Inspirasi Motherhood Tips

Tak Boleh Asal-asalan, Cara Membuat MPASI Ini Penting Bunda Perhatikan!

@ ibudanbalita.com

Bagi seorang ibu, perkembangan bayi menjadi sebuah perhatian lebih. Apalagi saat usia bayi sudah masuk 6 bulan, sehingga akan membutuhkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Hal ini biasanya akan jadi sebuah kekhawatiran tersendiri bagi seorang ibu. Akankah bayinya menerima, menolak atau bahkan mengalami alergi. Sehingga cara membuat mpasi serta memilih makanan bayi yang tepat haruslah diperhatikan.

Namun bunda sebaiknya tak khawatir berlebih akan hal itu. Karena semuanya bisa diatasi dengan beragam pengetahuan yang bisa diperoleh melalui konsultasi, sharing bersama bunda lain, atau mencari referensi valid seputar pemberian mpasi bayi. Maka dari itu, artikel RegoPantes kali ini akan membahas mengenai cara membuat mpasi yang benar.

Mungkin menyiapkan mpasi bayi terkesan sepele, hanya sekadar menghaluskan ataupun memblender. Tapi sebenarnya sangat kompleks, sehingga para bunda wajib tahu ada hal-hal penting yang harus diperhatikan. Karena akan sangat berpengaruh pada nilai gizi makanan yang akan diberikan pada buah hati. Jangan sampai cara membuat mpasi yang bunda terapkan mengurangi atau bahkan menghilangkan kandungan gizi makanan itu sendiri.

Poin Penting Cara Membuat MPASI yang Benar

@ kalenderpos.com

Bunda sebaiknya memperhatikan beberapa tindakan ini saat mempersiapkan mpasi untuk buah hati.

1. Mencuci Bahan MPASI pada Air Mengalir

Hal penting yang harus diperhatikan adalah proses mencuci dan memotong buah dan sayur yang akan dijadikan bahan MPASI buah hati. Agar nutrisi buah dan sayur yang akan dikonsumsi tak hilang, sebaiknya cuci di bawah air mengalir. Jika bunda mencucinya dengan cara merendam justru akan menghilangkan nilai nutrisi, terlebih yang kaya vitamin C.

2. Menghindari Menghaluskan dengan Blender

Kemajuan teknologi memang akan sangat memberikan kepraktisan. Salah satunya adanya proses blender untuk menghaluskan makanan kerap jadi pilihan menarik bagi para ibu. Tapi hal yang terkesan biasa ini justru akan menghilangkan vitamin dan nutrisi pada buah dan sayur yang diolah.

Pasalnya putaran pisau blender akan mengeluarkan panas yang justru bisa mengurai kandungan vitamin pada buah dan sayur. Maka cara membuat mpasi terbaik adalah dengan menghaluskannya dengan sendok ataupun cobek khusus.

3. Ketahui Cara Mengolah yang Tepat

Menjadi seorang ibu pastinya akan sangat memperhatikan perihal asupan makanan buah hati. Sehingga siapapun yang belum berpengalaman sudah seharusnya mau belajar dan mengetahui cara membuat mpasi dan mengolahnya dengan benar.

Semisal membuat mpasi puree apel, pir, atau kiwi, bunda sebaiknya tak menyertakan kulitnya. Pasalnya tekstur lapisan bawah kulit pada buah-buahan tersebut kasar dan akan susah dicerna bayi. Sementara untuk olahan ikan atau daging, maka bunda juga harus memperhatikan cara mengolahnya.

Baca juga : Terus Berkreasi Demi Buah Hati, Berikut Variasi Menu MPASI 12 Bulan yang Disuka Bayi

4. Perhatikan Waktu Memasak dan Suhunya

Cara membuat mpasi yang benar harus diperhatikan adalah saat memasaknya juga harus benar. Proses memasak makanan bayi memang dilarang dengan menggoreng. Sarn terbaik adalah dengan mengukus dan merebus bahan makanan tersebut.

Namun pilihan merebus ini juga harus memperhatikan beberapa hal bunda. Sebaiknya saat mengukus perhatikan takaran air yang digunakan untuk merebus dan suhunya. Jumlah air sebaiknya terlampau banyak dan suhu air jangan terlalu tinggi agar nutrisi pada buah dan sayur tak berkurang.

5. Memperhatikan Tingkat Kehalusan

Perhatikan tingkat kehalusan makanan saat membuat mpasi bayi. Sesuaikan tingkatannya dengan usia buah hati ya, bunda. Tekstur makanan ini akan mempengaruhi bayi untuk menelan dan menerima makanan tersebut.

Bila usia bayi masih umur 6 bulan hingga 8 bulan maka haluskan makanan hingga menjadi benar-benar lembut dan saring secara sempurna supaya anak mudah melumatnya. Bila usianya sudah 9 bulan, maka cara membuat mpasi juga harus disesuaikan. Buat tekstur asupan makanan menjadi sedikit lebih kasar, agar bayi tak malas mengunyah kala umurnya bertambah.

7 Larangan yang Harus Dihindari Saat Membuat MPASI

@ orami.co.id

Makanan bayi itu memang sangat dianjurkan untuk dibuat sendiri. Namun bunda juga harus tahu cara membuat mpasi dengan benar dan larangan apa saja yang tak boleh dilakukan saat mengolahnya. Berikut larangan yang harus bunda hindari demi menjaga kesehatan dan keselamatan buah hati.

  1. Hindari makanan yang sulit dikunyah bayi di bawah umur 2 tahun, seperti kacang-kacangan, sayur mentah, atau buah yang belum dipotong-potong sebagai menu makan anak.
  2. Hindari makanan dengan kandungan nitrat tinggi kepada bayi yang masih berumur di bawah 1 tahun. Sebut saja seperti lobak hijau, bit, atau bayam.
  3. Hindari memberikan madu kepada bayi di bawah setahun. Hal ini untuk mencegah kemungkinan botulisme pada bayi. Pasalnya madu bisa saja mengandung spora Clostridium botulinum yang dapat memicu keracunan botulisme pada bayi.
  4. Hindari memberikan buah asam kepada bayi berusia di bawah umur setahun karena pencernaan bayi masih belum begitu sempurna untuk makanan tersebut.
  5. Jangan berikan gula, garam, atau penyedap rasa ke dalam mpasi bayi.
  6. Bunda sebaiknya menghindari pemberian putih telur ataupun seafood sebelum buah hati berumur setahun untuk mencegah risiko alergi.
  7. Selalu perhatikan kandungan bahan makanan saat bunda membeli produk instan untuk bayi. Jangan beri bayi Anda makanan kemasan bersodium tinggi.

Dari kesemua informasi di atas sangatlah penting dan berguna bagi semua bunda saat hendak membuatkan mpasi untuk buah hati. Cara membuat mpasi memang tidak boleh sembarangan. Mengingat bayi secara struktur fisik dan kemampuan organnya masih belum sempurna layaknya orang dewasa. Sehingga akan rentan berbagai hal bila bunda salah memberikan asupan makanan.

Maka dari itu bunda harus memberikan asupan makanan terbaik dari buah dan sayur segar. RegoPantes menjadi toko penyedia buah dan sayur online yang diambil langsung dari petani lokal. Bahkan tersedia juga pilihan paket menarik seperti Paket Mix MPASI dan paket-paket lain. Sehingga jaminan produk tetap segar dan harga jauh lebih murah akan sangat menguntungkan anda sebagai pembeli.

Dengan belanja di RegoPantes, bunda akan mendapatkan layanan pembelian mudah melalui aplikasi ataupun lewat WhatsApp yang sudah tersedia pada website RegoPantes. Tanpa harus kerepotan lagi belanja langsung ke pasar atau mall. RegoPantes melayani anda di kawasan Jabodetabek dengan free ongkir, tentunya dengan batas pembelian maksimal yang tak memberatkan.

You Might Also Like