Inspirasi Kesehatan

Jangan Asal Minum, Begini Cara Mendapat Manfaat Teh Hijau Tanpa Resiko Kesehatan

khasiat teh hijau, manfaat teh hijau

@surabayastory.com

Gemar mengkonsumsi teh hijau? Minuman yang populer di Jepang ini memang memiliki manfaat mengagumkan bagi tubuh. Salah satu manfaat teh hijau yang sering diburu adalah mengurangi lemak tubuh serta kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, segala produk, baik kesehatan maupun kecantikan yang berbahan dasar teh hijau selalu laris manis diburu konsumen.

Kendati punya banyak manfaat untuk tubuh, mengkonsumsi teh hijau rupanya tak boleh sembarangan. Pasalnya, ada bahaya teh hijau yang selama ini tak disadari, salah satunya kandungan antioksidan tinggi yang mengikat nutrisi lain sehingga tak disarankan mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah besar.

Cara Mengkonsumsi Teh Hijau Tanpa Resiko

bahaya teh hijau

@jaco.co.id

Jika Anda ingin mengkonsumsi teh yang satu ini tapi tak mau ambil resiko soal kesehatan, coba ikuti beberapa cara berikut. Dijamin, Anda tetap merasakan khasiat teh hijau tanpa perlu khawatir dengan kondisi tubuh.

Batasi Konsumsi Teh Hijau

Banyak yang beranggapan jika semakin banyak meminum teh hijau, maka tubuh akan semakin bugar. Faktanya, terlalu banyak teh hijau justru membuat defisiensi gizi, lho! Pasalnya, antioksidan dalam teh hijau mengikat nutrisi lain yang juga diperlukan tubuh. Selain itu, tanin dan flavonoid dalam teh hijau dapat menyebabkan gangguan fungsi hati jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, batasi konsumsi teh hijau maksimal 3 cangkir sehari.

Baca Juga : 5 Resep Air Lemon untuk Diet, Manfaatnya Luar Biasa Bagi Kesehatan

Jangan Minum Teh Hijau Saat Perut Kosong

Minum teh hijau saat perut kosong sering dianggap sebagai cara jitu melunturkan lemak. Padahal, hal semacam ini justru berbahaya bagi kesehatan lambung. Meminum teh hijau saat perut kosong dapat menyebabkan peradangan lambung dan bahkan masalah serius jika tak segera dihentikan.

Menyeduh Teh Kantong Dua Kali

Karena alasan berhemat, masih banyak yang menyeduh teh kantong lebih dari sekali. Kantong teh bekas seduh mungkin masih menghasilkan warna pekat serta rasa yang kuat. Namun, sadarkah Anda akan resiko kesehatan di baliknya? Teh bekas seduh yang dibiarkan dalam waktu lama mengandung lebih banyak kafein dibandingkan kantong teh yang baru. Selain itu, kantong teh yang basah juga berpotensi menjadi sarang bakteri penyebab diare.

Selai mengikuti 3 cara di atas, Anda juga harus memperhatikan waktu mengkonsumsi teh hijau. Jangan pernah mengkonsumsi teh hijau sesaat setelah menyantap sayur, kacang-kacangan atau daging merah. Hal ini dikarenakan kandungan asam fitat dalam teh yang mengikat zat besi. Jadi, jika meminum teh sesaat setelah makan makanan yang mengandung zat besi, maka tubuh tak bisa menyerap zat besi secara maksimal dan beresiko menyebabkan anemia.

Untuk menghindari resiko anemia akibat minum teh, cobalah memberi jarak 2 hingga 3 jam antara teh dan makanan sehat. Perbanyak juga konsumsi sayur agar tubuh mendapat asupan zat besi yang cukup. Namun, perhatikan pula kualitas sayur yang dikonsumsi. Pasalnya, sayur yang mengandung pestisida justru menimbulkan ancaman bagi tubuh.

Ingin cari sayur yang penuh gizi dan bebas zat kimia? RegoPantes jawabannya. RegoPantes menyediakan sayur baru petik yang dijamin fresh. Sayur yang dikirim ke rumah Anda juga telah melalui quality control yang ketat sehingga terjaga kualitasnya. Anda juga akan disuguhi pengalaman berbelanja menyenangkan melalui aplikasi Regopantes, misalnya penawaran gratis ongkos kirim, membeli sekaligus membantu para petani daerah, serta beragam promo menarik lainnya.

You Might Also Like