Inspirasi Tips

Tips Kelola Uang Agar Gaji Tak Habis Sebelum Akhir Bulan

cara kelola uang, rencana keuanganBukan rahasia lagi jika kebutuhan makin hari makin meningkat. Hal ini mungkin menjadi beban berat bagi suami yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, istri juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya. Istri harus putar otak untuk membagi uang belanja. Salah perhitungan, bisa jadi uang belanja akan habis sebelum gajian tiba.

Nah, jika Anda termasuk istri yang sulit mengatur rencana keuangan, RegoPantes punya solusinya. RegoPantes akan memberikan tips kelola uang agar uang 1,2 juta cukup untuk biaya hidup selama satu bulan. Masih merasa mustahil? Coba terapkan tips berikut.

1. Anggaran Harian

Tips kelola uang pertama yang wajib diterapkan adalah menentukan anggaran harian. Tetapkan nominal 15 ribu sebagai anggaran harian untuk membeli lauk sehari-hari. Tak perlu mewah, cukup menu sederhana namun  sehat seperti sayur ditambah telur atau tahu. Meski bahannya hanya tahu, sayur atau telur, dengan cara masak kreatif menu makanan yang disajikan untuk keluarga pasti sudah terkesan istimewa.

Jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa membeli ragam kebutuhan harian dalam bentuk paket, misalnya saja paket bumbu dapur atau ragam paket lainnya. Pastikan pula Anda membeli bahan makanan berkualitas agar tetap bisa mendapatkan kandungan nutrisi makanan meski dengan budget terbatas.

Untuk anggaran harian, jika dihitung maka Anda membutuhkan 450 ribu dalam satu bulan. Anggaran inilah yang memakan porsi besar dibanding anggaran lainnya.

Baca Juga : Simple Tanpa Biaya Mahal! Begini Cara Tepat Mengatasi Anak Susah Makan

2. Anggaran Bulanan

Selain anggaran harian, Anda juga perlu memperhitungkan anggaran bulanan sebagai bagian dari rencana keuangan Anda. Anggaran ini harus mencakup kebutuhan beras, sabun dan aneka kebutuhan lainnya. Untuk lebih amannya, Anda bisa berbelanja kebutuhan bulanan ketika baru saja menerima gaji.

Besaran angka untuk anggaran bulanan sebenarnya tak sama karena berbagai faktor, salah satunya dipengaruhi oleh jumlah keluarga. Untuk mensisatinya, tetapkan 350 ribu sebagai anggaran bulanan dan masukkan sisanya dalam dana cadangan.

3. Anggaran Lain-Lain

Tak kalah pentingnya, anggaran lain-lain juga harus selalu disediakan. Hal ini dikarenakan selalu saja ada kebutuhan harian yang mendadak. Misalnya saja gas habis secara tiba-tiba, ingin ganti menu harian dengan makanan yang lebih variatif, ingin cemilan, buah  dan sebagainya. Tak perlu banyak, cukup anggarkan 200 ribu per bulan untuk anggaran lain-lain.

4. Dana Cadangan

@like.com

Dana cadangan adalah dana wajib yang harus dianggarkan. Hal ini dikarenakan kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi secara mendadak. Dana cadangan berguna ketika Anda atau anggota keluarga lain sakit atau memerlukan biaya secara tiba-tiba. Anda harus punya setidaknya 300 ribu untuk dana  cadangan.

Jika ditotal, Anda membutuhkan 1,2 juta untuk biaya hidup dalam satu bulan. Total biaya ini memang belum termasuk biaya pendidikan, cicilan, listrik dan air. Namun, jika digabung dengan biaya lain yang tak terhitung, pasti gaji bulanan yang Anda terima masih memiliki sisa dan dapat dikumpulkan sebagai tabungan.

Jadi, berapa banyak uang yang Anda butuhkan dalam satu bulan? Berapa pula yang bisa Anda sisihkan sebagai tabungan? Ingat untuk menahan diri dari benda-benda yang terlalu penting karena hal ini bisa merusak rencana keuangan Anda. Dibandingkan dengan membeli benda yang kurang dibutuhkan, lebih baik Anda menyisihkan uangnya sebagai dana akhir pekan bersama keluarga.

Bagiamana, cocok sebagai cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil bukan? Tak hanya difungsikan sebagai tips irit ibu rumah tangga, tips ini juga cocok diterapkan oleh berbagai kalangan, termasuk juga mahasiswa.

You Might Also Like