Inspirasi Kesehatan

Banyak yang Masih Salah, Begini Cara Menikmati Nilai Gizi Lengkap dari Buah dan Sayur

kandungan gizi, nutrisi makanan

@khasiatbrokoli.blogspot.com

Nilai gizi buah dan sayur memang sangat tinggi, tak heran jika buah dan sayur menjadi bagian dari menu sehat yang tak boleh ditinggalkan. Namun, tahukah Anda jika cara memasak sayur dan buah mempengaruhi nilai gizinya? Jangan asal olah, kesalahan dalam memasak bisa saja menghilangkan kandungan gizinya, lho!

Kebanyakan orang berfikir jika menu masakan apapun tak jadi soal asal dibuat dari bahan-bahan yang penuh gizi. Padahal, nutrisi makanan tak hanya dipengaruhi oleh kualitas bahan, tetapi juga cara memasaknya. Masih bingung bagaimana cara memasak yang tepat agar gizinya tetap maksimal? Perhatikan ulasan penting berikut ini!

1. Brokoli Kukus

Bagaimana cara Anda memasak brokoli? Jika Anda sering memasak brokoli dalam bentuk sop atau tumis, sebaiknya hentikan mulai dari sekarang. Memasak brokoli dengan cara menumis, merebus, menggoreng, atau dengan microwave sekalipun dapat merusak kandungan vitamin C dan klorofil di dalamnya. Oleh karena itu, baiknya Anda memasak brokoli dengan cara dikukus agar gizinya maksimal. Tambahkan garam, minyak zaitun dan perasan lemon agar rasanya lebih lezat.

Baca Juga : 3 Menu Sehat untuk Menambah Berat Badan Anak, Makin Gemuk dalam Waktu Singkat

2. Kubis yang Difermentasi

Kubis seringkali dijadikan menu lalapan. Padahal, memakan kubis dalam kondisi mentah dapat meningkatkan produksi gas dalam lambung. Sebaliknya, kesalahan memasak akan menyebabkan kandungan gizinya hilang. Cara terbaik memasak kubis adalah dengan memfermentasi layaknya kimchi. Cara seperti ini akan menghasilkan bakteri baik yang berperan sebagai prebiotik.

3. Memasak Tomat

Nutrisi makanan yang terbuat dari tomat rupanya jauh lebih besar jika tomat dimasak dengan suhu rendah terlebih dahulu. Tomat yang dimasak memiliki kandungan antoksidan dan likopen yang lebih tinggi dibanding tomat segar. Menambah minyak zaitun pada olahan tomat juga mampu meningkatkan fitokimia yang berfungsi sebagai anti kanker.

4. Memakan Buah Beserta Kulitnya

nilai gizi

@tribunnews.com

Beberapa jenis buah seperti pir dan apel mengandung nutrisi yang lebih banyak pada kulitnya.  Namun, memakan buah beserta kulitnya juga mengandung resiko bagi kesehatan. Buah biasanya dilapisi dengan lapisan lilin untuk menjaga kesegarannya, belum lagi sisa pestisida yang tertinggal di kulit buah.

Ingin benar-benar aman mengkonsumsi buah beserta kulitnya? Coba produk unggul dari RegoPantes, yuk! RegoPantes menawarkan buah-buahan segar baru petik sehingga dijamin tak dilapisi lilin. Buah dan sayur yang ditawarkan juga dipetik pada kematangan yang pas sehingga menyediakan kandungan gizi maksimal serta rasa terbaik. Menariknya, Anda juga disodori beragam penawaran menarik seperti belanja dengan gratis ongkos kirim serta voucher diskon. Tertarik mencoba? Install aplikasi RegoPantes sekarang, yuk!

0 Shares

You Might Also Like