Inspirasi Kesehatan Tips

Beras untuk Sushi Tak Harus dari Jepang, Begini Tips Mudah Menyiasatinya

@ puntarellarossa.it

Sushi merupakan makanan populer yang berasal dari negara Jepang. Di Indonesia sendiri sushi banyak digemari dan bisa ditemukan di berbagai restoran ala Jepang. Meski demikian, dengan memanfaatkan beras untuk sushi bisa dilakukan demi mendapatkan sushi kreasi sendiri di rumah. Sushi versi sendiri, membuat anda bisa mencoba masukkan beberapa bahan favorit ke dalamnya.

Untuk membeli bahan pembuatan sushi, anda tidak harus menggunakan beras asli Jepang namun bisa juga mengandalkan penggunaan jenis beras lokal. Selain soal beras untuk sushi, pembuatannya juga tak bisa asal-asalan. Karena ada teknik, tips, bahkan juga cara tepat memakan sushi ini.

Membuat Shushi dengan Beras Lokal

Bagi anda yang tertarik membuat sushi dengan beras lokal di rumah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar nasi bisa lengket seperti nasi sushi Jepang. Berikut tips yang bisa dilakukan.

  1. Cara yang pertama anda bisa menggunakan beras lokal Beras untuk sushi satu ini memiliki tekstur yang pulen dan lembut. Agar mudah untuk dibuat sushi, anda bisa mencampurkan beras ini dengan beras ketan. Adapun perbandingannya adalah 10:1. 10 untuk beras lokal dan 1 untuk beras ketan.
  2. Selanjutnya anda juga bisa menyiasati beras agar lengket dengan cara menambahkan gula. Selain itu, anda juga bisa merendam beras dengan air sebelum kemudian dimasak.
  3. Cara menggunakan beras untuk sushi versi lokal yang selanjutnya adalah dengan menambahkan bubuk agar-agar instan. Namun pastikan untuk memilih bubuk agar-agar yang berwarna putih dan transparan.

Bagi para penggemar kuliner Jepang, membuat sushi sendiri di rumah tentu sangat mengasikkan. Selain itu, anda juga bisa membuat sushi halal versi sendiri yang tentunya tanpa harus menggunakan mirin atau sake manis.

Manfaat Mengonsumsi Sushi

@ modenatoday.it

Makanan yang populer karena kelezatan dan bentuk unik ini ternyata juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Maka dari itu, tidak heran bila banyak yang menggemari makanan asal Jepang ini. Berikut beberapa manfaat sushi yang baik bagi kesehatan.

1. Membangun otot

Sushi kaya akan protein sehingga dapat membantu untuk memiliki fungsi otot yang sehat. Konsumsi sushi sangat baik dilakukan setelah anda berolahraga angkat beban. Meski demikian, tidak sembarang sushi memiliki manfaat ini namun pilihlah sushi yang dibuat dari ikan seperti tuna dan salmon. Hindari sushi dari ikan renyah atau yang digulung dengan udang.

2. Membantu menjaga berat badan

Kebanyakan sushi memiliki kalori yang rendah sehingga bagus untuk menurunkan berat badan anda. Untuk memberikan hasil yang maksimal, anda bisa memilih sushi yang kaya akan campuran wortel, mentimun ataupun jenis sayuran yang lain serta tidak diberi tambahan berupa krim.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat sushi yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. sushi yang digulung dengan sayuran tentunya sehat dan kaya akan antioksidan. Alhasil, sushi bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat anda terhindar dari beragam gangguan jenis penyakit.

Untuk hasil yang lebih baik, anda bisa memilih sushi yang dibuat dengan rumput laut. Rumput laut mengandung sejumlah mineral termasuk juga yodium, tembaga juga magnesium. Kandungan mineral tersebut tentu sangat berguna bagi tubuh.

4. Meningkatkan energi tubuh

Manfaat sushi yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi. Beberapa gulungan sushi disajikan dengan biji-bijian seperti halnya beras merah. Beras merah yang dimakan bersamaan dengan ikan mampu meningkatkan energi bagi tubuh. Sayuran pada sushi juga menambah karbohidrat yang diperlukan.

Baca juga : 7 Alasan Beras Merah Lebih Juara untuk Program Diet, Cek Manfaatnya!

5. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Banyak sekali sushi yang dihidangkan dengan cuka beras yang bersahabat dengan perut serta tidak menyebabkan kembung. Hal ini bagus untuk membantu pencernaan agar tetap lancar. Namun ingat untuk tidak memesan sushi yang disiram dengan saus manis dan kecap yang justru menghilangkan manfaat sehat dari sushi itu sendiri.

Cara Sehat Makan Sushi

@ baomoi.com

Untuk mendapatkan manfaat sushi seperti di atas, ada baiknya anda perhatikan beberapa cara sehat makan sushi di bawah ini.

  • Sashimi adalah pilihan yang lebih sehat serta rendah kalori untuk mengonsumsi sushi. Untuk jenis ikannya, anda bisa memilih tuna dan ikan salmon yang memiliki protein tinggi
  • Hindari konsumsi sushi dengan banyak topping seperti keju dan mayonaise yang memiliki banyak kandungan lemak di Jika ingin mendapatkan asupan sehat dari sushi, ada baiknya anda hindari topping ini.
  • Sushi bukan untuk asupan rutin namun cukup rekreasional saja
  • Cari restoran Jepang yang memiliki reputasi baik dan dikenal bersih dalam menjaga makanannya. Restoran yang memiliki reputasi baik adalah restoran yang memenuhi standar keamanan bagi makanannya. Sehingga makanan yang mereka sajikan terjaga kualitasnya.
  • Gunakan bahan pencelup sushi hanya untuk penguat rasa. Bahan seperti saus miso, shoyu dan bubuk cabai bisa membuat asupan sodium anda berlebihan.

Bagi anda yang ingin mendapatkan sushi sehat, anda bisa membuat sushi sendiri di rumah. Apalagi, anda bisa mengontrol ragam jenis bahan yang ingin anda masukkan ke dalam sushi anda. Pastikan anda menghindari ragam asupan tidak sehat dan menggantinya dengan bahan yang bernutrisi tinggi.

Pembelian beras untuk sushi versi lokal serta bahan lainnya, bisa dilakukan di RegoPantes. Situs ini merupakan situs belanja produk pangan organik lengkap dengan harga yang terjangkau. Selain beras, ada pula buah serta sayuran segar yang siap berpindah ke tangan konsumen langsung dari petani dengan langkah pemesanan yang mudah.

Semua beras, sayur, buah organik di RegoPantes berasal dari petani langsung. Sehingga jaminan kualitas dan harga memuaskan konsumen. Pembelian bisa disesuaikan kebutuhan anda. Bahkan dengan pembelian minimal order di RegoPantes, pengiriman akan bebas biaya tambahan untuk anda. Bagi anda yang berada di kawasan Jabodetabek, jangan sia-siakan belanja murah dan praktis di RegoPantes!

You Might Also Like