Inspirasi Kesehatan

9 Sayuran Penambah Darah Ini Aman Buat Penderita Anemia, Tanpa Obat Kimia

@ hellosehat.com

Sayuran penambah darah diperuntukkan bagi Anda yang kekurangan sel darah merah agar terhindar dari yang namanya anemia. Anemia sendiri adalah kondisi yang sebaiknya diwaspadai karena jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normalnya. Jika dibiarkan saja, anemia bisa menyebabkan tubuh terasa lemas dan mudah lelah. Beberapa orang juga mengalami gejala lainnya seperti pusing, sesak napas hingga sakit kepala.

Faktor Peningkat Resiko Anemia

Sayuran penambah darah dibutuhkan agar Anda jauh dari gejala anemia yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Dan berikut ini adalah faktor peningkat resiko anemia yang sebaiknya diwaspadai.

  1. Akibat kondisi yang kronis seperti kondisi dimana seseorang mengalami gagal hati atau ginjal, kanker ataupun jenis kondisi kronis lainnya. Kondisi yang demikian beresiko dalam meningkatkan anemia lantaran kurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Anda juga harus tahu jika kehilangan darah secara perlahan-lahan akibat luka lambung bisa menguras cadangan zat besi hingga menyebabkan terjadinya defisiensi zat besi.
  2. Adanya riwayat keluarga yang diturunkan seperti halnya anemia sel sabit.
  3. Adanya riwayat infeksi tertentu seperti gangguan autoimun, penyakit darah, paparan dari bahan kimia beracun, alkoholisme ataupun penggunaan beberapa jenis obat tertentu yang bisa berpengaruh pada produksi sel darah merah dan berakibat pada gangguan anemia.
  4. Pola makan yang buruk dengan tidak mencukupi vitamin serta nutrisi dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi saat Anda gemar mengonsumsi makanan yang rendah akan zat besi, kurangnya folat, vitamin B-12 yang dilakukan secara terus menerus hingga menyebabkan anemia meningkat. Sayuran penambah darah sangat dibutuhkan dalam kondisi ini.
  5. Akibat gangguan usus yang berpengaruh pada penyerapan nutrisi pada usus kecil mulai dari penyakit celiac, crohn hingga menyebabkan resiko anemia meningkat
  6. Mereka yang mengalami menopause memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami anemia defisiensi zat besi dibandingkan dengan laki-laki ataupun wanita pasca menopause.
  7. Faktor lainnya adalah masalah kehamilan. Saat wanita tengah hamil maka resiko terkena anemia bisa saja meningkat. Dalam hal ini dibutuhkan sayuran penambah darah yang bagus untuk menghindarkan ibu hamil dari gejala kekurangan darah.

Baca juga: Ternyata 20 Buah Penambah Darah Ini Sangat Ampuh Melawan Anemia

Ada beberapa faktor yang mampu meningkatkan terjadinya anemia sepetri yang telah disebutkan di atas. Akan lebih baik jika Anda gemar mengonsumsi sayuran penambah darah agar anemia bisa dihindari.

Ragam Sayuran Penambah Darah

Ada beberapa jenis sayuran penambah darah yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Ragam sayuran ini memiliki banyak nutrisi sehat termasuk juga nutrisi yang baik untuk mencegah datangnya anemia.

1. Bayam

@ okezone.com

Jenis sayuran penambah darah yang pertama adalah bayam. Sayuran dengan warna hijau pekat yang satu ini banyak digemari lantaran kandungannya yang kaya akan kebaikan. Bayam merupakan sumber zat besi yang bagus mencegah datangnya gejala kekurangan sel darah merah di dalam tubuh.

Dalam secangkir bayam saja, Anda sudah bisa mendapatkan sekitar 6 mg zat besi yang bagus untuk mencegah terjadinya darah rendah. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa mengonsumsi bayam dengan cara dimasak terlebih dahulu supaya zat besinya lebih mudah diserap ke dalam tubuh.

2. Buncis

@ resepkoki.id

Ada juga buncis yang menjadi sayuran penambah darah selanjutnya. Jenis sayuran yang satu ini memiliki kadar zat besi yang bagus untuk membantu terjadinya pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Konsumsi secara cukup untuk mendapatkan kandungannya secara maksimal ya.

3. Brokoli

@ honestdocs.id

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau lainnya yang ditengarai memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting. Jenis sayur yang satu ini bagus untuk menambah darah lantaran kandungan zat besi di dalamnya. Hebatnya lagi, brokoli juga memiliki kandungan sehat  lainnya seperti asam folat dan vitamin B yang membantu terjadinya pembentukan sel darah merah yang baru.

Konsumsi brokoli secara rutin juga bagus untuk mencegah terjadinya gangguan penyakit kanker dengan kandungan antioksidannya. Selain enak dijadikan bahan tumisan, Anda juga bisa memakannya secara langsung setelah direbus.

4. Tomat

@ hellosehat.com

Sebagai pelengkap sayuran, tomat memang banyak difavoritkan. Tomat sendiri memiliki kandungan yang cukup kaya akan vitamin C-nya. Vitamin dalam tomat juga bagus untuk membantu sekaligus mempermudah terjadinya proses penyerapan zat besi dalam tubuh manusia. Tomat juga mengandung banyak nutrisi sehat lainnya yang pastinya bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Selain dimakan secara langsung, tomat juga bisa dimasukkan ke dalam campuran salad hingga dimasak bersama dengan sayuran yang lain.

5. Kol

@ okezone.com

Sayuran penambah darah yang selanjutnya adalah kol. Kol merupakan sayuran yang mengandung potasium sekaligus mampu menjaga pembuluh darah supaya tetap terbuka dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Konsumsi jenis sayuran yang satu ini juga bagus untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap normal.

6. Jamur

@ rebanas.com

Jamur menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin menghindari anemia. Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan berupa zat besi yang bagus untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

7. Sawi

@ solusisehatku.com

Ada juga sawi dengan kandungan vitamin A yang bagus untuk membantu terjadinya pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Sawi juga bagus untuk mempercepat terjadinya proses metabolisme sekaligus menstimulasi darah.

8. Asparagus

@ foodrevolution.org

Aspagarus menjadi sayuran penambah darah terbaik yang selanjutnya. Hal ini tidak lepas dari kandungan zat besi yang cukup berlimpah di dalamnya. Dalam 100 gram asparagus saja, Anda bisa menemukan setidaknya 2,14 mg zat besi yang bagus untuk mencegah anemia. Konsumsi sayuran yang satu ini juga baik untuk kesehatan ginjal di dalam tubuh.

9. Daun singkong

@ tokopedia.com

Daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari. Selain mudah di temukan di lingkungan sekitar, daun singkong juga bisa dibeli dengan harga yang murah. Hebatnya lagi, daun singkong bagus digunakan untuk mengatasi kondisi akibat kekurangan darah yakni anemia.

Beberapa kandungan sehat yang bisa ditemukan di dalam daun singkong antara lain adalah fosfor, vitamin C, vitamin B1, lemak, protein, karbohidrat dan juga zat besi. Terdapat pula ragam kandungan sehat lainnya yang bisa ditemukan dalam daun sehat yang satu ini. Selain enak dijadikan sebagai sayur berkuah, Anda juga bisa menjadikannya sebagai lalapan saat makan.

Jika merasa tubuh Anda mudah lelah dan lemas akibat kurang darah merah, maka segera konsumsi beragam sayuran penambah darah seperti yang telah disebutkan di atas. dengan kandungan nutrisi sehatnya, ragam sayuran di atas, bisa menghindarkan Anda dari gangguan kesehatan berupa anemia.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan sayuran segar dengan kualitas unggulan, Anda bisa langsung berkunjung di RegoPantes. Situs belanja online yang satu ini memiliki banyak produk sayur juga buah-buahan yang siap dijual. Langkah pemesanan sangat mudah bahkan bagi Anda yang baru pertama kali belanja di situs belanja RegoPantes.

Semua pesanan Anda di RegoPantes tidak akan mengecewakan. Sebab semua produk diambil langsung dari petani lokal sehingga dijamin dalam kondisi segar sampai ke tangan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi soal permainan harga pasar karena harga langsung dari petani selaku pemasok.

You Might Also Like