Inspirasi Resep Tips

Kelebihan dan Tips Memasak Beras Menthik Wangi yang Tepat, Cocok untuk Beragam Olahan

@ abcnoticias.mx

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Beras sendiri memiliki jenis yang cukup beragam dengan harga yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tinggal Anda pilih sendiri jenis beras mana yang sesuai selera lidah dan pastinya cocok di kantong. Adapun salah satu jenis beras yang bisa dicoba adalah beras menthik wangi.

Beras yang satu ini cukup populer di masyarakat dan telah dijual di beragam tempat, sehingga mudah untuk didapat.  Tertarik membeli beras menthik wangi yang sehat dan terjangkau? Anda bisa langsung berkunjung di situs belanja RegoPantes.

Kelebihan Beras Menthik Wangi

Beras menthik wangi memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis beras yang lain. Kelebihan tersebut bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan, dalam pemilihan beras sesuai dengan keinginan.

1. Rasanya Enak dan Pulen

Beras menthik wangi memiliki rasa yang enak dan pulen. Dengan rasanya yang demikian, tidak heran jika jenis beras yang satu ini banyak membuat orang tertarik untuk mencobanya serta menjadikannya sebagai beras konsumsi yang difavoritkan.

2. Lebih Selera untuk Makan

@ minews.id

Dengan rasa yang enak dan tekstur yang pulen, maka selera makan juga akan tergugah. Tidak heran jika jenis beras yang satu ini dapat dijadikan sebagai teman penikmat selera makan di meja makan.

3. Aman Dikonsumsi

Keunggulan lain dari beras menthik wangi adalah aman untuk dikonsumsi. Bahkan bagi Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi sekalipun. Bagi yang menderita gangguan hipertensipun bisa mengonsumsi jenis beras yang satu ini. Beras menthik wangi juga mudah ditemukan di sekitar Anda lantaran banyak pedagang beras yang tertarik meperjualbelikannya.

Baca juga : Manfaatkan Beras Menthik Wangi, 5 Olahan Unik Pengganti Nasi Ini Akan Hapus Bosan!

Resep Olahan dari Beras Menthik Wangi

Membuat makanan enak dan lezat bagi keluarga, bisa Anda lakukan dengan bahan yang sederhana, dimana salah satunya adalah dari beras. Beras menthik wangi pun, bisa Anda olah sesuai dengan kebutuhan seperti jenis olahan berikut ini.

Nasi Liwet

@ romadecade.org

Membuat nasi liwet yang enak bisa dilakukan menggunakan beras menthik wangi. Nasi liwet sendiri dibuat dengan menyertakan air yang cukup banyak. Hal ini dilakukan supaya tekstur nasi berubah menjadi lebih empuk. Jenis olahan beras yang satu ini hampir mirip dengan bubur namun lebih kental.

Jika tertarik membuat nasi liwet, Anda bisa menambahkan beberapa jenis lauk lainnya seperti ikan goreng, sambal, sambal kentang ati, ayam suwir dan lauk berasa pedas gurih lainnya sesuai selera.

Arem-arem

@ craftlog.com

Selanjutnya adalah olahan nasi lainnya yang banyak difavoritkan tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak. Adalah arem-arem yang merupakan jenis makanan yang bisa ditemukan pada hajatan atau acara-acara tertentu.

Jenis makanan tradisional yang satu ini dibuat dengan memasukkan beragam jenis isian. Beberapa diantaranya adalah orek tempe, suwiran ayam, kentang ati ataupun jenis isian yang lain.

Makanan khas Jawa ini juga seringkali diberi tambahan berupa irisan telur sebagai lauknya. Cara membuat arem-arem dari menthik wangi adalah dengan menanak nasi hingga setengah matang. Jika sudah, Anda bisa meletakkan nasi tersebut secukupnya di atas daun pisang. Masukkan isian yang diinginkan, lalu digulung. Langkah berikutnya adalah dengan mengukusnya hingga matang.

Makanan yang satu ini juga cocok untuk dijadikan sebagai bekal perjalanan. Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsinya secara mudah seperti saat makan pisang. Cukup praktis bukan?

Tips Memasak Beras Agar Pulen dan Enak

Agar beras yang Anda masak bisa lebih pulen dan wangi saat disantap, ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Beragam tips yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

1. Perbandingan Beras yang Harus Tepat

@ fajrifm.com

Anda harus tahu jika nasi bisa sangat lembek sehingga kurang enak saat dimakan jika airnya kebanyakan. Hal ini juga akan berlaku sebaliknya, nasi bisa saja masih keras jika airnya kurang. Inilah kenapa, penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan takarannya.

Anda bisa menggunakan rasio 1 banding 2, 1 untuk beras dan 2 untuk airnya. Segelas beras, bisa Anda masak dengan 2 gelas air. Beda lagi jika Anda memasak jenis beras yang pera. Jenis beras ini membutuhkan lebih banyak air saat dimasak.

2. Cuci Maksimal 3 Kali

@ idntimes.com

Berapa kali pencucian beras juga harus diperhitungkan. Akan lebih baik, jika Anda mencuci beras sebanyak 3 kali. Apalagi jika beras yang Anda masak adalah jenis beras organik. Pencucian sebanyak 3 kali dilakukan agar serat dalam beras tidaklah hilang.

Tips bagi Anda yang menggunakan panci anti lengket dalam menanak nasi, akan lebih baik jika Anda melakukan pencucian di wadah yang berbeda. Jangan sampai lapisan anti lengket bisa tergores ketika Anda mencuci beras.

3. Masak Selama Kurang Setengah Jam Lalu Aduk

@ himedik.com

Tips yang berikutnya adalah dengan memasak beras selama kurang lebih setengah jam lalu diaduk. Jangan lupa untuk menggunakan api yang sedang atau kecil saja. Beda lagi, jika Anda menggunakan rice cooker. Jika menggunakan rice cooker, Anda tinggal menunggu tombol cooknya menjadi warm. Meski demikian, Anda harus tahu jika kualitas dari rice cooker juga turut dalam menentukan kualitas nasi yang ditanak.

4. Tambahkan Bumbu Ekstra

@ masakapahariini.com

Anda bisa menambahkan bumbu ekstra supaya beras yang ditanak harum baunya. Untuk menimbulkan rasa gurih, Anda bisa menambahkan garam ke dalam nasi yang diolah. Bisa juga Anda menambahkan minyak beberapa tetes entah minyak kelapa ataupun minyak zaitun sesuai dengan selera.

Selain itu, Anda juga bisa memberi tambahan berupa daun pandan untuk menghasilkan aroma wangi yang menggugah selera. Namun, jika Anda menggunakan beras menthik wangi, maka tidak perlu diberi tambahan ekstra lantaran aromanya yang telah harum dan pastinya pulen.

Tertarik membeli beras menthik wangi? Anda bisa langsung berkunjung di situs belanja RegoPantes. Bukan hanya menthik wangi, Anda juga bisa melakukan pemesanan beragam jenis beras lainnya yang dapat dipilih sesuai dengan selera.

Langkah pemesanan di RegoPantes, juga sangat mudah, bahkan bagi para pemula sekalipun. Tanpa perlu keluar rumah, Anda sudah bisa mendapatkan beras sesuatu dengan keinginan dan yang pasti murah dan berkualitas. Kelebihan membeli beras di RegoPantes adalah kualitas serta mutunya yang baik. tidak heran jika beras tersebut bisa diolah sebagai sumber karbohidrat dan energi yang sehat bagi keluarga.

Selain beras, Anda juga bisa membeli beragam jenis sayur serta buah-buahan yang Anda butuhkan. Bukan hanya berasnya, buah dan sayur di RegoPantes juga dijual dengan harga yang terjangkau sehingga hemat di kantong. Jadi tunggu apalagi, segera belanja praktis dan hemat di RegoPantes.

You Might Also Like