Inspirasi Tips

Kenali Ciri Buah Segar dan Berkualitas Berdasarkan Jenisnya, Jangan Lagi Tertipu Harga!

ciri buah segar, ciri buah berkualitas

@1freewallpapers.com

Buah merupakan kelompok pangan yang banyak diincar karena manfaatnya yang besar untuk tubuh. Namun sayang, tak banyak yang tahu cara memilih buah yang benar sehingga seringkali tertipu harga. Padahal, kualitas buah sangat berkaitan dengan nilai gizi di dalamnya.

Jika Anda memburu manfaat buah, sebaiknya hanya konsumsi buah segar dan berkualitas. Buah yang sudah kehilangan kesegarannya, rentan kehilangan kandungan vitamin. Selain itu, buah yang sudah tak segar juga memiliki rasa yang kurang enak di mulut.

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Buah yang Segar?

cara memilih buah

@pugago.com

Pada dasarnya, memilih buah segar dan berkualitas sangat mudah, hanya saja ciri buah segar antara satu jenis buah dan buah lainnya berbeda. Agar tak lagi salah pilih kualitas, simak tanda-tanda buah masih segar dan berkualitas berikut.

1. Buah Apel

Buah apel yang masih segar dan berkualitas memiliki bau harum, kulit mulus dan kulit cerah tanpa bintik. Jika memungkinkan, tepuk pelan apel menggunakan jari. Jika apel mengeluarkan bunyi nyaring, maka kandungan air di dalamnya masih banyak sehingga bisa dikatakan masih terjaga kesegarannya.

Baca Juga : 5 Jus Buah ini Ampuh Mengatasi Sakit Kepala, Enak dan Mudah Ditemukan

2. Pisang

Pisang yang sudah layak konsumsi pada umumnya berwarna kuning, kecuali beberapa jenis pisang yang memang berwarna hijau meski sudah masak. Pisang yang masih bagus, bagian pangkal dan ujungnya tidak menghitam maupun benyek. Ketika disentuh, pisang tak mudah terlepas dari tandannya. Jika pisang mudah terlepas, berarti pisang sudah terlalu matang dan sangat mudah membusuk.

3. Anggur

Anggur yang baik memiliki tekstur padat, kulit masih kencang serta masih memiliki warna pekat. Hindari memilih anggur yang sudah terlepas dari tangkainya. Jangan pernah memilih anggur yang memiliki bercak putih karena menandakan anggur sudah ditumbuhi jamur.

4. Jeruk

Pernah membeli jeruk dengan harapan merasakan manis segar tapi justru mendapat jeruk berasa asam? Jika iya, mungkin Anda salah memilih jeruk. Jika ingin mendapat jeruk yang manis segar, pilihlah jeruk yang memiliki kulit halus serta pori besar dan jelas. Jika perlu, tancapkan kuku ibu jari pada bagian tengah jeruk (bekas tangkai buah), jika bagian ini sudah lunak maka jeruk sudah matang dan siap dikonsumsi.

5. Semangka

Seringkali orang tak tahu bagaimana cara memilih semangka. Alhasil, setelah dibuka justru semangka yang dibeli tak matang sempurna, masih ada bagian dalam semangka yang berwarna putih sehingga rasanya pun kurang manis.

Untuk menghindari hal semacam ini, perhatikan dengan betul bagian tangkai semangka. Semangka yang sudah benar-benar matang memiliki tangkai kering dan mudah terlepas. Sedangkan semangka yang manis ditandai dengan lingkaran kecil di bagian bawahnya. Pastikan pula memilih buah semangka yang memiliki suara nyaring ketika diketuk sebagai tanda masih tinggi kandungan airnya.

Sudah mengetahui ciri buah segar tapi masih sulit menemukannya di pasaran? Cek RegoPantes sekarang yuk! Regopantes membantu Anda mendapat hasil pertanian lokal yang segar dan berkualitas tanpa perlu repot memilih. Semua hasil tani yang dikirim terjamin kualitasnya karena telah melalui quality control yang tepat. Dikirim langsung dari petani sesaat usai petik, buah dan sayur yang dikirim tentunya masih terjaga kesegarannya.

Belanja di RegoPantes tak hanya mendapat jaminan kualitas loh! Anda juga dijamin mendapat gratis ongkos kirim dengan belanja minimal 4 Kg, potongan harga dengan pembelian melalui aplikasi serta kode kupon untuk beragam diskon menarik.

You Might Also Like