Inspirasi Kesehatan Tips

10 Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan Selain Sebagai Penyedap Masakan

@ blogtify.com

Selain bawang putih, bawang merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai khasiat bawang merah didapat dari kandungan sehat di dalam jenis bawang yang satu ini.

Bawang merah seringkali dijadikan sebagai bumbu dapur yang biasanya selalu tersedia di rumah. Banyak ibu yang memasok bawang merah di rumah dengan jumlah yang cukup banyak karena setiap masakan yang dibuat seringkali menggunakan jenis bawang ini.

Tips Memilih Bawang Merah yang Bagus

Untuk mendapatkan kualitas bawang merah yang bagus dan segar, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips tersebut antara lain adalah pilihlah bawang dengan bonggol yang masih kompak dan utuh. Aromanya juga wangi khas dari bawang merah. Lalu pilih juga yang memiliki tekstur keras jika ditekan karena bawang yang benyek biasanya sudah tidak lagi segar.

Untuk keperluan digoreng, pilihlah bawang yang memiliki ukuran besar dengan bonggol berbentuk bulat. Jika untuk keperluan ditumis maka pilihlah yang berukuran kecil dengan bonggol yang tajam.

Mengenal Beragam Khasiat Bawang Merah

Bawang merah memiliki banyak kandungan menyehatkan yang bagus untuk kesehatan. Sayangnya setelah mengonsumsi bawang merah, terkadang bau mulut menjadi tidak sedap. Untuk menyiasatinya, gosok gigi anda agar bau menjadi hilang.

Bawang merah bagus untuk mencegah hingga mengobati beberapa jenis penyakit berikut ini.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

@ seruni.id

Manfaat bawang merah yang pertama adalah membuat jantung menjadi lebih sehat. Bawang merah mentah mampu membuka arteri yang tertutup serta mengontrol tekanan darah tinggi. Inilah sebabnya, konsumsi bawang merah secara teratur mampu mencegah datangnya penyakit jantung koroner.

2. Untuk menjaga tingkat kolesterol

Khasiat bawang merah selanjutnya adalah untuk menjaga tingkat kolesterol. Bawang merah mengandung sulfur asam amino dan methylallyl sylfida yang bagus untuk mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Mencegah perkembangan sel kanker

Bukan hanya bagus untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, konsumsi bawang merah juga bermanfaat dalam mengobati jenis penyakit berbahaya sekalipun. Bawang merah memiliki kandungan belerang yang mampu mencegah kanker prostat serta munculnya sel kanker. Bumbu dapur yang satu ini juga dapat digunakan untuk melindungi kolon, perut, juga dada.

Baca juga : Selain Sebagai Bumbu Dapur, 10 Macam Rempah Ini Ampuh Mengobati Beragam Penyakit

4. Untuk mengatasi sembelit

@ hellosehat.com

Bawang merah memiliki kandungan serat yang bagus untuk menghilangkan racun serta kotoran keras yang melekat di usus. Alhasil, konsumsi bawang merah bagus dalam melancarkan pencernaan dan mampu mengatasi sembelit yang mengganggu.

5. Untuk membuat tenggorokan lebih lega

Khasiat bawang merah selanjutnya adalah untuk melegakan tenggorokan. Bagi anda yang merasa tenggorokannya sakit, bisa membuat jus bawang merah untuk dikonsumsi. Dengan demikian, tenggorokan yang sakit karena pilek dan batuk bisa lebih terasa lebih baik. Untuk menambah cita rasa dari jus ini, anda bisa memasukkan madu atau gula jawa ke dalamnya.

6. Untuk mengontrol diabetes

@ diabetessolution.co.id

Manfaat bawang merah selanjutnya didapat dari kandungan flavonoid yang bermanfaat dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat flavonoid adalah untuk mengontrol diabetes.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan jika konsumsi jenis bawang ini bagus dalam meningkatkan produksi insulin serta membantu mengontrol berat badan yang berhubungan dengan penyakit diabetes. Ada sifat tertentu dari bawang merah yang bagus untuk merangsang sekresi insulin yang berguna dalam menurunkan respon inflamasi terkait dengan penyakit gula ini.

7. Detoksifikasi

Konsumsi bawang merah bisa meningkatkan sirkulasi darah yang berperan penting dalam membuang racun dalam aliran darah. Dengan demikian, bawang merah menjadi salah satu cara membuang racun dari aliran darah dan membantu terjadinya proses detoksifikasi. Manfaat bawang merah yang juga tak bisa diremehkan adalah mampu menstimulasi enzim pencernaan dalam tubuh.

8. Untuk meningkatkan sistem imunitas

@ hellosehat.com

Khasiat bawang merah lainnya adalah bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang merah juga memiliki efek antioksidan yang berperan dalam melawan penyakit serta infeksi umum. Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain adalah flu, demam, bronkitis dan pilek.

9. Untuk meningkatkan kesehatan otak

Alasan kenapa bawang merah bisa meningkatkan kesehatan otak karena kandungan folatnya. Folat merupakan satu dari 8 vitamin B yang berkontribusi dalam kesehatan mental dan emosional. Kandungan sehat ini juga bagus dalam melindungi RNA dan DNA yang terdapat di dalam tubuh.

Bawang merah memiliki nutrisi penting lainnya yakni zat besi. Zat ini juga bagus untuk fungsi otak. Terdapat pula senyawa lain berupa pyithione yang berperan dalam melawan peradangan otak serta meningkatkan neurologis. Sifat anti radang yang terdapat dalam bawang merah juga bagus dalam mencegah datangnya alzheimer serta menenangkan saraf serta mengobati iritasi pada saraf.

10. Bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang

@ orami.co.id

Khasiat bawang merah yang terakhir adalah bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang. Wanita pra dan pascamenopause bisa mengonsumsi bawang merah untuk meningkatkan kepadatan tulangnya.

Anda yang mengonsumsi bumbu dapur ini sekali dalam sehari atau lebih dapat memiliki kepadatan tulang lebih besar daripada yang tidak mengonsumsinya sebanyak 5 persen. Manfaat bawang merah juga bagus dalam membantu mencegah osteoporosis serta meningkatkan kesehatan gigi.

Khasiat bawang merah memang tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya banyak orang yang tidak suka mengonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah lantaran rasa dan aromanya yang tidak enak. Untuk itu, anda bisa menyiasatinya dengan memasukkan bawang merah ke dalam burger, salad sayur, ataupun pecel juga urap.

Jika persediaan bawang merah di rumah sudah habis, anda bisa segera membelinya di pasar tradisional ataupun kios belanja lainnya. Namun bagaimana jika anda memiliki kegiatan yang sibuk atau bahkan malas keluar rumah? Solusinya adalah membelinya di RegoPantes.

RegoPantes menyediakan bawang merah dalam kondisi segar langsung dari petani. Dengan membeli produk di RegoPantes, ini berarti anda ikut andil dalam meningkatkan taraf hidup petani di Indonesia. Selain bawang merah, RegoPantes juga menjual beragam bumbu dapur lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda di rumah.

RegoPantes juga menyediakan beragam sayur, buah-buahan, dan aneka beras organik lainnya. Semuanya dapat anda peroleh dengan cara pembelian yang mudah lewat pemesanan kontak WhatsApp dan aplikasi RegoPantes. Bahkan anda akan dimanjakan dengan adanya bebas ongkos kirim menuju ke alamat anda.

You Might Also Like