Inspirasi Kesehatan Motherhood

10 Jenis Sayur untuk Ibu Hamil Ini Wajib Dikonsumsi Rutin, Bermanfaat Bagi Perkembangan Janin

@ mastrip.net

Ada banyak jenis sayuran untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Hal ini dilakukan supaya ibu dan janinnya selalu dalam kondisi sehat dan kuat. Jenis sayuran untuk ibu hamil sendiri sangat beragam dan pastinya memiliki manfaat yang saling melengkapi antara satu dengan yang lain. Tidak perlu repot-repot mencari sayuran untuk ibu hamil, karena di lingkungan sekitarpun, Anda bisa menemukannya banyak sekali.

Beragam Sayuran untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan

Berikut ini adalah beragam jenis sayuran untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin selama masa kehamilan berlangsung.

1. Tomat

@ beritaturki.com

Tomat merupakan salah satu makanan sehat bagi ibu hamil yang pertama. Sayuran yang juga dianggap sebagai pelengkap sajian ini sangat baik dikonsumsi saat wanita memasuki masa kehamilan. Hal ini tidak lepas dari ragam kandungan tomat yang bernutrisi dimana salah satunya adalah vitamin C. Jenis vitamin ini adalah sejenis nutrisi esensial yang bagus guna menyehatkan ibu dan janinnya.

Tomat juga memiliki kandungan sehat lainnya berupa zat besi dan likopen. Zat besi bagus untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur. Sementara kandungan likopen dalam tomat mampu menunjang perkembangan sel janin di dalam rahim.

Likopen memiliki sifat antioksidan yang memiliki peran baik sebagai peningkat suplai oksigen di dalam tubuh. Zat ini juga bagus untuk menunjang sel otak janin hingga perkembangannya bisa lebih maksimal.

2. Wortel

@ pixabay.com

Selanjutnya ada pula sayuran berupa wortel. Sayur dengan warna oranye cerah satu ini wajib dikonsumsi selama masa kehamilan berlangsung. Hal ini tidak lepas dari banyaknya manfaat sehat yang bisa diperoleh oleh ibu hamil dari wortel. Konsumsi wortel membuat ibu hamil jauh dari gangguan kesehatan lantaran sistem imunnya yang meningkat.

Hebatnya lagi, konsumsi wortel juga bagus untuk menjaga membrane sel agar ibu hamil tidak rentan terkena infeksi.

3. Bayam

@ okezone.com

Ada juga bayam yang merupakan salah satu sayuran untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Bayam mengandung asam folat yang diperlukan oleh ibu hamil untuk menunjang kesehatan bayinya. Jika asam folat tercukupi dengan baik maka resiko bayi terlahir secara cacat bisa dihindari.

4. Asparagus

@ simplyrecipes.com

Nama asparagus masih terdengar asing di telinga. Jenis sayuran yang satu ini memang masih belum terlalu populer di masyarakat kita. Meski demikian, Anda harus tahu kita asparagus memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan termasuk juga untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat asparagus sendiri tidak lepas dari nutrisinya yang berlimpah seperti vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin A serta Vitamin B9, asam folat, serat hingga kalsium. Meski demikian, asparagus sebaiknya dicuci terlebih dahulu hingga bersih agar tidak menjadi sarang bakteri yang merugikan tubuh.

Baca juga : 10 Macam Buah untuk Ibu Hamil dan Tips Memilih Agar Tak Membahayakan Bayi

5. Paprika

@ glitzmedia.co

Sama seperti asparagus, paprika juga kurang populer di Indonesia. Meski demikian, Anda harus tahu jika kandungan sehat paprika tidak boleh diremehkan. Salah satunya adalah nutrisinya yang berupa vitamin C yang bahkan lebih tinggi dari buah jeruk.

Vitamin C sendiri merupakan salah satu zat sehat yang sangat dibutuhkan untuk tubuh demi kesehatan manusia. Konsumsi vitamin C secara cukup bagus untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Kandungan yang satu ini bagus untuk membantu terjadinya penyerapan zat besi pada tubuh.

6. Kembang kol

@ beritagar.id

Ada juga kembang kol yang merupakan sayuran untuk ibu hamil selanjutnya. Sayuran yang masih tergolong dalam keluarga kubis ini memiliki warna putih dengan bentuk seperti halnya brokoli. Ibu hamil dapat mengonsumsinya untuk meningkatkan kesehatan ibu serta janin di dalam rahim.

7. Terong ungu

@ culevit.hu

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menghindarkan janin dari kecacatan. Dalam hal ini, ibu bisa mengonsumsi beragam jenis sayuran yang memiliki kandungan asam folat tinggi di dalamnya, dimana salah satunya adalah terong ungu. Selain mengandung asam folat, terong ungu juga kaya akan kandungan sehat lainnya seperti vitamin B1, Vitamin B2, zat besi hingga vitamin A yang cukup tinggi.

8. Daun katuk

@ haibunda.com

Daun katuk merupakan sayuran untuk ibu hamil selanjutnya yang juga menyehatkan. Daun katuk mengandung kadar prolaktin yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk mempercepat, meningkatkan sekaligus melancarkan produksi ASI untuk bayi. Hebatnya lagi daun katuk juga mengandung sterol, flavonoid,  alkaloid serta tanin yang bagus untuk kesehatan pada umumnya.

Anda juga bisa menemukan kandungan baik lainnya mulai dari vitamin A serta vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh.

9. Kangkung

@ hellosehat.com

Kangkung merupakan salah satu sayuran sehat yang bisa diolah menjadi tumisan. Sayuran yang satu ini banyak digemari lantaran rasanya yang akrab dengan lidah orang Indonesia. Selain itu, kangkung juga mengandung selenium dan juga zinc yang mampu merilekskan otot serta syaraf ibu hamil yang tegang.

Syaraf serta otot yang tenang membuat pengonsumsinya merasa mengantuk sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka sulit tidur.

10. Kubis

@ hellosehat.com

Kubis merupakan sayuran favorit bagi orang Indonesia. Selain enak, sayur ini juga terasa menyegarkan saat dikonsumsi. Uniknya lagi, kubis juga termasuk ke dalam sayuran untuk ibu hamil yang disarankan dikonsumsi selama masa kehamilan terjadi. Hal ini tidak lepas dari kandungan asam folatnya yang tinggi sehingga baik bagi kandungan.

Ada beberapa jenis sayuran untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin seperti halnya ragam sayuran di atas. Untuk mendapatkan sayuran yang segar dan terjangkau, Bunda bisa langsung membelinya di RegoPantes.

Anda akan mendapatkan kemudahan berbelanja tanpa harus kesulitan ke pasar atau swalayan. Tentu ini akan membantu menjaga kondisi semasa hamil. Anda tak repot dan kesusahan lagi untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayur untuk ibu hamil dengan kualitas terjamin. Sebab semua yang tersedia di RegoPantes disediakan dan dikirim langsung oleh para petani lokal.

Anda cukup berbelanja via digital baik itu di web ataupun aplikasi RegoPantes yang semua bua dan sayurnya lengkap, harga terjangkau dan tentunya kualitas dijamin segar hingga ke tangan pembeli.

0 Shares

You Might Also Like