Inspirasi Kesehatan

Jangan Remehkan Wujudnya, Ternyata Ada 5 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan dan Diet

@ beritagar.id

Manfaat jamur sangatlah beragam. Produk alam yang satu ini bahkan bisa dijadikan sebagai menu untuk diet yang tengah anda jalankan. Uniknya lagi, jamur juga bisa diolah menjadi beragam makanan sehat menyerupai daging. Meski demikian, anda harus paham mengenai cara mengolah jamur agar nutrisinya tetap terjaga.

Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat jamur bagi kesehatan tubuh. Hal ini tidak lepas dari beragam nutrisi serta beragam zat sehat yang terdapat dalam jamur seperti kalium, vitamin B, protein hingga antioksidan. Berbagai nutrisi tersebut sangat bagus untuk kesehatan seperti yang berikut ini:

1. Bagus untuk diet

@ findcitypages.com

Manfaat jamur untuk diet memang telah terbukti. Dalam satu porsi jamur shitake diperkirakan hanya memiliki 20 kalori dengan sodium yang sangat rendah. Jamur ini juga tidak memiliki kandungan lemak di dalamnya. Pada studi yang dilakukan pada tahun 2017 dan diterbitkan di jurnal Apetite menyebutkan jika jamur shitake mampu dalam memberikan rasa kenyang seperti saat memakan daging. Alhasil, anda bisa merasa kenyang tanpa harus menambah porsi makan.

Manfaat jamur untuk diet, bisa anda jadikan sebagai menu andalan ketika program penurunan berat badan tengah dilakukan.

2. Untuk meningkatkan kesehatan tulang

@ 1health.id

Manfaat jamur selanjutnya adalah bagus dalam meningkatkan kesehatan tulang. Dalam satu porsi jamur, terkandung sepertiga dari jumlah tembaga yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan tersebut merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang anda. Uniknya lagi, jamur juga menjadi satu-satunya sumber vitamin D nabati yang berperan dalam membantu tulang untuk menyerap kalsium.

Hanya saja kandungan vitamin D hanya diproduksi ketika terkena sinar ultraviolet. Ini artinya, jamur yang di tanam di dalam ruangan kemungkinan tidak memiliki kandungan sehat yang satu ini.

Baca juga : Segudang Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Publik

3. Membuat awet muda

@ hellosehat.com

Manfaat selanjutnya adalah untuk melawan penuaan. Di tahun 2017 yang lalu, para peneliti yang berasal dari Pennsylvania State University melakukan pemeriksaan terhadap 13 varietas jamur dan menemukan jika jamur memiliki 2 antioksidan dengan jumlah yang tinggi didalamnya. Kedua antioksidan tersebut adalah glutathione dan ergothioneine yang memiliki sifat anti-penuaan.

4. Sebagai anti peradangan

@ zibaeisalam.ir

Jamur bisa dijadikan sebagai makanan sehat untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan jenis sayuran satu ini mengandung antioksidan seperti halnya selenium dan ergothioneine. Seorang ahli diet yang juga merupakan juru bicara bagi Akademi Nutrisi dan Dietetik, Angela Lemond mengatakan jika jamur adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika anda mengalami peradangan kecil seperti halnya cidera.

5. Menurunkan kolesterol

@ otcdigest.id

Selain manfaat jamur untuk diet, jamur juga bagus dalam menurunkan kolesterol. Jamur memberi anda protein sehat tanpa lemak karena tidak terdapat kolesterol di dalamnya. Jamur juga memiliki kandungan berupa serat dan enzim tertentu yang bagus dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Menjaga keseimbangan kolesterol di dalam tubuh sangat diperlukan terutama untuk mencegah beragam jenis penyakit seperti serangan jantung, stroke dan lain-lain.

Begitu banyak manfaat jamur bagi kesehatan bahkan juga untuk keperluan diet. Dalam mendapatkan jamur berkualitas dan masih segar, anda bisa membelinya di RegoPantes.

Situs belanja online ini akan mempermudah anda dalam mendapatkan beragam produk kebutuhan pangan tanpa harus keluar rumah dan pastinya dengan langkah pemesanan yang mudah. Karena semua kebutuhan seperti aneka buah, sayur, bumbu dapur hingga beras organik tersedia di RegoPantes.

You Might Also Like