Inspirasi Tips

Tanpa Kulkas! Begini Cara Menyimpan Sayur Agar Awet Segar

@vacumsealer.id

Sayuran memang menjadi menu yang tak bisa ditinggalkan jika ingin hidup sehat. Sayangnya, sayuran termasuk bahan pangan yang tak bisa disimpan lama. Inilah yang membuat para ibu sering melewatkan sayur dalam menu hariannya karena tak sempat berbelanja ke pasar.

Membeli sayuran dalam jumlah banyak sekaligus dan kemudian menyimpannya dalam kulkas mungkin bisa menjadi solusi praktis agar sayur awet segar. Namun, bagaimana jika tak memiliki lemari es?

Cara Menyimpan Sayur Tanpa Kulkas

cara menyimpan sayur

@merdeka.com

Tahukah Anda jika sebenarnya cara menyimpan buah dan sayur tak melulu memerlukan kulkas. Anda tetap bisa mendapatkan sayuran yang awet segar dengan cara berikut ini.

1. Jangan Cuci Sayuran

Jika sebelum memasak wajib mencuci buah dan sayur, maka lain cerita jika ingin menyimpan sayuran. Mencuci sayur dan buah justru dapat menghapus perlindungan alaminya sehingga sayur lebih mudah diserang bakteri penyebab kebusukan. Selain itu mencuci sayur akan menghilangkan lapisan pelindung sayuran yang justru menyebabkannya mudah layu.

2. Letakkan di Tempat Kering

Menyimpan sayuran yang paling baik adalah di tempat kering. Meletakkan sayuran dengan dibungkus kertas atau tisu cukup membantu untuk menghalau pertumbuhan bakteri penyebab kebusukan.

Baca Juga : Hanya Dengan Buah, Begini Cara Ampuh Kembalikan Stamina Tubuh yang Hilang

3. Simpan di Suhu Ruangan

Beberapa sayur mungkin bisa awet ketika disimpan dalam kulkas. Namun beberapa jenis sayur justru akan rusak jika disimpan dalam kulkas. Sayuran yang lebih awet jika disimpan dalam suhu ruang adalah paprika, mentimun dan tomat. Paprika yang disimpan dalam kulkas akan kehilangan kekenyalannya, Sementara tomat dan mentimun akan berubah menjadi berlendir jika disimpan dalam kulkas terlalu lama.

4. Cara Menyimpan Bawang

Segala jenis bawang lebih awet jika disimpan dalam box gelap. Namun, jika tak memiliki box, Anda bisa memanfaatkan kantong kertas yang diberi lubang kecil sebagai ventilasi.

Masa Simpan Sayuran Tergantung Pada Kualitas

agar sayur awet segar

@baca.co.id

Selain cara menyimpan yang tepat, kualitas sayuran juga tak kalah pentingnya. Sayuran yang segar sudah pasti memiliki masa simpan lebih lama. Oleh karenanya, pastikan Anda selalu membeli sayuran segar berkualitas.

Sulit menemukan sayuran berkualitas? RegoPantes siap membantu Anda. Melalui RegoPantes Anda bisa mendapatkan sayuran segar langsung dari petani. Bukan sembarang sayur segar, melainkan sayur yang sudah melalui quality control yang ketat.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah beraga promo menarik seperti diskon hingga gratis ongkos kirim. Jadi, mulai sekarang belanja sayur dan buah tak perlu lama dan tak perlu takut salah pilih kualitas. Hanya dengan perantara gadget, semua kebutuhan akan langsung diantar ke rumah Anda keesokan harinya.

You Might Also Like