Inspirasi Kesehatan

Turun 15 Kilo dengan Diet Keto, Ketahui Menu Serta Efek Sampingnya

@econonimist.com

Sudah pernah dengan diet ketogenik? Diet yang dikenal juga dengan diet keto ini pada dasarnya dianjurkan bagi penderita epilepsi karena dapat mengurangi kejang. Namun, kini diet yang berpatok pada pengurangan karbohidrat ini mulai diminati banyak kalangan untuk menurunkan berat badan.

Tertarik mencobanya? Regopantes akan mengajak Anda lebih mengenal diet yang satu ini terlebih dahulu. Anda perlu tahu menu makanan apa saja yang bisa membuat program diet sukses serta bahaya yang mungkin timbul jika Anda melakukannya.

Menu Makanan Diet Sehat

diet keto, metode diet keto

@grid.id

Diet jenis ini dianggap sebagai metode diet yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Orang yang ingin menurunkan berat badan akan dibatasi konsumsi gula dan karbo serta dianjurkan mengkonsumsi buah. Meski demikian, tak semua buah bebas dikonsumsi. Berikut daftar buah yang boleh dikonsumsi selama menjalani program diet dengan metode keto.

1. Alpukat

Buah yang satu ini sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena minim kandungan gula namun kaya serat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang bagus untuk kesehatan jantung. Menariknya, buah alpukat lebih membuat perut kenyang dibanding yang lainnya sehingga cocok sebagai menu keto diet untuk pemula.

Baca Juga : Tips Anti Benyek! Ini 5 Cara Tepat Menyimpan Alpukat Biar Awet Segar

2. Zaitun

Tak hanya baik untuk wajah dan kulit, zaitun juga baik sebagai menu diet. Di dalamnya terkandung sekitar 59 kalori. Sedangkan selebihnya adalah air, karbohidrat dan sejumlah kecil protein. Saran penggunaan zaitun untuk diet adalah dengan menggunakan minyaknya sebagai bahan tambahan makanan.

3. Buah Kelapa

Alasan utama buah kelapa dianjurkan sebagai menu diet keto adalah kandungan lemak baik di dalamnya. Setengah cangkir daging buah kelapa mengandung sekitar 13 gram lemak tidak jenuh. Cara penggunaannya sama dengan minyak zaitun, yakni dengan mencampurkan minyak kelapa dengan menu makanan harian.

4. Lemon

Selain dapat melarutkan lemak, lemon memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga mampu membuat tubuh tetap vit selama menjalani program diet. Kandungan zat besi di dalamnya juga dapat memicu produksi sel darah merah sehingga tubuh lebih bugar.

5. Blackberry

Tak hanya kaya akan antioksidan, blackberry memiliki peran penting dalam kesuksesan diet Anda. Buah yang satu ini merupakan buah tinggi serat dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh seperti vitamin A, C, Kalium dan Magnesium.

6. Mangga

Siapa bilang metode keto tak boleh mengkonsumsi buah manis sama sekali? Anda tetap bisa mengkonsumsi mangga jika ingin mencicipi rasa manis yang menyegarkan. Mangga memiliki kandungan gula alami yang sangat mudah dipecah dalam darah. Meski begitu Anda tak boleh mengkonsumsi mangga terlalu banyak karena berimbas tak baik untuk pencernaan.

Bahaya Diet Ketogenik

@today.com

Meski dapat menurunkan berat badan dengan cepat, bukan berarti metode diet yang satu ini tak memiliki resiko.  Metode keto dapat menyebabkan gula darah turun, kram pada kaki, otot menyusut hingga perasaan tak enak badan.

Selain itu, Anda yang mencoba metode melangsingkan badan yang satu ini juga harus bersiap dengan flu keto, yakni kondisi badan yang merasa meriang, pusing hingga sederet gejala flu lainnya. Tahap ini biasa terjadi 7 hingga 10 hari pertama. Namun, Anda tak perlu khawatir karena tahap ini adalah tahap penyesuaian tubuh karena kehilangan karbohidrat dan gula. Selanjutnya, tubuh akan berusaha membakar lemak menjadi keton atau tenaga. Hal inilah yang kemudian akan melangsingkan tubuh dengan cepat.

Hal lain yang perlu diingat adalah kualitas bahan makanan yang akan dijadikan sebagai menu diet. Bahan makanan berkualitas rendah sudah kelihalangan sebagian nutrisinya sehingga tak memberikan hasil maksimal. Sebaliknya, bahan makanan seperti sayur dan buah-buahan segar akan menjamin kesuksesan diet serta membuat tubuh lebih sehat.

You Might Also Like