Inspirasi Kesehatan

Selain Sebagai Bumbu Dapur, 10 Macam Rempah Ini Ampuh Mengobati Beragam Penyakit

@ orami.co.id

Bumbu dapur memang beragam jenisnya. Bumbu dapur sendiri banyak digunakan terutama oleh ibu-ibu dalam memasak dan menyajikannya untuk keluarga. Banyak sekali  ragam bumbu dapur yang kita kenal seperti halnya bawang merah, bawang putih, merica, lada, pala dan lain sebagainya. Selain mampu menambah kelezatan masakan, bumbu dapur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Beragam Jenis Bumbu Dapur

Kita mengenal banyak jenis bumbu dapur untuk keperluan memasak, antara lain sebagai berikut.

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Lada
  • Merica
  • Pala
  • Daun salam
  • Kemiri
  • Ketumbar
  • Daun jeruk
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Kunyit

Manfaat Bumbu Dapur untuk Kesehatan

Selain berguna untuk memebuat makanan terasa lebih nikmat, bumbu dapur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Lada atau merica

Lada atau merica merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa dijadikan sebagai bumbu untuk membuat pedas masakan. Campuran lada juga bagus dalam membuat tubuh terasa hangat dan nyaman. Uniknya lagi, lada juga bagus dijadikan sebagai pereda sakit kepala. Bumbu dapur ini juga bisa dijadikan untuk mengatasi bau keringat yang berlebih serta meningkatkan gairah seks.

2. Bawang merah

@ resepkoki.id

Di dalam bawang merah terkandung flavonoid dan fenol yang bersifat antioksidan. Kandungan ini bagus dijadikan sebagai pereda peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian juga menunjukkan jika bawang merah mengandung senyawa sulfur yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan kolesterol. Jenis bawang ini juga bagus untuk mengatasi infeksi dari bakteri dan virus.

Baca juga : Ajaib! Bawang Merah Bisa Sembuhkan Asma, Cek Caranya!

3. Bawang putih

Selanjutnya ada bawang putih yang dapat menambah citarasa semakin nikmat pada masakan. Bawang putih mengandung zat alicin yang bersifat antiseptik dan antibakteri. Konsumsi bawang putih mampu mengobati sakit flu, membuat normal tekanan darah, penawar racun, memelihara stamina dan lain sebagainya.

4. Kunyit

Kunyit memiliki zat sehat bernama curcumin di dalamnya. Sejumlah penelitian mengungkapkan jika kunyit ini bagus dalam meredakan rasa sakit perut, sakit kepala, nyeri persendian, sakit karena menstruasi hingga bagus untuk meningkatkan nafsu makan.

5. Jahe

@ hellosehat.com

Selanjutnya ada bumbu dapur berupa jahe yang cukup populer untuk dijadikan bahan pembuat minuman. Bumbu dapur yang juga termasuk ke dalam golongan rempah-rempah ini berkhasiat sebagai anti peradangan dan antioksidan bagi tubuh. Dengan khasiatnya tersebut, jahe juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri dan rasa sakit.

Air rebusan jahe bisa digunakan untuk mengatasi gejala berupa kembung, mual, sakit kepala serta untuk mengatasi badan yang pegal-pegal. Jahe juga bagus untuk mengatasi bau mulut tidak sedap serta bagus untuk melancarkan sirkulasi darah.

6. Kencur

Air perasan kencur ampuh dalam meredakan sakit batuk. Rempah yang satu ini juga bagus dalam mengatasi gangguan diare, gangguan pencernaan serta untuk membersihkan darah.

7. Serai

@ okezone.com

Serai dikenal sebagai tumbuhan yang berguna untuk menangkal nyamuk di dalam ruangan. Bumbu dapur satu ini juga bagus untuk mengatasi pegal-pegal, diare serta batuk. Serai juga berperan baik dalam mengatasi nyeri lambung. Selain manfaat tersebut, air perasan serai juga bagus digunakan untuk obat kumur, peluruh keringat dan obat batuk.

8. Pala

Air rebusan dari pala bisa digunakan untuk mengatasi susah tidur. Hebatnya lagi, pala juga bagus digunakan untuk melancarkan peredaran darah serta untuk mengatasi masalah pencernaan. Suatu riset yang telah dilakukan di negara Thailand, mengungkapkan jika bumbu dapur ini bisa dijadikan sebagai penghambat tumbuhnya kanker yang berbahaya.

9. Kayu manis

Bumbu dapur yang satu ini menjadi salah satu primadona dalam dunia masak memasak. Wanginya yang enak, membuat kayu manis juga bisa dijadikan sebagai aromaterapi.  Menjadikan kayu manis sebagai aroma terapi bisa dilakukan dengan mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam lilin buatan sendiri atau bisa juga dengan cara mengikat beberapa batang kayu manis yang mengelilingi lilin.

Kayu manis memiliki banyak sekali manfaat seperti mengurangi kadar kolesterol dalam darah dengan kandungan antioksidannya. Kayu manis juga bagus untuk mengatasi berbagai beragam jenis gangguan kulit seperti halnya jerawat.

10. Lengkuas

@ masakapaya.com

Lengkuas mengandung banyak zat sehat bagi tubuh seperti quercetin, flavonoid, sodium, vitamin A, vitamin C, galangin dan lain-lain. Dengan kandungannya tersebut, lengkuas dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut, mengurangi resiko kanker hingga menurunkan demam.

Selain beragam manfaat bumbu dapur di atas, masih banyak lagi manfaat lain yang bisa ditemukan pada bumbu dapur lainnya. Meski demikian, penggunaan bumbu dapur untuk kesehatan sebaiknya digunakan dalam takaran yang wajar. Dosis yang berlebihan tidak disarankan lantaran tidak baik untuk tubuh.

RegoPantes menjual banyak jenis bumbu dapur yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Beragam produk yang dijual berasal langsung dari petani dalam kondisi masih segar. Selain bumbu dapur, anda juga bisa menemukan beragam produk pangan lainnya mulai dari beras, madu, buah-buahan serta sayur-sayuran yang dijual dengan harga terjangkau.

Jadi bagi anda yang membutuhkan beragam bumbu dapur namun tidak bisa keluar rumah karena kesibukan, bisa segera berkunjung di RegoPantes. Situs online satu ini memiliki berbagai produk pertanian yang pastinya makin menarik lantaran ada penawaran bebas biaya pengiriman. RegoPantes juga menyediakan langkah pemesanan yang bisa diakses dengan mudah.

You Might Also Like