Inspirasi

Lebih Sehat Pir atau Apel Sih? Simak Faktanya Agar Tak Salah Konsumsi

@ medium.com

Apel dan juga pir merupakan jenis buah-buahan yang menjadi kegemaran bagi banyak orang. Buah tropis ini paling sering dan mudah dijumpai di banyak tempat. Sehingga orang akan mudah memperoleh dan mengonsumsi buah-buahan ini. Apa Anda juga termasuk yang menggemari pir dan apel ini?

Meski demikian banyak disukai ternyata masih banyak yang bertanya-tanya lho, sebenarnya lebih bagus mana apel ataukah pir? Bagi Anda yang memiliki pertanyaan serupa, ada baiknya menyimak ulasan berikut ini ya.

1. Kandungan Seratnya

Dibandingkan dengan buah apel, pir memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Jika dalam pir terdapat 14 persen kandungan seratnya, maka dalam apel kandungan seratnya lebih sedikit yakni 10 persen saja. Kandungan serat yang tinggi bagus untuk menurunkan kolesterol dan juga mencegah terjadinya konstipasi. Serat juga bisa dijadikan sebagai nutrisi untuk melancarkan pencernaan.

2. Bagus untuk Kesehatan Otak

Konsumsi buah apel bagus untuk kesehatan otak dengan kandungan quercetin di dalamnya. Quercetin sendiri merupakan sejenis senyawa polifenolik yang berguna untuk kesehatan tubuh terutama untuk mengurangi karsinogen, mencegah inflamasi sekaligus berguna untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

3. Kandungan Mineralnya

Mana yang memiliki kandungan lebih banyak mineral di dalamnya. Anda harus tahu jika kedua jenis buah ini memiliki kandungan sehat berupa fosfor, kalium dan juga sodium. Namun dalam jenis buah pir terkandung lebih banyak kalium, magnesium, zat besi, tembaga dan juga seng. Inilah kenapa jika Anda mencari buah yang kaya akan asupan mineralnya, maka buah pir merupakan pilihan yang tepat.

Baca juga : Apel Merah atau Hijau yang Terbaik untuk Diet? Simak Tipsnya Agar Tak Salah Pilih

4. Dari Kandungan Vitaminnya

Dilihat dari kandungan vitaminnya, maka Apel merupakan buah yang lebih banyak vitaminnya daripada buah pir. Buah yang satu ini memiliki banyak sekali jenis vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan mulai dari vitamin A, vitamin B1 serta vitamin E.

Meski demikian, Anda juga bisa menemukan beberapa jenis vitamin dalam buah pir yang terbilang lebih tinggi daripada buah apel, seperti vitamin K dan juga vitamin B3.

Meski demikian, kedua jenis buah ini sama-sama memiliki ragam vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, keduanya tentu cocok untuk dijadikan sebagai bahan makanan yang dikonsumsi secara rutin.

Berhati-hati Saat Makan Apel

@ okezone.com

Anda harus tahu jika biji apel memiliki kandungan racun sianida di dalamnya saat dikunyah. Inilah kenapa jika Anda memakan atau tidak sengaja menelan biji apel dalam jumlah yang banyak, bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Apel memang baik untuk dikonsumsi, namun tidak untuk beberapa jenis apel tertentu seperti halnya apel hijau. Jenis apel ini memiliki kandungan asam yang lebih sehingga bisa menimbulkan gejala asam lambung.

Jikapun ingin mengonsumsi apel hijau, ada baiknya untuk membatasi jumlah konsumsinya. Jangan sampai Anda kelebihan hingga membuat tingkat keasaman di perut mengalami peningkatan.

Apel atau Pir yang Lebih Baik

@ pinterest.com

Keduanya merupakan jenis buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi dan sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada baiknya untuk secara gantian mengonsumsi apel ataupun pir agar mendapatkan kedua nutrisi yang terkandung dalam jenis buah tersebut. Selain dimakan langsung, kedua jenis buah tersebut juga cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan smoothies.

Untuk mendapatkan apel dan juga buah pir yang berkualitas, Anda bisa langsung menuju ke situs RegoPantes. Situs belanja yang satu ini merupakan situs belanja yang menjual beragam produk pangan beragam sesuai dengan kebutuhan. Ada buah-buahan, sayuran hingga produk praktis lainnya seperti madu, kopi, teh dan lain sebagainya yang memudahkan Anda untuk mendapatkan produk dapur tanpa harus keluar rumah.

You Might Also Like