Inspirasi Kesehatan

Dianggap Menyehatkan, Ada Bahaya Buah dan Sayur yang Tak Disadari, Ada Yang Ancam Kesehatan Ginjal

bahaya buah

@medium.com

Banyak orang beranggapan jika buah dan sayur adalah makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Hal ini sebenarnya memang benar mengingat nutrisi sayur dan buah yang dibutuhkan tubuh. Namun, rupanya tak selalu demikian, ada beberapa jenis buah yang dianggap baik untuk kesehatan namun justru mengandung bahaya tersembunyi. Buah apa saja itu?

1. Apel

Apel sering digunakan sebagai buah-buahan untuk diet. Namun, ada bahaya buah apel yang seringkali tak disadari. Untungnya, bahaya tersebut tak ada pada daging buah atau kulitnya, melainkan pada bijinya. Biji apel mengandung cyanogenic glycoside atau sianida dalam jumlah kecil. Karenanya, jika tak sengaja menelan biji apel mungkin Anda akan merasakan gejala keracunan seperti mual, muntah, pusing dan berkeringat dingin.

2. Bayam

Kaya akan zat besi yang dikenal baik untuk kesehatan, banyak orang memasukkan bayam sebagai menu hariannya. Namun, rupanya bayam juga mengandung asam oksalat yang merugikan. Asam oksalat mengikat kalsium sehingga tak bisa dimanfaatkan tubuh. Selain itu, asam oksalat juga berpotensi menimbulkan kristal pada lambung serta membentuk batu ginjal. Namun, Anda tak perlu risau jika tak memakan bayam setiap hari atau hanya memakannya dalam jumlah wajar.

Baca Juga : Malas Konsumsi Buah dan Sayur Saat Hamil? Cek Dulu Resikonya!

3. Jengkol

Jengkol mengandung asam jengkolat yang dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Namun, hal ini tak berlaku untuk semua orang karena tergantung dengan kerentanan tubuh terhadap asam jengkolat.

4. Kentang

Kentang, terutama  kentang yang memiliki bercak hijau atau bertunas memiliki kandungan solanin yang dapat menimbulkan keracunan. Oleh karenanya, pastikan dahulu kualitas kentang sebelum mengolahnya.

5. Seledri

Sering dijadikan bahan penyedap masakan, seledri rupanya tak baik dikonsumsi terlalu sering. Seledri mengandung psoralen dari golongan kumarin yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari jika dikonsumsi terlalu sering.

Itulah tadi deretan sayur dan buah yang sering dianggap menyehatkan tapi nyatanya memiliki resiko bagi tubuh. Selain memperhatikan jenis buah san sayur yang dikonsumsi, kualitas buah dan sayur juga harus diperhatikan agar nutrisi buah yang didapatkan oleh tubuh maksimal.

nutrisi sayur, nutrisi buah

@merdeka.com

Ingin mencari manfaat sayuran dan buah-buahan yang maksimal? Percayakan semuanya pada RegoPantes. RegoPantes membantu Anda menemukan kebutuhan dapur berkualitas dengan harga pantas. Bukan hanya itu saja, RegoPates juga memberikan beragam promo menarik berupa diskon, potongan harga hingga produk gratis. Menariknya, membeli di RegoPantes juga membantu mengangkat perekonomian petani lokal. Jadi, dimana lagi bisa membeli sekaligus membantu?

You Might Also Like