Inspirasi Resep Tips Untuk Bunda

Pasti Disukai Bayi, Inilah Ragam Menu MPASI 6 Bulan

@ orami.co.id

Bunda, lagi bingung memikirkan menu MPASI 6 bulan buat si kecil? Jangan bingung lagi, bunda sudah benar dengan membaca artikel ini. Karena RegoPantes akan bantu bunda untuk mengenal apa itu MPASI, kapan waktu yang tepat memberikannya pada bayi, tips, serta deretan menu makanan padat sebagai pendamping ASI.

Makanan padat ini biasanya berupa buah atau sayur yang sudah dihaluskan sedemikian rupa agar bisa masuk dan tertelan oleh si bayi. Makanya butuh sayur dan buah-buahan segar untuk mendukung kebutuhan MPASI si kecil seperti yang sudah tersedia di RegoPantes.

Fyi, selain buah dan sayur, RegoPantes juga menyediakan beragam bahan pangan mentah yang langsung didapat dari petani lho, bunda. Sebut saja aneka beras, bumbu dapur, dan produk praktis lainnya tersedia bagi para bunda yang tak mau repot harus belanja langsung.

Aneka bahan berkualitas dan praktis ini diberikan dengan harga yang pastinya pantas dan ramah di kantong. Menariknya ada juga paket-paket khusus buat bunda lho!

Mengenalkan MPASI pada Buah Hati Usia 6 Bulan

Namanya saja Makanan Pendamping ASI ya bunda, jadi tak heran bila makanan padat yang diberikan nantinya bukan sebagai menu utama buat si kecil. Karena buat bayi berumur 6 bulan itu, ASI masih jadi makanan pokok baginya.

Kalau bunda kasihkan makanan padat kepada si kecil sebelum waktunya, itu bukan hal benar dan tidak disarankan sama sekali oleh dokter. Makanya bunda, jika bayi sudah berusia 6 bulan, menu MPASI baru bisa dikenalkan karena ini akan jadi asupan tambahan yang akan memberikan tambahan nutrisi lain yang tak ada pada ASI.

Bunda juga gak boleh gegabah alias memaksakan si kecil ini buat langsung mau pada menu MPASI 6 bulan yang diberikan. Bayi usia 6 bulan ini biasanya juga akan mulai menunjukkan beberapa reaksi siap menerima MPASI lho bun!

  • Si kecil akan mulai masukkan benda atau makanan ke dalam mulutnya
  • Mulai tertarik dan meraih makanan yang bunda makan saat ini
  • Dapat menelan makanan, jika tidak bayi akan mengeluarkan makanan yang bunda berikan
  • Si kecil juga menunjukkan perkembangan nyata dengan duduk sendiri dengan kepala tersangga baik oleh tubuh

Meski begitu bunda tak boleh ya langsung beranggapan bila si kecil itu sudah lapar atau minta ASI lebih banyak hanya karena melihat tanda-tanda tersebut. Ada baiknya bunda berikan secara perlahan dan bertahap, dengan mengikuti beberapa tips berikut.

  1. Bunda kenalkan menu MPASI 6 bulan bayi dengan jenis sayur-sayuran dahulu. Tujuannya menghindari si bayi ini memilih dan lebih suka sama buah-buahan yang punya rasa lebih manis.
  2. Tambahkan juga jenis MPASI dengan kandungan zat besi seperti labu, ubi jalar, wortel, kacang hijau, pir, apel, pisang, atau buah persik.
  3. Jangan menambahkan gula atau garam pada menu MPASI si kecil
  4. Untuk membantu si baby menelan, saat pemberian MPASI boleh diselingi air
  5. Sangat disarankan untuk mengukus sayur ataupun buah yang akan dijadikan menu MPASI si kecil, karena merebus akan mengurangi kadar nutrisinya.
  6. Sangat tidak dianjurkan pada bayi 6 bulan pemberian madu ataupun susu sapi ya, bunda. Karena pencernaannya belum mampu basmi kemungkinan bakteri pada madu dan belum bisa cerna susu dengan baik.
  7. Disarankan memberikan satu jenis menu MPASI 6 bulan pada tahap awal, atau berikan campuran susu pada menu makanan padatnya.

Jika bunda sudah berikan menu MPASI pertama pada si kecildan direspon dengan baik, maka berikan yang sama dalam waktu tiga hari, sebelum berikan jenis MPASI baru kepadanya, bun. Kenapa begitu? Karena ini jadi sebuah massa untuk melihat reaksi yang ditunjukkan bayi akan makanan tersebut, semisal alergi.

Bunda juga bisa lho buat catatan menu makanan padat pendamping ASI yang sudah dikonsumsi buah hati. Dengan begitu bunda akan tahu makanan apa saja yang diterima dan ditolak (alergi) oleh tubuh bayi. Ini pasti mengajarkan bunda lebih teliti dan pastinya bisa mengatur jadwal dan menu MPASI 6 bulan di baby.

Ragam Menu MPASI Bayi 6 Bulan

Nah, buat membantu bunda menentukan menu apa saja buat MPASI si kecil, berikut ada deretan menu sayur dan buah serta resep membuat yang bisa diikuti.

1. Pure Kentang

@ rachaelrayshow.com

Bunda hanya butuh bahan berupa sebuah kentang kecil yang kemudian dikupas dan dibersihkan. Potong ukuran kecil dan kukus selama 15 menit. Haluskan hingga benar-benar lembek tanpa ada gumpalan sama sekali, jika perlu bunda saring ya. Sebelum diberikan pada si kecil, tambahkan susu formula atau ASI secukupnya dan aduk rata.

2. Pure Labu Siam

@ beabausa.com

Bunda juga bisa manfaatkan si labu siam buat MPASI si kecil. Ambil labu siam muda secukupnya, kupas dan cuci bersih dengan air mengalir. Kukus usai dibersihkan selama 15 menit. Haluskan dan bila perlu tambahkan evoo. Maka udah bisa menyakinannya buat buah hati.

3. Pure Kabocha

@ ibudanbalita.com

Labu kuning asal Jepang ini juga jadi pilihan pas buat menu MPASI buah hati di usia 6 bulan. Cukup ambil 50 gram kabocha, kupas, dan bersihkan. Kemudian potong kecil-kecil dan kukus kira-kira 10 menit. Setelah empuk haluskan hingga benar-benar lembek. Tambahkan juga sufor atau ASI, ya bun.

Bunda, semua bahan menu MPASI di atas sudah ada di RegoPantes dalam bentuk paket Mix MPASI buat si kecil. Dijamin semua buah dan sayurnya dalamkeadaan fresh dan berkualitas bagus. Mengingat ini makanan pendamping pertama buat si kecil, sudah sepantasnya bila bunda menginginkan yang terbaik demi menjaga kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Percayakan saja semua pada RegoPantes. RegoPantes menyediakan beragam buah, sayur, beras, produk praktis, dan bumbu dapur dengan kualitas bagus. Pelayanannya juga mudah dan pastinya terjangkau. Dengan begitu bunda tak ragu lagi untuk menemukan aneka bahan untuk menu MPASI 6 bulan bayi dan aneka kebutuhan lain secara praktis di wilayah Jabodetabek.

2K Shares

You Might Also Like