Inspirasi Motherhood

3 Cara Jitu Berikan Camilan Sehat Untuk Anak, Badan Sehat dan Anti Rewel Saat Malam

makanan sehat untuk anak

@glitzmedia.co

Si kecil sering terbangun atau rewel di tengah malam? Jangan panik tau marah, cek apakah ia sudah tidur dengan kenyang? Makan malam saja tak cukup untuk membuat si kecil tidur dengan perut kenyang loh!

Anak memiliki ukuran perut yang masih kecil sehingga belum cukup untuk menampung banyak makanan sekaligus. Padahal, anak memerlukan energi yang tak kalah besar dibanding orang dewasa. Hal inilah yang kemudian membuat anak mudah sekali lapar dan terbangun di malam hari.

Mengapa Camilan Sehat untuk Anak Sangat Penting?

camian sehat, cemilan sehat

@helosehat.com

Dalam tubuh anak terdapat dua hormon yang berhubungan dengan rasa lapar, yakni leptin dan ghrelin. Jika anak memakan camilan sehat sebelum tidur, hormon leptin akan mengirim sinyal untuk menekan hormon ghrelin. Imbasnya, tubuh akan dikirim ‘sinyal kenyang’ dan tidur menjadi lebih nyenyak.

Sebaliknya, jika anak tidur dalam kondisi kurang kenyang atau tak memakan camilan usai makan malam, maka hormon ghrelin akan berproduksi lebih banyak. Hal ini akan membuat tidur anak tak nyenyak dan bahkan rewel di malam hari.

Tips Menyajikan Makanan Sehat untuk Anak

Meski sangat disarankan, bukan berarti memberikan camilan pada anak bisa sembarangan. Ada tips-tips tertentu yang harus diperhatikan agar anak terhindar dari resiko kesehatan seperti diabetes dan obesitas.

1. Berikan Setelah Makan Malam

Jangan pernah memberikan anak camilan sebelum makan malamnya. Memberikan si kecil camilan tepat pada jam makan membuat si kecil lebih tertarik ngemil daripada makan. Hal ini tak hanya membuat si kecil lebih cepat lapar, tapi juga membuatnya melewatkan menu makan malam yang lebih kaya nutrisi.

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh, Terbukti Jus Buah Bit Mampu Turunkan Hipertensi!

2. Jangan Berikan Makanan Manis

Banyak orangtua berfikir jika camilan merupakan jenis coklat, permen dan roti. Namun, camilan sehat tidaklah yang demikian. Anda bisa memberikan si kecil beragam jenis buah atau sayur sebagai camilan sehatnya. Memberikan camilan sejenis permen, coklat atau roti manis justru dapat membuat anak kelebihan kadar gula hingga memicu obesitas.

Jika Anda berniat menyajikan buah dan sayur sebagai menu camilan si kecil, pastikan pula Anda sudah memilih sayur dan buah berkualitas. Pasalnya, kualitas sayur dan buah yang kurang baik justru dapat menimbulkan resiko kesehatan serta tak menjamin anak mendapat nutrisi penuh.

Nah, agar usaha memberikan camilan sehat untuk anak berhasil, baiknya Anda memastikan kualitas buah dan sayur terlebih dahulu. Untuk menjaminnya, pastikan saja semuanya pada RegoPantes.com. Regopantes membantu Anda mendapatkan buah dan sayur segar berkualitas dengan harga sangat pantas.

3. Konsisten

Berikan anak camilan dengan waktu yang konsisten. Ajarkan pula pada anak kapan ia boleh memakan camilan dan kapan harus berhenti.

Itulah tadi beragam cara jitu agar anak tidur nyenyak dengan perut kenyang. Ingat, makanan sehat untuk anak sangat penting untuk menunjang tumbuh kembangnya. Jadi, pastikan Anda memberikan kualitas pangan terbaik untuk menjamin tumbuh kembangnya.

You Might Also Like