Inspirasi Kesehatan Untuk Bunda

Wajib Simak, Ini 9 Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

@ baomoi.com

Buah manggis bagus untuk kesehatan lantaran banyaknya zat sehat yang bisa ditemukan di dalamnya. Buah yang satu ini juga banyak digemari karena rasanya yang manis dan menggugah selera. Tak hanya rasa yang enak, ternyata ada manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

Ibu hamil yang gemar mengonsumsi manggis bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan asupan nutrisi yang bisa diperoleh dari buah yang satu ini. Karena asupan buah-buahan akan sangat baik dikonsumsi saat masa kehamilan.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Manggis

Ada beberapa kandungan sehat dari buah manggis yang bagus bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah manggis antara lain sebagai berikut.

  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Zat besi
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Potasium
  • Vitamin B Kompleks seperti halnya niacin, asam folat dan tiamin
  • Fosfor
  • Lemak
  • Energi
  • Magnesium

Beragam kandungan sehat tersebut di atas, sangat baik untuk mencegah datangnya penyakit sekaligus cocok dikonsumsi oleh wanita yang tengah hamil.

Deretan Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil

@ popmama.com

Tidak perlu diragukan lagi jika manggis untuk ibu hamil sangatlah direkomendasikan. Buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kehamilan seperti yang berikut ini.

1. Mencegah bayi terlahir cacat

Manfaat Manggis untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk mencegah bayi terlahir cacat. Kebutuhan asam folat di kala kehamilan sangat penting untuk dicukupi demi menjaga kesehatan rahim sekaligus untuk mencegah bayi lahir cacat atau prematur.

Buah manggis mengandung asam folat sebanyak 0,3 gram pada 50 gram pada daging buahnya dan menjadi buah yang tepat untuk dikonsumsi di kala kehamilan muda.

Baca juga : Wajib Masuk List Buah Harian! Terungkap 15 Manfaat Manggis yang Minim Orang Tahu

2. Untuk mengatasi sembelit

@ express.hr

Sembelit di kala kehamilan memang cukup sering terjadi. Apalagi jika masa kehamilan semakin besar maka sembelit juga akan semakin dirasakan oleh ibu hamil. Hal ini bisa terjadi karena perkembangan janin yang semakin hari menekan pergerakan usus ibu hamil. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan buah manggis sebagai solusi.

3. Bagus dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh

Penurunan sistem kekebalan tubuh hingga rentan terkena infeksi pada masa kehamilan cukup sering terjadi. Hal ini dikarenakan perubahan hormon di dalam tubuh yang berbuah pada pelemahan sistem imun. Di dalam manggis terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem imun asal dikonsumsi secara teratur.

4. Membantu pembentukan tulang rawan

@ popmama.com

Manggis untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk membantu pembentukan rawan pada janin yang dikandung. Buah yang satu ini sangat tepat untuk dikonsumsi pada masa kehamilan muda atau trisemester pertama agar pembentukan tulang janin menjadi lebih baik.

5. Bagus untuk kesehatan kulit

Buah manggis juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Buah yang satu ini mengandung vitamin C serta ragam nutrisi lainnya yang bagus untuk memelihara kesehatan kulit dengan baik. Buah dengan rasa manis ini juga baik dalam mencegah stretch mark berlebihan pada wanita yang tengah hamil.

6. Menurunkan resiko terjadinya preeklamsia

@ okezone.com

Preeklamsia dalam masa kehamilan tentu sangat berbahaya karena beresiko menyebabkan terjadinya kelahiran prematur. Gangguan ini bisa berakibat pada bayi terlahir cacat atau bahkan keguguran. Untuk mencegahnya, anda bisa mengonsumsi buah manggis secara rutin agar tekanan darah pada ibu hamil bisa kembali normal dan gangguan ini bisa dicegah.

7. Menjaga irama jantung

Manggis untuk ibu hamil selanjutnya adalah bagus untuk menjaga irama serta detak jantung. Hal ini berkaitan dengan sistem tekanan darah dalam tubuh yang bisa diperbaiki oleh nutrisi pada manggis ketika masa kehamilan berlangsung.

8. Mengatasi lelah bagi ibu hamil

@ popmama.com

Manggis untuk ibu hamil juga bagus untuk mengatasi kelelahan. Buah yang satu ini mengandung sifat anti inflamasi yang merupakan senyawa baik bagi ibu hamil. Apalagi dengan kondisi ibu yang tengah mengandung janinnya, ia akan merasa mudah lelah terutama bagian panggul serta di bagian kakinya.

Konsumsi buah manggis untuk mengurangi efek samping alami yang biasanya muncul di kala kehamilan satu ini.

9. Melancarkan sistem metabolisme tubuh

Buah yang satu ini bagus dalam mengoptimalkan proses metabolisme tubuh dengan baik. Hal ini tidak lepas dari kandungan baik dalam buah manggis yang berupa vitamin B.

Manggis untuk ibu hamil memang tak perlu lagi diragukan khasiatnya. Manggis sendiri merupakan salah satu buah-buahan tropis yang diyakini berasal dari negara Indonesia atau tepatnya di Sunda dan Maluku.

Buah yang satu ini memiliki rasa yang unik dan nikmat sehingga banyak disukai. Manggis juga telah banyak digunakan untuk pengobatan bahkan sejak abad ke-18. Nutrisi dalam manggis bukan hanya tersebar di bagian daging buahnya namun juga pada kulitnya.

Untuk mendapatkan manggis yang segar dan berkualitas, anda bisa mendapatkannya di RegoPantes. Situs ini bisa diakses secara online dengan beragam produk yang dijual dengan harga yang terjangkau.

Pembelian secara online tentu sangat menguntungkan terutama bagi anda yang memiliki waktu terbatas dan tidak sempat keluar rumah karena berbagai kesibukan. Apalagi langkah pemesanan begitu mudah lewat pesan WhatsApp atau aplikasi RegoPantes.

RegoPantes juga menyediakan jenis buah-buahan lain yang bisa anda jadikan sebagai pasokan di dapur. Buah yang dijual di RegoPantes diambil langsung dari petani sehingga sampai di tangan anda dalam kondisi segar. Bagi anda yang ingin membeli produk pangan berupa buah ataupun sayur organik, bumbu dapur hingga beras, semua tersedia di RegoPantes.

You Might Also Like