Inspirasi

Minum Kopi Disebut Mampu Mengusir Kantuk, Benarkah?

mengusir kantuk

@fajar.co.id

Rasa kantuk tak tertahankan seringkali datang secara tiba-tiba. Sebenarnya, rasa kantuk seperti ini merupakan sinyal jika tubuh ingin diberi waktu istirahat. Namun, bagaimana jika rasa kantuk tiba saat aktivitas belum usai? Tentu Anda akan berusaha mencari cara mengusir kantuk bukan?

Kebanyakan orang akan langsung melirik kopi panas untuk mengusir rasa kantuk. Kopi dianggap mampu membuat tubuh kembali berjaga dan segar. Benarkah demikian?

Peneliti dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School menemukan bukti mengejutkan tentang hubungan kopi dengan rasa kantuk. Ia melakukan penelitian pada 785 orang selama 5.164 hari. Hasilnya, tak ada pengaruh signifikan antara meminum kopi dengan berkurangnya rasa kantuk. Bahkan, responden yang diberi tablet kafein mengaku tak memiliki perubahan jam tidur.

Sementara itu, Hellosehat memiliki pendapat yang berbeda. Kandungan kafein dalam kopi dapat menjadi stimulan yang bekerja sebagai adenosine receptor antagonist. Adenoise merupakan senyawa yang ada dalam tubuh untuk menciptakan rasa kantuk. Kinerja adenoise akan terhambat jika tubuh mendapat asupan kafein.

Baca Juga : Manfaat dan Resiko Kopi Hijau, Ketahui Dulu Sebelum Mencoba

Kafein yang dikonsumsi dalam bentuk teh, kopi, coklat atau jenis camilan berkafein lainnya tergolong memiliki respon cepat untuk menghambat kantuk. Puncaknya, kafein akan bereaksi 30 hingga 60 menit setelah dikonsumsi atau bahkan lebih cepat. Efek yang dihasilkan yakni kesulitan tidur, berkurangnya waktu tidur, atau menurunnya waktu tidur.

bahaya kopi, bahaya kafein

@idntimes.com

Dari penjelasan di atas, sudah jelas ada dua pendapat tentang pengaruh kafein terhadap pola tidur. Hal ini dikarenakan efek kafein memang berbeda-beda pada setiap orang. Efek kafein pada pola tidur dipengaruhi oleh usia, faktor genetik dan waktu mengkonsumsi. Orang yang sudah biasa mengkonsumsi kafein bahkan mungkin tak akan mengalami efek sama sekali.

Kendati tubuh bisa menerima jadi menerima efek ‘anti kantuk’ dari kopi dan bisa jadi tak merasakannya sama sekali, bahaya kafein tetap saja mengancam tubuh. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah terlalu banyak dapat membuat arteri menyempit sehingga menyebabkan sakit kepala dan kenaikan tekanan darah. Tak hanya itu, kafein juga bersifat laktasif sehingga tak aman bagi pencernaan.

Lantas, bagaimana jika sudah teranjur kecanduan kopi? Tenang, racun yang tertimbun akibat meminum kopi dapat dinetralisir dengan air lemon dan memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan potasium juga membantu tubuh cepat pulih.

Beberapa jenis makanan yang kaya potasium untuk menekan efek buruk kafein pada kopi adalah tomat, kacang almod, pisang, kentang, dan kacang merah. Namun ingat, selalu pilih bahan pangan paling berkualitas agar manfaat yang didapat maksimal. Bingung dimana bisa menemukan bahan pangan berkualitas? RegoPantes siap membantu Anda.

RegoPantes menyediakan segala kebutuhan pangan, mulai dari buah, sayur, beras hingga bumbu dapur. RegoPantes menjamin  bahan pangan yang dikirim adalah bahan pangan baru panen yang terjaga kualitas dan kesegarannya. Bahan pangan langsung dikirim dari petani lokal dengan ketentuan 100% keuntungan menjadi milik petani. Jadi, dimana lagi bisa mendapat bahan pangan berkualitas sekaligus membantu nasib petani? Apapun kebutuhannya, Regopantes-in aja, yuk!

0 Shares

You Might Also Like