Inspirasi Motherhood Tips

Tak Bikin Tersedak, Inilah Ragam Buah Terbaik yang Aman Dikonsumsi Bayi!

@ bebek.com

Memberi buah hati makanan, tentu tidak boleh sembarangan. Tubuh dan organ bayi yang sensitif membuat bunda harus berhati-hati dalam memilih asupan. Pemberian buah sendiri baru bisa dilakukan setelah bayi menginjak usia 6 bulan. Sehingga butuh buah terbaik bagi bayi yang harus jadi perhatian bunda, tujuannya agar buah hati tak tersedak saat memakannya.

Untuk langkah awal, bunda bisa memberikan si buah hati dengan asupan berupa jus. Untuk keperluan stok buah yang segar, bunda bisa mendapatkannya di RegoPantes. Melalui aplikasi RegoPantes menjual aneka buah-buahan, bahkan jenis buah untuk konsumsi bayi sekalipun. Beberapa jenis buah terbaik bagi bayi antara lain adalah sebagai berikut.

1. Pir

@ letterjdi.co

Pir merupakan buah yang kaya akan kandungan air. Buah satu ini menjadi salah satu buah terbaik bagi bayi. Pir mengandung banyak manfaat bagi kesehatan bayi dimana salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pir juga baik dalam memberikan energi ekstra serta kandungan karbohidrat yang dapat dicerna secara perlahan. Buah bewarna kuning cerah satu ini juga mengandung asam folat yang bagus untuk si buah hati.

2. Pisang

@ mammamuntetiem.lv

Meski aman untuk dikonsumsi, namun sebaiknya bunda menghilangkan serat pada pisang terlebih dahulu. Untuk bayi, bunda bisa mengolah pisang untuk dijadikan bubur. Bunda juga bisa mengerok pisang menggunakan sendok untuk kemudian disuapkan kepada si buah hati.

Pisang mengandung karbohidrat yang berperan dalam menambah energi bayi. Buah satu ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat pagi menjelang siang. Dengan demikian, tubuh akan menyerap semua serat, mineral dan potasium tanpa menghasilkan berat badan yang berlebih.

3. Apel

@ 1freewallpapers.com

Buah terbaik bagi bayi selanjutnya adalah buah apel. Apel merupakan buah favorit bagi anak-anak sekalipun karena rasanya yang enak dan manis. Buah ini juga memiliki tekstur yang lunak sehingga dapat meminimalisasi resiko intorelansi pada bayi.

Apel kaya akan nutrisi seperti potassium, kalsium, vitamin A, B, C , E dan zat besi. Apel juga mengandung gula sehingga baik untuk penambahan energi. Apel sangat cocok bagi anak-anak usia dini karena kandungan seratnya.

Baca juga : 8 Menu MPASI 9 Bulan Ini Akan Digemari Bayi, Yuk Berkreasi Bunda!

4. Kiwi

@ jitunews.com

Kiwi mengandung serat serta vitamin A dan C. Buah yang satu ini bisa diberikan kepada buah hati namun dengan catatan bunda harus berhati-hati saat memberikannya. Kiwi memiliki sifat asam yang bisa berakibat pada ruam popok pada bayi.

Tips memasak kiwi untuk bayi adalah dengan mengupas kiwi dengan hati-hati lalu potong kecil-kecil. Haluskan buah tersebut dengan garpu atau bisa pula diolah dengan blender juga food processor. Jika sudah, bunda bisa menyuapkannya pada bayi.

5. Pepaya

@ dusbus.com

Buah terbaik bagi bayi selanjutnya adalah buah pepaya. Buah satu ini hadir dengan rasa manis yang sangat digemari. Buah ini juga kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, folat dan serat. Pepaya juga mengandung enzim papain yang bagus untuk pencernaan bayi.

Untuk konsumsi bayi, bunda bisa menyiapkan pepaya yang bebas noda bewarna kuning atau oranye gelap. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu dengan cuka untuk menghilangkan bakteri.

Selanjutnya bilas dengan air dan tunggu hingga kering. Kupas dan buang bijinya. Cuci untuk menghapus sisa biji lalu potong pepaya menjadi kecil-kecil dan haluskan. Selanjutnya bubur pepaya siap untuk dihidangkan.

Buah terbaik bagi bayi di atas, bisa bunda jadikan makanan pendamping ASI. Untuk mencukupi kebutuhan bunda akan buah sehat dan kaya nutrisi, bunda bisa langsung mengeceknya langsung di RegoPantes untuk mendapatkan produk berkualitas bagi si buah hati. Ada paket Mix MPASI juga lho! Ayo, segera belanja di RegoPantes!

828 Shares

You Might Also Like