Inspirasi

Stop Beri Camilan Instan, ini 5 Camilan Sehat yang Pasti Disukai Anak

menu camilan sehat

@hellosehat.com

Kesehatan anak adalah hal yang penting diperhatikan. Kesehatan anak sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak sehingga secara tak langsung mempengaruhi masa depannya nantinya. Oleh karena itu, sudah selayaknya orangtua selalu berusaha menjaga anak-anaknya tetap sehat.

Berbicara soal kesehatan anak, ada dua aspek yang harus diperhatikan oleh orangtua, yakni asupan makanan dan pola hidup anak. Makanan yang penuh nutrisi menyumbang 70% kesehatan anak, sedangkan pola hidup seperti kebersihan dan aktivitas menyumbang 30% sisanya. Jadi, selain memastikan anak berolahraga atau aktif bergerak, Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisinya. Jangan sampai anak sudah diberi menu makanan sehat, tapi justru diberikan camilan sembarangan.

Camilan Sehat untuk Anak

camilan sehat

@pccmarkets.com

Anak paling sering mengkonsumsi kudapan instan sebagai camilannya. Padahal, makanan instan tersebut tak baik bagi kesehatan. Selain minim gizi, makanan instan juga berpotensi menyebabkan penyakit karena mengandung pewarna, pengawet, dan terkadang pemanis buatan. Nah, agar anak tak makan camilan sembarangan lagi, sebaiknya mulai sekarang sediakan menu camilan sehat berikut ini!

1. Yogurt

Yogurt yang terbuat dari susu segar memiliki kandungan kandungan kalsium dan protein yang baik untuk kesehatan tulang serta otot. Selain itu, yogurt merupakan produk fermentasi yang mengandung bakteri baik sehingga baik untuk kesehatan pencernaan anak. Namun, jangan terlalu banyak memberikan yogurt pada anak dan pastikan Anda memberikan yogurt tawar. Jika ingin menambah rasa, Anda bisa menambahkan potongan buah atau jus untuk menghindari pemanis dan perasa sintetis.

Baca Juga : 4 Tanda Cacingan yang Sering Diabaikan, Atasi Sebelum Terlambat

2. Keju

Camilan lain yang bisa menjadi kudapan sehat untuk anak adalah keju. Sama halnya dengan yogurt, keju terbuat dari susu yang melalui proses fermentasi sehingga mengandung aneka nutrisi untuk tubuh. Cukup banyak jenis keju yang saat ini beredar di pasaran dan dapat Anda gunakan sebagai bahan tambahan pangan. Sayangnya, tak semua anak suka dengan rasa keju.

3. Dark Chocolate

Siapa yang tak suka dengan coklat? Mulai dari anak hingga kalangan dewasa pasti menyukainya,. Sayangnya, banyak orangtua yang melarang anaknya mengkonsumsi coklat dengan alasan takut gigi berlubang. Padahal, memberikan dark chocholate pada anak dapat membantu memperlancar aliran darah. Namun, batasi konsumsinya karena anak juga bisa terkena diabetes, ingatkan pula untuk sikat gigi] usai makan coklat untuk mencegah korosi gigi.

4. Kacang-Kacangan

Kacang memiliki kandungan lemak baik dan protein yang bagus untuk kesehatan tubuh si kecil. Namun, baiknya Anda memberikan anak camilan kacang oven dibanding kacang goreng. Selain itu, perhatikan pula porsi yang diberikan. Kacang membuat perut cepat kenyang sehingga kebanyakan memakan kacang dikhawatirkan akan membuat anak lupa dengan menu makanan utamanya.

5. Buah-Buahan

Buah mengandung asam folat, kalsium, gula alami, dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan anak. Oleh karena itu, memberikan buah sejak anak pertama kali mengenal makanan padat sangat perlu dilakukan. Namun, ingat untuk memperhatikan jenis buah yang diberikan karena tak semua jenis buah aman dikonsumsi anak-anak.

Selain memperhatikan jenisnya, Anda juga harus memperhatikan kualitas buah yang diberikan. Jangan sampai Anda berusaha memberikan anak makanan sehat, tapi kualitas buah yang diberikan tak terjaga sehingga usaha Anda sia-sia karena nutrisi buah sudah banyak berkurang. Selain itu, buah yang kurang berkualitas juga menimbulkan berbagai ancaman kesehatan, seperti paparan kimia buah yang menyebabkan kanker, hingga buah kurang segar yang memicu diare.

Tak mau pertaruhkan kesehatan anak hanya gara-gara salah pilih kualitas buah? Beralihlah ke RegoPantes yang hanya akan mengirim buah segar dan berkualitas. RegoPantes memungkinkan Anda bertemu dengan para petani daerah melalui aplikasi dan mendapatkan hasil bumi baru petik dari tangan mereka. Soal harga, Anda tak perlu khawatir karena RegoPantes menawarkan harga pantas untuk Anda dan untuk petani. Ditambah dengan layanan gratis ongkos kirim, tentunya RegoPantes akan memberikan kenyamanan lebih bagi Anda dalam hal belanja online.

You Might Also Like