Inspirasi Kesehatan Tips

Pantas Digemari! Ada 15 Manfaat Tersembunyi Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

@ geronimo.fm

Alpukat menjadi salah satu buah tropis yang begitu difavoritkan. Ditambah lagi buah ini memang dikenal karena memiliki manfaat besar buat manusia, baik itu dikonsumsi langsung atau dimanfaatkan dalam bentuk lainnya. Pada artikel RegoPantes kali ini, Anda akan diajak mengenal lebih dalam mengenai manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan.

Terlebih alpukat ada beragam varietas yang jelas memiliki segudang manfaat baik. Salah satu varietas yang banyak digemari adalah alpukat mentega. Alpukat dengan kelebihan daging berwarna layaknya mentega dan tebal tanpa serat ini banyak disukai. Buah ini juga ada pada RegoPantes bersama produk pertanian lain yang langsung diambil dari petani.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Sebagai salah satu jenis alpukat unggulan, alpukat mentega ini memang kerap diburu. Selain itu memang alpukat memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut deretan manfaatnya bagi kesehatan yang perlu bunda ketahui lebih dulu.

1. Mencegah Resiko Kanker

Kanker memang diketahui termasuk salah satu penyakit mematikan di dunia. Alpukat yang dikenal memiliki senyawa antioksidan akan bantu menangkal radikal bebas yang akan jadi perusak DNA dalam sel yang dapat mengakibatkan kanker. Konsumsi alpukat rutin juga bisa bantu kurangi resiko kanker prostat dan payudara juga lho, bunda.

2. Mencegah Sakit Jantung

Alpukat memiliki kadar lemak baik yang akan bantu menurunkan kolesterol jahat dan resiko sakit jantung. Jadi jika bunda mengonsumsinya secara rutin akan membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Bunda, menurut penelitian alpukat mentega diketahui memiliki kandungan senyawa lutein yang dapat membantu jaga kesehatan mata, serta mencegah resiko katarak dan age macular degeneration. Disarankan buat bunda dan keluarga mengonsumsi alpukat rutin supaya kesehatan mata terlindungi.

Baca juga : Patut Dicoba! Ini 6 Inspirasi Resep Olahan Alpukat Mentega yang Kaya Akan Gizi

4. Melancarkan Pencernaan

Kaya akan serat alami, alpukat akan membantu melancarkan pencernaan. Teksturnya yang lembut dan halus akan membantu melindungi permukaan lambung dari beragam jenis makanan yang bisa saja menyebabkan peningkatan asam lambung.

5. Mencegah Depresi

Depresi termasuk penyakit tak terlihat namun dampaknya sangat terasa pada diri seseorang. Konsumsi buah alpukat akan dapat membantu mengatasi masalah satu ini. Sebab kandungan alpukat seperti magnesium akan bantu jaga kesehatan mental dan mencegah resiko stress hingga depresi.

Perlu diketahui, bahwa saat kadar magnesium dalam tubuh minus, maka kecemasan akan lebih tinggi. Biasanya akan ditandai dengan susah tidur malam dan rentan stress berujung depresi. Selain magnesium, ada manfaat buah alpukat lainnya seperti vitamin B yang akan keluarkan serotonin dan dopamine alami untuk kurangi rasa cemas berlebih.

6. Mencegah Resiko Diabetes

Salah satu penyakit yang sering menjadi pemicu penyakit dalam lainnya adalah diabetes. Salah satu manfaat buah alpukat inilah yang bisa digunakan untuk mencegah resiko diabetes. Pasalnya pada alpukat terdapat asam oleat yang akan membantu mencegah DM. Lemak tak jenuh dalam alpukat juga memiliki fungsi mengurangi kadar trigliserida dan mengontrol kadar gula darah.

7. Mencegah Peradangan Sendi

Peradangan sendi menjadi satu hal yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang. Namun dengan rajin konsumsi buah alpukat, maka manfaatnya akan dapat dirasakan. Buah satu ini memiliki zat anti inflamasi yang dikenal dengan pitosterol. Kandungan inilah yang akan bekerja membantu mengurangi perasangan sendi.

8. Mengatasi Bau Nafas Tak Sedap

Hal yang seringkali jadi masalah adalah bau mulut. Pasalnya akan mempengaruhi kepercayaan diri setiap orang saat berinteraksi. Untuk mencegah hal tersebut maka ada baiknya mengonsumsi buah alpukat secara rutin yang nantinya akan bantu bersihkan usus.

9. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh memang pasti ada. Hanya saja ada kolesterol baik dan jahat. Kolesterol jahat (LDL) inilah yang harus diminimalisir keberadaannya. Alpukat memiliki senyawa beta-sitosterol yang terbukti dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

10. Menguatkan Tulang

Buah alpukat memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, di mana akan membantu mengurangi resiko defek kartilago sebagai gejala osteoarthritis. Kadar mineral yang terkandung di dalamnya ini terdapat zinc, tembaga, kalsium, selenium, dan fosfor. Semua ini memiliki khasiat dalam meningkatkan kepadatan tulang dan membantu turunkan resiko pengapuran tulang.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kecantikan

@ republika.co.id

Selain kesehatan secara umum, ada juga manfaat buah alpukat bagi kecantikan, terutama wajah dan kulit melalui pemanfaat masker alpukat. Dengan bahan alami ini, maka akan didapatkan 5 manfaat berikut ini.

1. Bantu Jaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah alpukat memang tak hanya bisa diambil melalui proses konsumsi langsung. Tetapi bisa dimanfaatkan sebagai masker. Dengan memanfaatkannya maka kesehatan kulit akan terpelihara dengan baik. Sebab ada banyak kandungan seperti vitamin K, E, zinc, serta senyawa lain yang akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

2. Melembabkan Kulit

Alpukat akan membantu melembabkan kulit. Sehingga tak harus menggunakan make up demi dapatkan kelembaban kulit. Cukup gunakan masker alpukat yang bersifat alami. Sebab kandungan mineral pada buah ini akan membantu mencegah kulit kering dan menutrisinya dari dalam. Kulit pun akan jadi sehat dan berseri usai gunakan masker alpukat.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan kolagen pada buah alpukat akan sangat baik dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah. Dengan rutin mengaplikasikan masker alpukat maka akan mencegah proses penuaan dini. Kolagen membantu meremajakan kulit, kulit jadi kencang dan pastinya mencegah kerutan-kerutan di bagian wajah.

4. Perawatan Kulit Kepala

Perlu diketahui bahwa nutrisi pada buah alpukat ini memiliki peran penting dalam membantu merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin dan asam lemak omega 3 alpukat bisa memberikan dampak rambut berkilau dan lembut. Maka dari itu alpukat bisa dimanfaatkan sebagai masker alami rambut.

5. Mengurangi Kerut Kelopak Mata

Mata menjadi satu bagian yang sering kali diperhatikan. Jadi tidak heran bila banyak yang sangat sensitive dengan kondisi area kelopak mata. Apalagi saat menemukan banyak kerutan di sana. Tenang, manfaat buah alpukat bisa diperoleh dengan menjadikannya sebagai masker. Kandungan vitamin E, hydratingfats dan fatty acids dalam alpukat akan bantu melembabkan dan mengencangkan kulit kelopak mata.

Sederet khasiat dan manfaat buah alpukat di atas tentunya akan membuat Anda semakin yakin dan gemar mengonsumsi. Tunggu apalagi, segera saja hubungi kontak RegoPantes untuk mendapatkan buah alpukat terbaik dengan harga pantas juga.

RegoPantes menjadi solusi tepat bagi Anda yang berada di Jabodetabek. Keterbatasan waktu untuk langsung membeli buah dan sayur segar ke pasar atau mall tak lagi jadi soal berkat adanya RegoPantes. Situs RegoPantes siap menyediakan produk pertanian mulai buah, sayur, beras, bumbu dapur, hingga paket khusus lain yang pastinya akan memudahkan.

Lebih mudah lagi, Anda juga bisa belanja praktis melalui aplikasi RegoPantes yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Tak perlu ragu lagi, percayakan belanja kebutuhan Anda pada RegoPantes yang berikan layanan praktis sampai tempat tujuan tanpa ada lagi biaya tambahan.

Yuk, ikut dukung program #MembeliituMembantu RegoPantes! Dengan membeli di RegoPantes sama artinya Anda bantu para petani dapatkan kesejahteraan atas hasil panennya.

You Might Also Like