Inspirasi Motherhood Tips

Tak Bakal Ditolak, Begini Cara Cerdas Agar Anak Doyan Buah dan Sayur

agar anak doyan sayur, agar anak makan sayur, nafsu makan anak

@tirto.id

Buah dan sayur kerap menjadi makanan yang dimusuhi anak. Anak kerap kali menolak makan ketika piringnya memiliki menu sayuran atau diberi buah sebagai camilan. Padahal, sayur dan buah sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan nutrisi.

Sebaliknya, anak-anak umumnya lebih menggemari makanan cepat saji sebagai makanan berat dan coklat serta permen sebagai camilannya. Hal semacam ini tentu saja membuat orangtua, terutama ibu merasa pusing dan harus putar otak agar anak doyan sayur.

Trik Cerdas Agar Anak Makan Sayur

Nah, kini Anda tak perlu lagi pusing memikirkan cara agar anak mau makan sayur serta buah. Dengan sedikit kreatifitas, si kecil tak akan mampu menolak meski piringnya berisi menu sayuran. Anda bisa memanfaatkan karakter kesukaannya lalu bermain dengan imajinasi hingga berhasil menyajikan tampilan menu makanan yang cantik.

Bagi Anda yang belum menemukan ide, berikut bentuk makanan menarik sebagai sajian menu anak susah makan sayur.

1. Mike

@tribunnews.com

Karakter ini merupakan karakter yang ada dalam film Monsters Inc. Anda bisa membuatnya dari campuran alpukat, apel dan roti. Jika menginginkan sayur, Anda juga bisa mengganti apel dengan tomat.

Baca Juga : Tanpa Kulkas! Begini Cara Menyimpan Sayur Agar Awet Segar

2. PO

@tribunnews.com

Karakter lain yang bisa menjadi cara menyiasati anak susah makan sayur adalah PO. Karakter panda dalam film Kungfu Panda ini bisa Anda buat dari nasi putih, nori, mentimun dan tambahan daging. Caranya cukup mudah, Anda tinggal membentuk nasi menyerupai panda dan menyelimutinya dengan nori. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa meletakkan lembaran nori pada cetakan panda lalu meletakkan nasi di atasnya. Balik cetakan di atas piring saji lalu hias sesuai selera.

3. Spongeboob

@tribunnews.com

Karakter lain yang dapat menggugah selera makan anak adalah spongeboob. Sesuai warna karakter aslinya, Anda bisa membuatnya dari nasi kuning yang dihiasi aneka sayuran. Bentuknya yang sederhana juga sangat mudah dibuat loh!

Perhatikan Kandungan Gizi di Dalamnya

Selain inspirasi bentuk yang menarik, gizi dalam menu makanan si kecil juga harus sangat diperhatikan loh! Mengetahui kandungan setiap komposisi makanan mungkin akan sulit bagi sebagian orang.

Nah, daripada kesulitan, tips cerdasnya adalah menyajikan menu makanan dengan aneka warna. Anda bisa memberikan si kecil menu makanan yang terdiri dari aneka macam sayuran dan buah. Jangan hanya memberi sayur hijau setiap hari karena anak juga butuh gizi dari jenis sayur lainnya.

Selain kandungan, Anda juga harus pertimbangkan kualitas ayur dan buah yang diberikan. Jangan sampai cara agar si kecil doyan sayur yang Anda lakukan sia-sia karena sayur dan buah yang diberikan sayur kurang berkualitas dengan nilai gizi tak penuh.

Agar usaha Anda tak mubazhir, selalu pastikan Anda menggunakan sayuran segar berkualitas. Tak perlu repot dan takut salah pilih, RegoPantes membantu menyediakan kebutuhan buah dan sayur harian Anda. Hanya dengan perantara gadget, Anda sudah bisa mendapat sayur, buah, beras serta bumbu dapur dengan kualitas atas dan harga pantas.

You Might Also Like