Inspirasi

4 Manfaat Timun untuk Kecantikan Ini Jarang Diketahui, Simak Caranya!

@ twitter.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya mentimun. Buah yang banyak akan kandungan airnya ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan lho! Salah satunya adalah sebagai perawatan untuk kulit sehat Anda. Selain murah, perawatan dengan mentimun juga mudah untuk dilakukan. Timun juga menjadi salah satu bahan makanan yang gampang untuk ditemukan di sekitar kita.

Berikut beragam manfaat mentimun yang bisa digunakan untuk menyehatkan kulit kita.

1. Berguna untuk Toner

@ tipkecantikan.com

Mentimun dapat dijadikan sebagai toner alami untuk kesehatan kulit. Jika tertarik, Anda bisa menyiapkan toner mentimun dengan beberapa langkah yang berikut ini:

  • Langkah pertama adalah dengan cara mencuci lalu mengupas dan iris mentimun yang sudah disiapkan. Selanjutnya masukkan ke dalam wajan yang telah diisi dengan air sampai mentimun terendam semuanya
  • Panaskan di atas kompor dengan api yang kecil selama 5 sampai dengan 7 menit. Selanjutnya haluskan mentimun dengan blender ataupun food processor sampai halus merata
  • Jika sudah, tuang mentimun yang sudah halus menggunakan saringan ataupun kain halus lalu peras dan pisahkan bagian mentimun dengan airnya
  • Selanjutnya pindahkan air mentimun ke dalam botol yang telah disiapkan
  • Tambahkan juga sesendok teh air mawar untuk memperkuat efek hidrasi serta penyembuhan
  • Hindari menggunakan toner ini lebih dari 3 atau 4 hari ya.

Baca juga : Jangan Asal-asalan, Begini Cara Tepat Manfaatkan Timun di Area Sekitar Mata

2. Body Lotion

@ stylecollect.de

Anda juga bisa menjadikan mentimun untuk body lotion. Jika tertarik membuat body lotion yang satu ini, Anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti santan, air mentimun, gel lidah buaya dan juga vitamin E. Langkah pembuatan body lotion mentimun antara lain adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah dengan memarut kasar mentimun lalu diperas sampai keluar airnya
  • Selanjutnya tuangkan ke dalam wadah yang tertutup lalu tambahkan seperempat cangkir santan, seperempat lidah buaya dan juga vitamin E
  • Goyang-goyang wadah tersebut hingga semua bahan yang dimasukkan tercampur satu dengan yang lainnya
  • Simpan ke dalam lemari es

3. Untuk Cuci Muka

@ hariangadis.com

Manfaat lainnya mentimun adalah untuk mencuci muka. Penggunaan air sehat yating satu ini bisa digunakan untuk menyapu bersih minyak yang ada di wajah. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan merendam mentimun dengan air yang dingin selama kurang lebih 1 jam. Anda juga bisa menambahkan campuran seperti halnya lidah buaya ataupun teh hijau supaya wajah menjadi lebih lembab.

Anda bisa menggunakan air mentimun untuk mencuci wajah sebelum memulai aktivitas. Cocok juga digunakan setelah Anda beraktivitas di luar ruangan. Air mentimun juga dapat dibekukan untuk digunakan sebagai ice facial.

4. Untuk Mengurangi Pembengkakan di Area Mata

@ idntimes.com

Manfaat mentimun lainnya adalah untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi di area mata. Mentimun juga berguna untuk menenangkan kulit yang rusak serta membuat mata nampak lebih segar. Hal ini tidak lepas dari kandungan sehat berupa vitamin C serta asam folat yang terdapat di dalam mentimun.

Ada begitu banyak manfaat mentimun yang bisa diandalkan untuk kesehatan kulit. Untuk mendapatkan mentimun serta produk alami lainnya yang berkualitas dan terjangkau, Anda bisa langsung menuju ke situs RegoPantes. Situs belanja yang satu ini memiliki ragam produk menarik yang dipasok secara langsung dari petani lokal. Dengan belanja di RegoPantes, tentu Anda akan ikut menyumbang peningkatan taraf hidup petani kita. Tunggu apalagi, segera pastikan belanja praktis Anda di RegoPantes! Sering ada program promonya lho!

0 Shares

You Might Also Like