Inspirasi

Manfaatkan Beras Menthik Wangi, 5 Olahan Unik Pengganti Nasi Ini Akan Hapus Bosan!

beras menthik wangi

@ masakapaya.com

Nasi merupakan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Eratnya konsumsi nasi di negara kita, tentu tidak lepas dari penghasilan masyarakat yang lebih banyak didapat dari sektor pertanian berupa beras yang beragam. Salah satu jenis beras yang terkenal dan banyak disukai adalah beras menthik wangi.

Sesuai namanya, beras ini memiliki aroma yang wangi dan nasi yang pulen saat dimasak. Untuk membeli menthik wangi dengan harga terjangkau dan mudah, anda bisa membelinya secara online di RegoPantes. Selain menthik wangi tersedia juga beragam beras lainnya yang bisa dipilih sesuai selera. Langkah pemesanan di RegoPantes cukup mudah. Anda tinggal melakukan pemesanan lalu tunggu barang sampai ke tujuan.

Beras yang dijual di RegoPantes memiliki kualitas dan mutu yang baik sehingga cocok untuk diolah menjadi nasi ataupun olahan pengganti nasi yang sehat bagi keluarga. Selain beras, anda juga bisa mencukupi kebutuhan pangan anda akan buah serta sayuran yang segar dan pastinya sehat dikonsumsi.

Aneka Olahan Beras Menthik Wangi Pengganti Nasi

Bagi anda yang ingin membuat olahan lain selain nasi untuk konsumsi keluarga dari beras menthik wangi, bisa mencoba beberapa variasi olahan yang berikut ini:

1. Buras

@ okezone.com

Buras atau yang dikenal juga dengan burasa adalah olahan beras yang berasal dari Makasar. Makanan olahan pengganti nasi ini memiliki rasa yang gurih serta aroma yang khas. Langkah pembuatan burasa bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah sehingga bisa juga anda coba di rumah.

Beras diaron dengan santan serta bumbu yang lain. Selanjutnya bungkus dengan daun pisang, bentuk persegi agak pipih lalu diikat dengan tali. Bungkusan beras tersebut direbus hingga benar-benar matang. Jika sudah, anda bisa menyajikannya untuk keluarga. Jangan tanya rasanya ya, karena sudah pasti enak, gurih apalagi jika soto makassar dijadikan sebagai pelengkapnya.

2. Ketupat

@ tirto.id

Ketupat menjadi salah satu olahan pengganti beras yang cukup familiar. Olahan jenis ini bahkan bisa ditemui di seluruh Indonesia. Meski demikian, tidak semua daerah menamakan olahan ini dengan nama ketupat. Beberapa nama lain dari ketupat adalah, topat (sasak), Tipat (Bali), kupat (Sunda) dan lain-lain.

Untuk membuat ketupat anda bisa melakukannya dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Jika sudah, anda bisa membungkus beras menthik wangi dengan anyaman daun kelapa muda lalu dibentuk sedemikian rupa. Anda bisa membentuknya dengan bentuk bersudut 6 atau bersudut 7. Hidangan ini banyak disajikan pada acara-acara besar ataupun acara keluarga.

Baca juga : Bebas Kimia, Ini Dia Ragam dan Manfaat Beras Organik yang Harus Diketahui

3. Lemang

@ merahputih.com

Selain membuat olahan pengganti nasi dari beras menthik wangi, anda juga bisa membuat lemang dari beras ketan. Olahan pengganti nasi ini berasal dari suku Dayak. Meski demikian, anda juga bisa menemukannya di berbagai daerah lain yang ada di Indonesia. Lemang umumnya disajikan ketika acara tahun padi digelar. Acara ini merupakan perayaan yang dilakukan setelah masyarakat memanen padi mereka.

Lemang bisa dibuat dengan mencampurkan beras ketan dengan santan lalu dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya, olahan lemang dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar ke dalam perapian. Perpaduan bahan pembuatan dan cara mengolahnya dengan dibakar inilah yang membuat lemanng memiliki aroma yang enak.

4. Lontong

@ resepkoki.id

Beras menthik wangi juga bisa diolah menjadi lontong. Lontong merupakan olahan nasi yang berkembang di Jawa. Cara membuat lontong juga sederhana. Caranya adalah dengan cara menyiapkan beras lalu dibungkus dengan daun pisang selanjutnya kukus selama beberapa jam dan tunggu hingga matang.

Lontong memiliki aroma yang khas dan bisa dijadikan dengan ragam lauk sebagai pendampingnya. Di jawa, anda masih bisa menemukan penjual lontong sate, lontong sayur dan lain-lain dengan mudah.

5. Pali-pali

@ indonesiakaya.com

Olahan beras pengganti nasi selanjutnya adalah pali-pali. Sajian ini berasal dari Ternate, Maluku Utara. Pali-pali umumnya makanan yang diperuntukkan bagi pasa sultan, bahkan menjadi favorit di kalangan kesultanan. Makanan ini memiliki bentuk yang lonjong dan bulat. Meski hampir mirip dengan lontong namun pali-pali tidak dibuat dengan bungkus daun pisang melainkan dengan daun lontar.

Cara membuat pali-pali, bisa dilakukan dengan memasukkan beras ke dalam anyaman daun lontar lalu kukus selama kurang lebih 1,5 jam. Pali-pali sangat nikmat disantap dengan gohu ikan ataupun jenis lauk yang lain.

Ragam olahan di atas merupakan pengganti nasi yang bisa anda coba di rumah. Ada banyak sekali ragam atau variasi yang membuat anda juga keluarga terhindar dari kebosanan karena terus bertemu dengan nasi setiap harinya. Selain dari beras menthik wangi, anda juga bisa membuat olahan nasi dari jenis beras yang lain atau bahkan beras ketan sekalipun. Anda tinggal sesuaikan sendiri jenis beras yang dipunya dengan selera pribadi juga keluarga.

Dibandingkan beras yang biasa, menthik wangi memiliki tekstur yang lebih pulen serta aroma yang nikmat. Menthik wangi juga memiliki nutrisi yang tinggi sehingga cocok bagi anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Beras menthik wangi juga berkhasiat dalam menurun kadar gula dalam darah sehingga bagus untuk penderita diabetes. Untuk mendapatkan beras ini, anda bisa menemukannya secara online di RegoPantes.

RegoPantes menyediakan beras menthik wangi dengan ragam beras yang lain, tanpa anda perlu keluar rumah untuk membelinya. Anda tinggal melakukan pemesanan di nomor pemesanan yang tersedia lalu pesan segala kebutuhan yang ingin anda cukupi. Sangat wajib Anda ketahui bahwa semua beras yang tersedia di RegoPantes adalah beras organik. Ditambah lagi semua produk pangan yang dijual asli didatangkan dari petani langsung.

Selain beras, RegoPantes juga menyediakan banyak pasokan buah dan sayur segar bagi anda sekeluarga. Anda yang belanja di RegoPantes akan dimanjakan dengan free ongkir hanya dengan pembelian 4 kg, kurang menarik apalagi coba? Yuk, buruan belanja hemat dan praktis di RegoPantes!

0 Shares

You Might Also Like