Inspirasi Tips

Mengenal Madu Nusa Dorsata, Pilihan Tepat Madu Hutan Asli Berkualitas

@ facetofeet.comd

Bicara mengenai madu, memang bisa dibilang gampang-gampang susah saat membelinya. Pasalnya ada banyak sekali macam madu yang dijual di pasaran, salah satunya madu nusa dorsata. Madu dengan kemasan jadi ini sudah dikenal masyarakat luas sebagai madu alami yang memiliki kualitas bagus melalui uji klinis. Bahkan pada proses pembuatannya, tanpa dimasuki zat kimia demi menjaga keasliannya.

Madu nusa dorsata dihasilkan dari lebah madu Apis Dorsata yang merupakan lebah raksasa. Lebah hutan ini diketahui paling produktif menghasilkan madu. Bahkan madu yang dihasilkan oleh lebah berukuran raksasa ini disebut-sebut sebagai madu terbaik. Mengapa?

Sebab madu yang dihasilkan berasal dari hutan yang belum terkontaminasi adanya polusi dan juga pestisida, demikian halnya madu nusa dorsata yang sudah melalui proses dan pengemasan dengan baik. Selain itu, madu hutan dihasilkan dari nectar beragam bunga (multifloral), bukan monofloral. Sehingga tak heran bila karakter madu ini lebih encer karena memiliki kandungan air lebih daripada madu hasil lebah ternak.

Ciri-ciri Madu Hutan Asli

@ gumtree.com

Madu hutan sendiri mesti diketahui keasliannya. Mengenali produk madu hutan asli juga perlu anda ketahui. Mengingat ada banyak produk yang menyebutkan madu hutan tapi tak semuanya asli. Berikut ini ciri madu hutan asli.

  1. Rasa madu hutan asli yang berasal dari Apis Dorsata biasanya akan memiliki rasa yang tidak selalu sama. Meskipun asli hal ini akan terjadi, karena keanekaragaman bunga yang menjadi sumber nectar yang dihisap lebah.
  2. Dari segi aroma, madu hutan biasanya memiliki bau yang lebih kuat dan jelas. Meskipun disimpan dalam waktu lama sejak panen, tidak akan merubah aroma asli madu hutan.
  3. Madu hutan juga memiliki ciri warna yang berbeda dari madu lainnya. Madu hutan biasanya beragam, cokelat muda, kuning muda, kekuningan krem, warna emas terang, dan beberapa warna lain yang pastinya sangat dipahami betul oleh penggemar madu.
  4. Tekstur madu hutan asli biasanya akan beda dengan madu lain. Hal ini terkait dengan kandungan di dalamnya seperti royal jelly, propolis, serta pollen. Madu hutan akan bertekstur kental dan keruh karena partikel pollen dan lilin lebah turut masuk saat dipanen. Namun jika lewat micro filter madu jadi lebih jernih dan tak begitu kental.

Baca juga : Lebih Istimewa, Ini 7 Manfaat Menarik Madu Hutan untuk Kesehatan

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

@ cooky.vn

Selain mengenali ciri madu hutan asli, anda juga perlu tahu tips dan cara mengetahui bahwa madu yang anda beli asli, bukan palsu dengan beberapa campuran. Jadi sebagai pembuktian madu nusa dorsata yang anda dapatkan asli, maka bisa lakukan tes berikut.

  1. Madu asli akan memiliki tekstur kental, sehingga anda bisa melakukan tes dengan mengaduk dan mengangkat madu dengan sendok. Sendok madu hingga ketinggian 5-10 cm dari wadah. Madu asli alirannya tak akan putus-putus. Sebaliknya bila madu tersebut palsu atau dicampur bahan lain.
  2. Ambil madu dan tuangkan pada segelas air. Perhatikan madu tersebut apakah langsung jatuh ke dasar gelas dan susah larut, ataukah sebaliknya? Madu asli tentu akan susah larut dan langsung jatuh ke dasar air.
  3. Untuk mengetes keaslian madu, maka bisa jajal dengan meneteskannya pada permukaan kertas. Jika asli, maka tetesan madu tadi tak akan membuat robek kertas atau menyebar ke sisi kertas lain. Bila madu tembus pada kertas dan robek, maka madu tersebut bercampur air.
  4. Anda bisa coba melumuri ujung korek api dengan madu, kemudian coba gesekkan korek api tersebut untuk menyalakan. Bila nyala, maka dipastikan madu yang anda miliki asli. Bila korek api tak nyala maka bisa dipastikan sudah tercampur bahan lain.
  5. Mengetahui keaslian madu bisa dengan mencoba memanaskannya. Jika dipanasi madu tersebut menggumpal atau terkaramelisasi, maka dipastikan madu tersebut sudah dicampuri gula. Sebaliknya bila asli, maka hanya keluar sedikit buah ketika dipanaskan.

Cara Menyimpan Madu Agar Awet

@ hellosehat.com

Bila anda sudah memiliki madu nusa dorsata di rumah, maka bisa menyimpannya dengan baik. Memiliki rasa manis, madu memang kerap jadi sasaran semut. Berikut ini cara menyimpannya agar terhindar dari serbuan semut.

1. Air

Cara ini bisa anda lakukan dengan meletakkan kemasan madu pada mangkuk yang sudah diisi air. Ini tentu akan sangat efektif menjauhkan semut untuk tidak mendekati madu karena semut akan mati dalam air.

2. Kapur Semut

Cara ini memang terbilang praktis dan sudah lama dipakai. Cukup buat garis dengan kapur semut di sekitar wadah penyimpanan madu. Pastikan beberapa hari sekali untuk menebalkan kembali garis kapur semut agar tak bisa diterobos semut.

3. Minyak Zaitun

Cara ini terbilang unik karena jarang dipakai. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada wadah madu untuk menghindari serbuan semut. Minyak zaitun ini bertujuan untuk menyamarkan aroma manis madu sehingga semut terkecoh.

4. Tutup Ganda

Menggunakan tutup ganda bisa jadi alternatif menyimpan madu. Anda bisa menambahkan plastik yang dikencangkan dengan karet. Kemudian ditutup dengan penutup asli wadah madu. Tutup berlapis ini tentu akan menyulitkan semut masuk.

5. Hindari menyimpan di Kulkas

Penyimpanan madu sebaiknya di suhu ruangan, tanpa harus dimasukkan kulkas. Pasalnya suhu dingin akan membuat wadah mengembun dan pada akhirnya akan tercampur dengan madu yang mempengaruhi kemurnian dan khasiatnya. Meskipun disimpan di kulkas, madu asli tak akan membeku.

Madu nusa dorsata sendiri sudah dikemas dengan bagus. Sehingga akan sangat aman disimpan di manapun pada suhu ruangan. Jadi tidak perlu khawatir soal kepraktisannya. Bagi anda yang saat ini tengah mencari madu hutan satu ini, maka bisa langsung memesannya di situs RegoPantes.

Selain produk praktis madu nusa dorsata, RegoPantes juga memiliki banyak produk pertanian organik lain mulai dari buah, sayur, beras, hingga bumbu dapur yang diambil langsung dari petani. Semuanya tersedia untuk anda yang berada di kawasan Jabodetabek. Sehingga tak kerepotan lagi untuk belanja. Cukup via chat WhatsApp atau aplikasi RegoPantes untuk menikmati belanja praktis dan hemat.

0 Shares

You Might Also Like