Inspirasi Kesehatan

Beras Hitam, ‘Beras Terlarang’ dari Cina yang Kaya Manfaat

Beras hitam termasuk ke dalam jenis Oryza sativa L. Jenis padi indica. Beras hitam mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia sejak tahun 1990-an. Namun, ternyata beras hitam telah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu oleh keluarga kerajaan Cina.

Beras hitam  awalnya hanya disajikan untuk keluarga kerajaan, kaisar dan keluarga elit pada saat itu. Sehingga, masyarakatnya menjuluki beras hitam sebagai ‘beras terlarang’. Namun seiring berkembangnya zaman, beras hitam kini tidak lagi ‘terlarang’.

Kepopuleran beras hitam semakin menanjak karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya jauh lebih banyak daripada beras putih yang biasa dikonsumsi. Nutrisi ini didapat dari proses pengolahan beras hitam yang tidak melewati proses pemutihan.

Dilansir dari laman yang dilansir oleh Dr.Axe, beras terlarang ini punya kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk melawan berbagai jenis penyakit.

Tak hanya itu, beras hitam juga kaya manfaat lain, seperti serat yang tinggi, kandungan anti-inflamasi dan kemampuan untuk membantu menghentikan perkembangan diabetes, kanker, penyakit jantung hingga kenaikan berat badan.

Kandungan nutrisi di dalam ¼ cup beras hitam antara lain:

  • 156 kalori
  • 32 gram karbohidrat
  • 4 gram protein
  • 1,5 gram lemak
  • 2,3 gram serat
  • 0,7 milligram iron

Berikut adalah berbagai manfaat beras hitam:

 1. Kaya antioksidan

Warna hitam pada beras hitam merupakan salah satu bentuk kandungan antioksidan di dalamnya. Di dalam beras, antioksidan terdapat di dalam lambung dedak beras, yang pada beras hitam tidak dihilangkan. Sehingga antioksidan di dalamnya dapat dimanfaatkan oleh tubuh ketika dikonsumsi.

Warna hitam yang kaya antioksidan ini juga dapat ditemui pada beberapa jenis buah lain dengan warna serupa, seperti blackberries, blueberries,da cranberries. Ketiganya, merupakan jenis buah dengan kandungan antioksidan tinggi.

Beras hitam juga dinilai merupakan jenis beras yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

2. Menjaga kesehatan jantung

Riset membuktikan, beras hitam dapat mengurangi plak aterosklerotik pada ateri. Hal ini merupakan bagian terpenting untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Kandungan anthocyanin di dalam beras hitam dapat menjaga tubuh dari serangan kolesterol jahat, dengan cara menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam darah agar tetap seimbang.

3. Membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh

Penelitian yang pernah dilakukan memperlihatkan, mengganti konsumsi beras putih dengan beras hitam dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk detoksifikasi dan membersihkan hati dari kandungan berbahaya yang diserap tubuh.

Hal ini didapatkan dari manfaat antioksidan yang tinggi yang dimiliki beras hitam. 

Kandungan fitonutrien di dalam beras hitam juga dapat membantu tubuh dalam melawan kandungan-kandungan buruk yang masuk ke dalam tubuh yang dapat memberikan efek buruk pada kesehatan.

4. Menurunkan kadar gula di dalam darah

Dibandingkan dengan konsumsi karbohidrat dari beras yang telah melewati proses pemutihan seperti beras putih, mengkonsumsi karbohidrat murni seperti beras hitam akan jauh lebih baik untuk tubuh.

Proses pemutihan itu sendiri akan mengikis kandungan serat, antioksidan dan beberapa nutrisi lain di dalam beras. Sedangkan kandungan tersebut sangat baik untuk mempersingkat proses pelarutan gula di dalam darah.

5. Kaya serat dan meningkatkan metabolisme tubuh

Beras hitam memiliki kandungan serat yang sangat banyak dalam setiap sajiannya. Serat ini memiliki manfaat dalam proses pencernaan dan menghalangi berbagai gangguan pencernaan.

Serat di dalam beras hitam ini juga dapat mengurangi diare. Kandungan serat yang banyak ini juga akan memberikan efek kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya. Hal ini karena metabolisme yang dihasilkan lebih banyak untuk kandungan serta yang tinggi tadi.

Beras hitam, beras terlarang yang kaya manfaat ini bisa kamu dapatkan di RegoPantes. Beras hitam di RegoPantes dibudidayakan secara organik dan sudah terbukti kualitasnya dengan perolehan sertifikat dari lembaga terkait. Belanja di RegoPantes juga dilakukan langsung dengan petaninya, sehingga petani mendapatkan harga pantas untuk setiap produk yang dibudidayakannya.

You Might Also Like