Inspirasi Kesehatan Resep

Jadi Andalan Resep Tumis, Ternyata Kacang Panjang Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

@ okezone.com

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup terkenal di Indonesia. Sayur yang satu ini bisa diolah dengan banyak resep masakan sesuai dengan selera. Anda bisa menumisnya atau dibuat campuran ke dalam sayur yang lain.

Selain enak, kacang panjang juga kaya akan manfaat. Hal ini dikarenakan ada banyak nutrisi berupa vitamin, mineral serta zat sehat lainnya di dalam kacang panjang.

Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang tumbuh di iklim hangat seperti halnya di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Adapun nama latin dari kacang panjang adalah Vigna Unguiculata Suspecies Sesquipedalis.

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari kacang panjang. Beragam manfaat tersebut antara lain akan dipaparkan pada uraian berikut.

1. Bagus untuk Kesehatan Pencernaan

@ honestdocs.id

Manfaat kacang panjang yang pertama adalah bagus untuk kesehatan pencernaan. Kacang panjang mengandung serat atau fiber yang mampu memberikan efek baik pada sistem pencernaan di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kacang panjang secara rutin, Anda bisa terhindar dari masalah pencernaan seperti halnya sembelit hingga jenis penyakit berbahaya lainnya seperti kanker usus besar.

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Manfaat kacang panjang yang selanjutnya adalah bagus untuk kesehatan tulang. Ada begitu banyak gangguan pada tulang seperti halnya oesteoporosis yang harus dihindari. Untuk itu, Anda disarankan untuk sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dan juga mangan yang membuat tulang selalu terjaga kesehatan dan tentunya tetap kuat di masa tua.

3. Mencegah Gangguan Penyakit Diabetes

@ detik.com

Hampir semua jenis sayuran yang berupa kacang-kacangan, bagus untuk mengontrol kadar gula yang berlebih guna mencegah terjadinya gangguan diabetes. Salah satu jenis kacang-kacangan tersebut adalah kacang panjang. Kacang panjang mengandung kalori serta gula yang rendah. Dengan demikian, konsumsi ini bagus untuk Anda yang mengalami gangguan gula darah.

Jika tertarik menggunakan kacang panjang untuk mengobati diabetes, Anda bisa menyiapkan kacang panjang sebanyak 3 atau 4 batang. Selanjutnya gunakan kacang panjang untuk dibuat jus dan tambahkan sedikit air lalu konsumsi secara rutin saat pagi hari. Jika tidak tahan dengan baunya, Anda bisa menambahkan tomat ataupun buah ke dalam jus sehat Anda.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang panjang yang selanjutnya adalah bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang panjang mengandung vitamin K yang cukup di dalamnya. Selain itu sayur yang satu ini juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya yang bagus untuk mencegah pengerasan pembuluh darah yang juga merupakan faktor umum dalam gangguan kesehatan arteri koroner dan gagal jantung.

Untuk mempersehat jantung, Anda juga bisa mengonsumsi buah naga, buah melon dan ikan tuna. Jantung merupakan organ yang penting bagi tubuh manusia sehingga harus selalu dijaga kesehatannya.

Baca juga : 3 Kreasi Resep Buncis Ini Tak Boleh Bunda Lewatkan, Sangat Praktis dan Ekonomis

5. Sebagai Sumber Antioksidan

Antioksidan merupakan zat penting bagi tubuh yaitu untuk memerangi radikal bebas hingga mencegah gangguannya yang ditimbulkan olehnya. Kacang panjang memiliki banyak kandungan sehat seperti halnya vitamin C dan beta karoten serta mineral berupa mangan yang penting untuk antioksidan. Tersedia juga kandungan sehat lainnya yang mampu berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh.

Selain kacang panjang, ada banyak sekali produk pangan sehat yang lain sebagai sumber antioksidan seperti halnya strawberry, kunyit, bawang putih dan wortel. Konsumsi secara rutin ragam makanan sumber antioksidan untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan jauh dari penyakit.

6. Mencegah Gangguan Osteoporosis

@ kompas.com

Manfaat kacang panjang yang selanjutnya adalah untuk mencegah gangguan kesehatan berupa osteoporosis. Kacang panjang memiliki kandungan sehat berupa vitamin K yang dapat memenuhi memenuhi setidaknya 20% kebutuhan harian akan vitamin K dalam tubuh.

Ada begitu banyak manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh manusia. Jika dikonsumsi secara rutin maka khasiatnya akan segera Anda dapatkan secara maksimal

Resep Sajian Nikmat Berbahan Kacang Panjang

Bagi Anda yang ingin menghadirkan sajian lezat dan bergizi bagi keluarga, Anda bisa mencoba ragam resep kacang panjang yang berikut ini:

Tumis Kacang Panjang Ebi

@ fimela.com

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 100 gram ebi
  • 150 gram kacang panjang
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 buah cabai merah
  • 1 buah tomat
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • Gula pasir secukupnya

Langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan kacang panjang lalu dipotong dengan bentuk menyerong, lalu cuci hingga bersih dan tiriskan
  2. Iris bawang putih juga bawang merah
  3. Selanjutnya cincang kasar tomat dan rendam ebi menggunakan air yang hangat
  4. Jika bumbu dan bahan sudah siap, Anda bisa memanaskan 3 sendok minyak goreng dengan api sedang
  5. Selanjutnya masukkan bawang putih, bawang merah serta tomat, kemudian aduk bumbu sampai rata dan layu
  6. Masukkan ebi lalu aduk lagi hingga merata
  7. Tambahkan bumbu-bumbu seperti halnya kecap asin, garam, merica, kecap ikan dan gula pasir. Aduk sampai bumbunya larut
  8. Masukkan kacang panjang ke dalamnya. Aduk sampai kacang panjang matang dan lunak
  9. Setelah matang, Anda bisa mengangkat dan menghidangkannya ke dalam piring sajian

Kacang Panjang dengan Tauge

@ cookpad.com

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 buah tomat yang dibelah menjadi 4 bagian
  • Minyak goreng secukupnya
  • 150 gram tauge
  • 200 gram kacang panjang yang telah dipotong-potong sesuai dengan selera
  • 3 cm lengkuas
  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 3 buah cabai yang besar lalu dibuang isinya dan diiris serong
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 7 cabai rawit yang diiris serong

Langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan cara memanaskan minyak lalu gunakan untuk menumis bumbu yang telah dicincang halus. Tunggu sampai harum dan tambahkan lengkuas setelahnya
  2. Masukkan kacang panjang lalu masak hingga layu
  3. Tambahkan tauge dan aduk sampai rata
  4. Masukkan bumbu-bumbu seperti garam, kaldu ayam dan gula secukupnya lalu aduk hingga rata
  5. Tambahkan sedikit air jika ingin bumbu meresap dengan baik
  6. Selanjutnya masukkan tomat dan jangan lupa untuk melakukan tes rasa
  7. Setelah matang, Anda bisa mengangkat dan menyajikannya di meja makan

Untuk bisa mendapatkan kacang panjang yang berkualitas dan segar, Anda bisa langsung menuju ke RegoPantes. Pasalnya semua diambil dan dikirim langsung dari para petani lokal. Selain kacang panjang, Anda bisa menemukan beragam produk lain yang dijual dengan harga yang murah. Mulai dari buah, sayur, beras, hingga bumbu dapur semuanya tersedia di RegoPantes.

Stok segar dari RegoPantes cocok untuk Anda jadikan sebagai pasokan bahan pangan di rumah. Apalagi Anda tak perlu lagi repot belanja langsung, karena semua pesanan akan diantarkan langsung ke alamat Anda. Soal harga tak perlu khawatir, sebab Anda akan dapat jaminan harga pantas di RegoPantes tanpa adanya permainan dari tengkulak di pasar.

You Might Also Like