Inspirasi

Kecanduan Alkohol? Begini Cara Mengatasi Mabuk Serta Menghentikannya

cara mengatasi mabuk, cara berhenti mabuk

@1health.id

Meminum alkohol tentu bukan kebiasaan yang baik. Selain karena cap negatif seorang pemabuk, meminum alkohol ,juga berbahaya bagi kesehatan. Oleh karenanya, sebaiknya stop meminumnya sebelum merasakan bahaya alkohol bagi kesehatan.

Namun, bagaimana jika sudah telanjur mabuk? Adakah cara yang bisa dilakukan agar tubuh segera normal kembali?

Cara Mengatasi Mabuk

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh cepat normal usai meminum minuman memabukkan. Namun, bukan berarti Anda bisa mabuk sesuka hati lalu melakukan beberapa cara berikut agar tubuh tetap di bawah kendali.

1. Telur

Tak hanya akan protein, telur juga kaya akan sistein serta asam amino yang membantu memecah racun dari dalam tubuh. Selain itu, telur memiliki kandungan vitamin B yang mampu mengurangi gejala mabuk.

Baca Juga : Sering Dianggap Makanan Berbahaya, 5 Makanan ini Simpan Manfaat Mengejutkan

2. Air Kelapa

Bukan isapan jempol jika air kelapa dapat menetralkan alkohol. Segala jenis minuman yang memabukkan akan menyerap elektrolit dalam tubuh sehingga peminumnya akan merasa lemas. Inilah mengapa air kelapa bisa menjadi penolong saat mabuk.

3. Jahe

Meminum jahe akan menghentikan sistem pencernaan sesaat. Mengkonsumsi jahe hangat juga akan meringankan mual, pusing serta gejala mabuk lainnya.

4. Jus Tomat

Ketika tubuh terpapar alkohol, hati akan sibuk menetrakannya. Di saat seperti ini kadar gula darah cenderung tubuh sehingga jus tomat mampu menjaga gula darah tetap stabil.

5. Pisang

Tahukah Anda mengapa orang mabuk mengalami gemetar? Rupanya hal ini disebabkan oleh kurangnya kalium dalam tubuh akibat pengaruh alkohol. Oleh karena itu, mengkonsumsi pisang akan membatu kondisi tubuh lebih baik.

Bantu Tubuh Keluarkan Racun

bahaya alkohol

@doktersehat.com

Usai kondisi tubuh lebih baik dan bisa berfikir lebih jernih, baiknya Anda membantu tubuh mengeluarkan racun dengan segera. Caranya cukup mudah, yakni perbanyak minum air putih dan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Namun sayangnya, antioksidan merupakan kandungan yang mudah rusak sehingga Anda hanya bisa mendapat manfaat yang maksimal dari buah serta sayuran segar.

Bingung dimana lapak buah dan sayur segar berkualitas? Tenang, kini ada RegoPantes yang siap membantu Anda menemukan bahan pangan berkualitas. Anda bisa menemukan semua kebutuhan dapur dalam satu tempat, mulai dari beras, bubu, buah hingga sayur.

Keuntungan yang Anda dapat dengan berbelanja di RegoPantes  juga cukup menggiurkan. Ada beragam diskon hingga penawaran gratis ongkos kirim. Menariknya, Anda juga membantu menyejahterakan petani Indonesia jika membeli melalui RegoPantes karena semua bahan pangan yang dijual merupakan hasil panen para mitra tani yang tersebar di berbagai daerah.

Segera Berhenti Meminum Alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman yang dapat menimbulkan kecanduan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk berusaha menghentikannya. Awalnya mungkin tidak mudah, namun keinginan kuat dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Saat keinginan minum muncul, alihkan perhatian Anda. Meminum susu hangat atau memakan keju dapat menunda keinginan Anda untuk mabuk-mabukan. Selain itu, beragam minuman hangat juga bisa menjadi cara berhenti mabuk yang efektif.

You Might Also Like