Inspirasi Kesehatan

Adu Kandungan Gizi, Ini 3 Sayuran dengan Gizi Terbanyak dan Terendah

nilai gizi sayur

@thespurceeats.com

Banyak orang yang tak suka sayur tapi memaksa diri mengkonsumsi sayur karena memburu kandungan gizi di dalamnya. Namun rupanya, tak semua sayur mengandung gizi yang banyak. Ada pula sayur yang minim gizi tapi justru digemari karena rasanya.

Jika Anda sangat peduli tentang gizi, coba perhatikan 3 sayuran paling banyak gizi dan 3 yang memiliki gizi rendah. Mana yang paling sering Anda konsumsi?

3 Sayuran dengan Kandungan Gizi Terbaik

sayur organik

@snaped.fns.usda.gov

Mengkonsumsi sayur karena tergiur nilai gizi serta manfaatnya? 3 jenis sayur dengan nilai gizi tertinggi berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

1. Kale

Sayuran yang satu ini pernah booming beberapa tahun silam. Bukan tanpa alasan, melainkan kale mengandung gizi yang sangat tinggi dan beragam. Kale mengandung vitamin K yang baik untuk darah, lutein yang baik untuk kesehatan mata dan vitamin C yang lebih banyak dibanding jenis sayuran lainnya.

Baca Juga : Kenali Ciri Buah Segar dan Berkualitas Berdasarkan Jenisnya, Jangan Lagi Tertipu Harga!

2. Bayam

Bisa dibilang bayam adalah sayuran yang paling merakyat. Di pedesaan, bayam bisa ditemui di kebun dengan mudah. Sementara bagi masyarakat perkotaan, bayam bisa ditemui di pasar tradisional maupun supermarket dengan harga cukup terjangkau.

Meski terbilang murah dan mudah ditemui, bayam memiliki nilai gizi yang tak main-main. Bayam mengandung zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin E serta beragam mineral penting yang baik untuk tubuh. Sayangnya, bayam juga digolongkan sebagai dirty dozen atau sayuran berpestisida. Jadi, jangan membeli bayam di semabarang tempat ya! Usahakan membeli bayam jenis sayuran organik agar bisa merasakan manfaatnya tanpa takut bahaya pestisida.

3. Labu

Labu seringkali diolah menjadi kolak. Padahal, labu bisa diolah menjadi beragam makanan yang menyehatkan, termasuk juga menu MPASI si kecil. Labu mengandung kalium, antioksidan dan vitamin yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu aja, kandungan serat dalam labu rupanya lebih tinggi dibanding kandungan serat dalam bayam dan kale.

3 Sayuran yang Minim Gizi Tapi Justru Digemari

kandungan gizi

@hellosehat.com

3 sayuran berikut tergolong memiliki gizi rendah. Anehnya 3 jenis sayuran ini justru sangat digemari karena rasanya yang lezat. Bahkan ada yang dijadikan bumbu wajib di dapur!

1. Bawang Bombai

Bawang bombai tergolong memiliki nilai gizi sayur terendah, terlebih lagi penggunaannya dalam masakan hanya dalam porsi kecil. Meski demikian, bawang bombai tetap digemari dan menjadi bumbu wajib di dapur karena aroma dan rasanya yang sangat mempengaruhi kelezatan masakan.

2. Lobak

Lobak sering dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan seperti sashimi atau sushi. Lobak emang mengandung vitamin C, namun jika dibandingkan dengan jenis sayuran lain kadar gizinya asih kalah jauh.

3. Jamur Kancing Putih

Dibanding jenis jamur lainnya, jamur kancing putih memang lebih digemari karena rasanya yang lezat. Namun, jika memperhatikan nilai gizinya, jamur kancing putih justru kalah dengan jenis jamur lainnya.

Itulah tadi urutan sayur jika melihat dari kandungan gizinya. Selain memilih jenis sayur yang tepat, memeperhatikan kualitas sayur juga sangat penting jika Anda ingin menikmati gizi maksimal dari sayuran. Pastikan sayuran yang Anda beli terjaga kesegarannya serta bebas zat kimia berbahaya.

Tak mau salah pilih sayuran? Percayakan saja dengan RegoPantes. RegoPantes membantu Anda mendapatkan sayur segar berkualitas langsung dai tangan petani. Petani yang menjadi mitra RegoPantes adalah petani lokal terdidik sehingga mampu menjaga kualitas serta tak akan menggunakan bahan kimia berbahaya.

Melalui RegoPantes pula, Anda dapat merasakan kemudahan belanja, mulai dari belanja tanpa perlu keluar rumah, tanpa bayar ongkos kirim serta mendapat potongan harga. Coba belanja sekarang yuk!

You Might Also Like