus dalam satu wadah. Tambahkan juga parutan atau potongan keju.
  • Aduk di wadah lain tepung self-raising dan garam yang sudah diayak dengan garpu. Kemudian masukkan adonan basah sebelumnya jadi satu dan aduk rata.
  • Ingat ya bunda, aduk jangan terlalu kuat agar adonan muffin tak jadi gagal mengembang.
  • Bila adonan terlalu kering bisa tambahkan susu dan aduk lagi.
  • Tuangkan dua sendok adonan pada loyang muffin yang sudah diolesi mentega atau minyak. Panggang selama 15 menit sampai permukaannya mantul dan berwarna emas kecokelatan.

8. Kue Mangkok Beras Merah

@ tribunnews.com

Bahan-bahan :

Beras merah, tepung kanji, santan, gula dan garam secukupnya.

Cara membuat :

  • Haluskan beras merah hingga jadi tepung, tuangkan air mendidih dan aduk sampai menggumpal.
  • Tambahkan tepung kanji, gula, serta garam. Kemudian santan panas.
  • Aduk campuran adonan dan masak kembali hingga mengental.
  • Tuang adonan pada cetakan kue mangkuk yang telah diolesi minyak goreng sampai ¾ bagian cetakan. Kukus selama 10 menit.
  • Sementara itu buat adonan tepung kanji, tepung beras, serta santan dan garam. Lalu tuangkan ke atas kue yang sudah dikukus.
  • Kukus kembali selama 15 menit.

Bagaimana bunda, menarik bukan 8 kreasi menu MPASI 9 bulan di atas? Pasti si kecil akan suka dengan aneka olahan tersebut. Bunda juga memberikan menu terbaik pada si kecil dengan hasil olahan tangan bunda sendiri yang pastinya diketahui kebersihan dan bahan-bahan berkualitas yang digunakan. Maka dari itu bunda bisa percayakan aneka bahan Mix MPASI pada RegoPantes buat si kecil.

Bila menginginkan bahan sayur dan buah lain untuk kreasi MPASI 9 bulan, bunda juga akan dapatkan beragam sayuran dan aneka buah yang ada di RegoPantes. Soal harga sih bunda tak usah khawatir, setiap harga produk yang tertera pada situs atau aplikasi RegoPantes, semuanya sudah free ongkir.

Jadi dijamin sampai rumah tanpa tambahan biaya antar lagi. Barang yang dijual apalagi, dijamin kualitas bagus dan segar karena memang langsung diambil dari para petani lokal. Kurang apalagi sih bunda? Tentu ini pas banget buat para bunda di kawasan yang memiliki mobilitas tinggi seperti Jabodetabek. RegoPantes hadir untuk melayani kebutuhan produk pertanian yang fresh di kawasan ini.

1K Shares

You Might Also Like