Inspirasi Tips

Tips Anti Benyek! Ini 5 Cara Tepat Menyimpan Alpukat Biar Awet Segar

@ hoytapeo.com

Meski banyak digemari, sayangnya banyak orang tidak tahu cara menyimpan alpukat biar awet. Akibatnya, alpukat menjadi benyek sehingga kurang enak saat dimakan. Padahal buah ini banyak memiliki nutrisi di dalamnya.

Terlebih saat ini buah enak ini bisa ditemukan di mana saja bahkan bisa juga dibeli secara online. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi situs RegoPantes untuk mendapatkan alpukat segar dengan harga terjangkau. Bahkan Anda akan dapatkan varietas unggul jenis alpukat mentega yang punya ciri warna kuning layaknya mentega, berdaging tebal dan tak berserat.

Tapi, alpukat kualitas sebagus apapun jika cara penyimpanannya salah, maka bisa jadi benyek. Tapi tenang, RegoPantes melalui artikel ini akan berikan solusinya. Anda bisa mengikuti beberapa cara menyimpan alpukat biar awet berikut ini.

1. Lapisi alpukat dengan plactic warp

Cara menyimpan alpukat biar awet yang pertama adalah dengan cara melapisi alpukat dengan plastic warp. Terlebih jika anda memiliki sisa potongan alpukat yang belum dimakan, melapisinya dengan plastic warp merupakan langkah yang tepat. Plastic warp akan menghalangi udara serta kotoran masuk ke dalam buah. Jika pelapisan telah usai dilakukan, anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas agar awet tahan lama.

2. Simpan alpukat dengan bawang bombay

Agar kesegaran si buah hijau ini awet dan tahan lama, anda bisa menyimpannya dengan bawang bombay. Tidak perlu banyak-banyak namun cukup sepotong bawang bombay saja. Bawang bombay mengandung sulfur dioxide yang berfungsi untuk memperlambat terjadinya pembusukan pada buah. Tidak terkecuali pembusukan pada buah alpukat.

3. Bekukan alpukat

Cara menyimpan alpukat biar awet selanjutnya adalah dengan membekukan alpukat. Pembekuan pada alpukat membuat buah ini bisa tahan hingga 2 minggu lamanya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan daging alpukat lalu masukkan kedalam cetakan untuk batu es.

Pembekuan alpukat cukup ampuh dilakukan terutama bagi anda yang tidak ingin repot menyiapkan smoothie atau jus saat sarapan. Langkah yang dilakukan pun cukup sederhana sehingga tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Baca juga : Pantas Digemari! Ada 15 Manfaat Tersembunyi Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Olesi alpukat dengan air lemon

Membuat alpukat awet dan tidak mudah benyek bisa dilakukan dengan  melapisi buah ini dengan air lemon. Langkah ini direkomendasikan untuk membuat warna daging alpukat tetap hijau. Cara mengolesi alpukat cukup mudah yaitu dengan mengoleskan air lemon di bagian permukaan alpukat.

Air lemon mengandung vitamin C yang dapat menghalangi enzim polyphenol oxidase merubah daging alpukat menjadi cokelat.

5. Simpan alpukat ke dalam mesin pendingin

Alpukat bisa bertahan antara 2 hingga 3 hari meski tanpa disimpan ke dalam kulkas. Tapi jika ingin buah ini lebih awet lagi, anda bisa memasukkannya ke dalam mesin es. Namun sebaiknya tidak langsung dimasukkan, melainkan bungkus dulu dengan paper bag atau koran. Koran atau paper bad akan menyerap air sehingga buah ini tidak mudah busuk. Selanjutnya, masukkan alpukat ke wadah kedap udara lalu simpan di bagian kulkas yang bersuhu sejuk.

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah alpukat namun tidak tahu cara menyimpan alpukat biar awet, bisa melakukan beberapa langkah di atas. Dengan demikian, alpukat tidak mudah mengalami pembusukan dan benyek saat disimpan. Alpukat akan lebih tahan lama sehingga bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Untuk membeli alpukat yang segar dan harga terjangkau, anda bisa membelinya melalui aplikasi RegoPantes. Buah yang disediakan memiliki kualitas baik dengan pelayanan yang ramah dan pastinya harga terjangkau. Selain alpukat tersedia juga banyak buah dan sayur segar lainnya. Anda tinggal pilih sendiri kebutuhan anda.

Keuntungan membeli produk pangan ataupun keperluan dapur lainnya di RegoPantes adalah, Anda ikut membantu para petani untuk mendapatkan kesempatan hidup yang lebih baik. Perlu diketahui, RegoPantes menjual produk secara langsung dari para petani.

You Might Also Like