Inspirasi Kesehatan

Tak Cuma Daging dan Telur, 3 Sayuran ini Juga Bisa Jadi Sumber Protein

sumber protein, kebutuhan protein harian

@orami.co.id

Protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh karena dapat menjadi sumber energi sekaligus mengganti sel-sel yang rusak. Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan protein harian sangat diperlukan, terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Selama ini, banyak yang menganggap jika protein hanya bisa didapat dari kelompok daging  dan telur. Sebagian mungkin sepakat jika tahu dan tempe juga bisa menjadi sumber protein nabati. Namun pada faktanya, masih ada sumber protein lain yang selam ini justru diabaikan.

Sumber Protein Selain Daging dan Telur

protein nabati

@simplyrecipes.com

Bosan dengan daging dan telur, tapi tubuh butuh protein setiap harinya? Tenang, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengkonsumsi beberapa jenis sayuran. 3 jenis sayur berikut ini misalnya. Sering diabaikan, 3 jenis sayur ini justru menjadi sumber protein yang baik, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

1. Asparagus

Asparagus memang masih kurang diminati sebagai bahan masakan. Namun, sayur berbentuk panjang ini memiliki kandungan nutrisi luar biasa. Dalam 100 gram asparagus terdapat 2,4 gram protein yang baik untuk tubuh. selain itu, asparagus juga mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas.

Baca Juga : Sakit Perut Setelah Makan Pedas? Tak Lagi Khawatir, Begini Cara Tepat Mengatasinya

2. Brokoli

Sudah tak asing dengan sayuran yang satu ini bukan? Tak hanya memiliki rasa lezat, brokoli juga mengandung protein dalam jumlah besar. Dalam satu cangkir brokoli terdapat 5 gram protein yang menyumbang kebutuhan protein harian. Dalam brokoli juga terkandung serat, karbohidrat, antioksidan dan mineral.

3. Bayam

Selama ini bayam hanya dikenal sebagai sumber zat besi. Padahal, bayam juga mengandung protein, lho! Dalam setengah mangkuk bayam degar terdapat 3 gram protein. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi bayam karena dapat menyebabkan gangguan tubuh serta penyerapan mineral yang buruk.

Sudah tahu 3 sumber protein selain daging dan telur? Anda bisa mengombinasikan salah satu dari 3 jenis sayuran di atas dengan sayuran lain untuk mendapat gizi yang seimbang. Hal ini dikarenakan tubuh tak hanya butuh protein, namun juga serat, vitamin serta mineral.

Hal lain yang perlu Anda ingat adalah kualitas sayuran yang dikonsumsi. Semakin rendah kualitas sayur yang menjadi bahan asakan, maka semakin rendah gizi yang terkandung di dalamnya. Jadi, jangan pernah sepelekan kualitas sayur, ya!

Bicara soal kualitas, RegoPantes siap membantu Anda mendapat bahan pangan berkualitas langsung dari tangan petani. Tak perlu repot menemui petani, karena Anda akan dihubungkan dengan para petani melalui perantara digital. Tinggal klik apa yang Anda butuhkan dan bahan pangan akan diantar ke rumah Anda keesokan harinya. Menariknya, Anda juga akan mendapat gratis ongkos kirim, diskon menarik dan penawaran khusus dengan berbelanja melalui aplikasi. Tunggu apa lagi? Instal aplikasi RegoPantes sekarang yuk!

0 Shares

You Might Also Like