Inspirasi

Luar Biasa! Ini Dia Manfaat Air Beras untuk Mencuci Wajah dan Simak Cara Membuatnya

air beras, manfaat air beras

@ okezone.com

Bagi Anda yang seringkali membuang air bekas cucian beras, maka bisa mempertimbangkannya ulang. Air cucian beras yang biasanya langsung dibuang karena dianggap kotor nyatanya memiliki ragam manfaat sehat yang bagus untuk kecantikan kulit wajah. Hal ini tidak lepas dari kandungan gamma-oryzanol yang mampu melindungi kulit terutama dari paparan dari sinar matahari.

Dengan kandungan sehatnya tersebut maka tidak heran jika air cucian seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan kosmetik yang bisa dibeli di pasaran.

Manfaat Air Cucian Beras

air beras untuk cuci wajah, air beras

@ okezone.com

Berikut ini adalah beragam manfaat dari air cucian beras yang bagus untuk kesehatan sekaligus kecantikan wajah.

1. Menghilangkan Bintik Hitam

Manfaat air cucian beras yang pertama adalah untuk mencerahkan kulit. Di dalam air beras terkandung vitamin E yang dipercaya mampu memudarkan pigmentasi yang terjadi pada kulit. Nah, bagi Anda yang terganggu dengan bintik hitam di wajah, bisa memanfaatkan air beras untuk mengatasinya. Meski demikian, tingkat efektivitas dari manfaat yang satu ini masih memerlukan kajian ulang.

2. Membuat Kulit Nampak Lebih Cerah

Manfaat yang selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Penggunaan air beras mampu membuat kulit menjadi lebih cerah. Hal ini terjadi karena air beras mengandung gamma-oyzanol yang bagus dalam membuat kulit wajah menjadi lebih bercahaya.

3. Untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat air cucian beras yang selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat. Air beras mengandung pati yang bagus untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah. Hebatnya lagi, pati juga bagus untuk mengatasi eksim atopik. Meski demikian, tingkat efektivitas dari air beras yang satu ini masih belum jelas sehingga dibutuhkan penelitian secara lebih lanjut.

4. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Jika terganggu dengan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah, maka Anda bisa memanfaatkan air cucian beras. Mencuci wajah dengan air beras berguna untuk mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan. Hal ini tidak lepas dari kandungan sehat berupa vitamin E yang diketahui bagus dalam menghambat terjadinya proses penuaan dini.

Baca juga : Kulit Putih Mulus Hanya dengan Masker Beras Alami, Cek 10 Manfaatnya Ini!

Menyiapkan Air Cucian Beras untuk Wajah

manfaat air beras, air beras untuk cuci wajah

@ geosiar.com

Dalam memanfaatkan air cucian beras bagi kecantikan kulit wajah, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara seperti yang berikut ini!

Dengan dimasak terlebih dulu

Anda bisa melakukan perawatan dengan cara memasak beras seperti langkah yang berikut ini:

  • Langkah pertama adalah dengan memasukkan setengah cangkir gelas ke dalam panci
  • Masukkan air 2 kali lipat dari takaran biasanya saat memasak nasi
  • Ketika airnya mendidih, Anda bisa mengambil saring dan gunakan untuk menyaring air beras ke dalam wadah yang sudah disiapkan
  • Dinginkan air beras lalu gunakan untuk merawat wajah

Merendam air beras

Anda juga bisa menggunakan air beras dengan cara direndam dulu. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah dengan mengambil ½ cangkir beras
  • Selanjutnya cuci sampai bersih
  • Masukkan beras ke dalam wadah yang bersih lalu tambahkan 2 sampai 3 gelas air
  • Tunggu kurang lebih 30 menit
  • Saring ke dalam mangkuk yang bersih dan gunakan untuk wajah

RegoPantes menyediakan beragam produk pangan berupa buah dan sayuran yang bisa Anda jadikan stok di rumah. Tidak ketinggalan beragam produk praktis lainnya seperti halnya beras, kopi dan madu tersedia juga dengan harga yang murah. Langkah pemesanan juga mudah, yaitu dengan memesan pada nomor pemesanan yang telah disediakan. Selamat berbelanja!

0 Shares

You Might Also Like