Inspirasi

Gemar Mengkonsumsi Buah Potong? Ketahui Dulu Cara Memotongnya Agar Nilai Gizinya Tak Hilang

buah potong

@tumblr.com

Suka makan buah? Bagaimana cara Anda memakannya? Langsung beserta kulitnya atau mengupasnya terlebih dahulu dan memotongnya kecil-kecil? Sebenarnya, sah-sah saja Anda langsung memakan buah bersama kulitnya atau memotongnya terlebih dahulu. Yang penting, langkah yang Anda lakukan sebelum mengkonsusmsinya sudah benar.

Jika ingin memakan buah tanpa dikupas, Anda perlu mencucinya hingga bersih terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar buah bebas kotoran dan kontaminasi zat kimia. Nah, jika ingin memakan buah dalam bentuk potongan, perhatikan cara memotong buah yang benar agar nilai gizinya tidak hilang.

Akibat Kesalahan Memotong Buah

Banyak orang yang lebih suka mengkonsumsi buah dalam bentuk potongan agar lebih praktis. Umumnya, buah disajikan dalam bentuk potongan ketika ingin mengkonsumsi buah dalam kondisi dingin atau ingin menjadikannya sebagai bekal. Namun,  bagaimana jika cara memotongnya salah?

Cara memotong buah yang salah dapat berakibat pada hilangnya nilai gizi, terutama vitamin, mineral dan kandungan airnya. Vitamin dapat sangat mudah menguap jika terkena panas dan udara. Oleh karena itu, buah di desain dengan ditutupi kulit agar menjaga kandungan vitamin di dalamnya.

Baca Juga : Tak Hanya Menyehatkan, 5 Buah ini Ternyata Juga Ampuh Usir Tanda Penuaan Dini

Buah potong berpotensi kehilangan vitamin C dalam jumlah besar, karena vitamin C sangat mudah bereaksi dengan oksigen. Mangga, stroberi, dan semangka kehilangan 5% vitamin C yang dimilikinya jika disantap dalam bentuk buah potong. Sedangkan kiwi kehilangan 10% dan melon kehilangan vitamin C hingga 20%.

Cara Memotong Buah yang Benar

buah tanpa dikupas, cara memotong buah

@detik.com

Meski banyak resiko memakan buah potong, bukan berarti Anda tak boleh memotong buah sebelum mengkonsumsinya. Anda tetap bisa memotong buah dengan alasan lebih praktis dan mudah dilahap. Namun, ingat untuk menggunakan pisau yang tajam dan bersih untuk mengurangi resiko buah kehilangan vitamin lebih banyak. Pasalnya, air yang keluar saat Anda memotong buah adalah ari yang kaya akan vitamin larut air, sehingga sangat sayang jika dibuang begitu saja.

Selain pisau yang tajam, Anda juga harus memperhatikan cara menyimpan buah. Setelah dipotong, simpan buah dalam wadah kedap udara untuk meminimalisir kontak dengan oksigen. Cara ini mencegah kontaminasi bakteri, sehingga memperlambat proses pembusukan. Selain itu, buah juga tak langsung terpapar oksigen sehingga kadar vitaminnya masih tetap maksimal.

Selain memperhatikan cara mengkonsumsinya, kualitas buah juga tak boleh Anda abaikan. Jika ingin mendapat nilai gizi maksimal buah, Anda harus memastikan kualitas buah yang Anda konsumsi maksimal pula. Buah yang memiliki kualitas maksimal adalah buah baru panen yang dipetik dengan kematangan tepat. Selain itu, buah juga harus langsung didistribusikan tanpa melalui proses penimbunan. Jadi, buah masih 100% segar dan terjaga kandungan gizinya.

Sayangnya, kini mulai sulit menemui buah segar berkualitas lantaran permainan tangan tengkulak. Namun, tak usah khawatir karena RegoPantes siap menjembatani Anda dengan para petani. Buah yang dikirim ke rumah Anda adalah buah baru panen yang dikemas dengan cara tepat sehingga dijamin aman sampai ke tujuan. Anda juga ditawari dengan beragam penawaran menarik seperti gratis ongkos kirim dan potongan harga secara langsung. Tunggu apa lagi? Belanja melalui RegoPantes sekarang dan nikmati segala kemudahannya.

You Might Also Like