Inspirasi Kesehatan Untuk Bunda

10 Manfaat Terbaik Buah Naga untuk Ibu Hamil Yang Wajib Tahu!

@ brad.erva-doce.info

Bunda, saat hamil konsumsi buah dan sayuran memang sangat dianjurkan. Karena memang terbukti ada banyak nutrisi yang bagus untuk meningkatkan stamina dan kesehatan ibu sekaligus asupan nutrisi bagi janin dalam kandungan. Nah, bunda juga jangan sia-siakan beragam manfaat buah naga untuk ibu hamil. Mengapa? Bunda harus baca ulasan lengkap pada artikel RegoPantes kali ini ya.

Harus bunda ketahui bahwa RegoPantes memiliki sediaan aneka buah dan sayur segar yang langsung dipasok oleh petani. Sehingga tak perlu khawatir lagi soal kualitas serta harga pantas yang ada. Terlebih lagi soal buah naga yang tersedia di RegoPantes, bunda akan mendapatkan buah naga daging merah kualitas oke.

Tak perlu lama-lama lagi ya, langsung saja simak deretan manfaat buah naga untuk ibu hamil berikut. Buat para ibu boleh banget lho berbagi info baik ini ke sesama bunda lain yang saat ini tengah hamil dan ajak buat belanja praktis di RegoPantes.

1. Kaya Serat

Permasalahan sembelit juga kemungkinan akan dialami ibu-ibu saat hamil. Maka sangat dianjurkan sekali mengonsumsi buah dan sayur kaya serat seperti juga buah naga. Buah dengan dagingnya yang terasa segar dan nikmat ini ternyata memiliki kandungan serat hingga 3 gram per 100 gram buah. Sehingga pas untuk memenuhi kebutuhan serat ibu hamil yang per harinya butuh 25-35 gram.

2. Kaya Nutrisi

@ wayahna.com

Tak kalah dari buah-buahan lain, ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah naga, antara lain fitokimia, protein, kalium, serta vitamin C yang tentu sangat dibutuhkan para bunda di momen kehamilan. Ada juga vitamin B1 yang akan membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Merangsang penyerapan protein, serta membantu pembakaran karbohidrat menjadi energi.

3. Sumber Karbohidrat

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga akan membawa dampak baik bagi janin. Sebab buah naga memiliki sumber karbohidrat baik yang akan diubah menjadi energi demi mendukung kesehatan ibu dan bayi.

Konsumsi yang disarankan bagi ibu hamil adalah 9-11 porsi makanan dengan kandungan karbohidrat per hari. Tentu saja ini demi membantu pertumbuhan janin dalam kandungan. Namun karbohidrat utama bisa juga digantikan dengan konsumsi buah naga sebagai alternatif menu pelengkap antisipasi rasa bosan.

4. Sumber Lemak Sehat

@ cosmopolitan.co.id

Buah naga termasuk buah yang memiliki kandungan lemakhingga 0,6 gram. Hanya saja sebagian besar lemak tersebut berupa lemak tak jenuh yang tak membahayakan kesehatan. Pasalnya lemak ini juga bisa menjadi sumber energi. Nah, konsumsi buah naga tak akan membahayakan bunda dan janin. Justru akan memberikan asupan lemak tak jenuh alami yang aman bagi kesehatan ibu hamil.

5. Sebagai Antioksidan

Manfaat buah naga untuk ibu hamil berikutnya adalah kandungan antioksidan yang dimiliki. Antioksidan pada buah naga yakni betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Antioksidan tersebut yang akan membantu kendalikan kadar kolesterol, menangkal radikal bebas, menguatkan kekebalan tubuh, mencegah tumbuhnya sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin dalam kandungan bunda.

Bunda, asupan antioksidan sama halnya buah naga, ada juga dari buah dan sayuran lain yang bisa dikonsumsi selama kehamilan. Sebut saja apel, pir, tomat, asparagus, brokoli, serta anggur. Semua buah segar ini bisa didapatkan lewat pembelian di RegoPantes juga lho bun!

Baca juga : Wajib Tahu! Ada 25 Manfaat Buah Naga yang Begitu Luar Biasa

6. Sumber Vitamin C

@ acehnews.net

Bunda juga harus tahu ada manfaat buah naga bagi ibu hamil terkait kandungan vitamin C yang dimiliki. Pasalnya vitamin C pada buah naga akan membantu menjaga dan melindungi kesehatan sel, membentuk kolagen tulang, kulit, otot, serta pembuluh darah pada janin. Selain itu vitamin C juga akan membantu proses penyerapan zat besi oleh tubuh.

Tapi bunda harus bijak saat konsumsi buah naga selama kehamilan ya, jangan berlebihan. Sebab kelebihan vitamin C justru akan memicu resiko kelahiran bayi prematur.

7. Kaya Zat Besi

Bunda wajib tahu akan kebutuhan zat besi harian ibu hamil. Per hari bunda yang sedang hamil disarankan mendapat asupan zat besi 27 mg. Sementara dengan konsumsi buah naga, maka 10 persen dari kebutuhan zat besi harian tersebut sudah terpenuhi.

Lantas apa manfaat buah naga untuk ibu hamil? Zat besi yang dimiliki buah naga ini sangat penting bagi pertumbuhan janin agar lahir tak prematur dan berat badan bayi normal. Selain itu, kandungan zat besi buah naga juga akan membantu mencegah anemia dan meningkatkan sistem imun tubuh bunda selama hamil.

8. Meningkatkan Hemoglobin

@ medium.com

Salah satu resiko yang acapkali dialami bunda selama hamil adalah anemia. Sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur dengan kandungan vitamin C tinggi. Buah naga bisa jadi salah satu alternatif yang bisa jadi makanan sehat. Karena vitamin ini akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

9. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Asam folat atau folat menjadi satu kebutuhan penting bagi ibu hamil. Buah naga diketahui memiliki kandungan asam folat tersebut. Jadi manfaat buah naga untuk ibu hamil ini akan membantu mencegah resiko cacat tabung saraf pada bayi serta kelahiran prematur. Sehingga disarankan bunda mengonsumsi buah naga rutin sesuai porsi yang disarankan.

10. Membentuk Sistem Saraf Tulang Belakang Janin

@ infobuah.com

Tidak hanya mencegah resiko cacat lahir pada bayi, folat pada buah naga juga akan membantu dalam proses pembentukan sistem saraf tulang belakang janin. Alhasil janin dapat berkembang dengan baik dalam kandungan.

Sekarang bunda jadi tahu bukan beragam manfaat baik dari buah naga. Tak sekadar bagi kesehatan secara umum, tapi ternyata ada segudang manfaat buah naga untuk ibu hamil. Tunggu apalagi, segera penuhi kebutuhan buah-buahan selama hamil di RegoPantes. Dijamin belanjaan bunda terjamin mutunya. Bahkan bunda tak akan lagi kerepotan untuk belanja kebutuhan rumah tangga di pasar.

Mengingat kondisi bunda yang kini tengah berbadan dua, langsung saja gunakan ponsel untuk bisa belanja praktis aneka produk hasil pertanian lewat situs dan aplikasi Regopantes. Belanja di RegoPantes tak hanya memudahkan dan menguntungkan konsumen, tetapi bunda juga turut membantu petani mendapat kesejahteraan mereka. Yuk, nikmati kemudahan belanja di RegoPantes!

You Might Also Like